Di artikel F&B Online Ordering, Anda sudah mempelajari secara garis besar mengenai fitur, kelebihan, dan manfaat yang didapatkan dengan mengaktifkan add-on F&B Online Ordering.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengaturan dan fitur-fitur apa saja yang dapat digunakan dari add-on F&B Online Ordering.

Memulai

  • Langkah 1: Pastikan add-on F&B Online Ordering sudah terpasang seperti gambar berikut.

Apabila add-on F&B Online Ordering belum terpasang, silahkan ke menu Apps untuk melakukan aktivasi add-on F&B Online Ordering atau Anda dapat melihatnya pada video berikut ini:

  • Langkah 2: Pastikan produk-produk yang ingin di jual di restoran Anda sudah ditambahkan di web admin iSeller, jika belum silahkan baca artikel Pengaturan Produk atau bisa Anda lihat pada video di bawah ini:

Setelah menambahkan produk, pastikan bahwa pengaturan Aktifkan pengaturan pengiriman sudah aktif agar barang Anda bisa diantarkan

  • Langkah 3: Atur pilihan metode pembayaran dan metode pengiriman yang ingin digunakan pada restoran Anda untuk F&B Online Ordering. Untuk best practice, kami merekomendasikan agar Anda menonaktifkan pengaturan metode pembayaran Cash on Delivery dan menggunakan metode pengiriman kurir terintegrasi seperti GrabExpress dan Go-Send. Bila Anda memiliki kurir pribadi, kami merekomendasikan untuk menggunakan pengaturan pengiriman berdasarkan jarak.

  • Langkah 4: Silahkan atur pengaturan F&B Online Ordering seperti Pilihan Pengiriman dan Pilihan Pesanan pada halaman F&B Online Ordering.


Pilihan Pengiriman

Pada pengaturan ini Anda dapat menentukan apakah pelanggan dapat memesan secara online dan mengambil sendiri pesanan nya di outlet-outlet Anda atau pesanan tersebut akan di kirimkan secara instant dengan kurir terintegrasi yang sudah Anda aktifkan pada restoran Anda.

Ambil Sendiri

Pilihan Pengiriman ini memungkinkan pelanggan Anda untuk mengambil pesanan nya sendiri ke outlet-outlet Anda.

  • Outlet: Outlet yang Anda inginkan untuk mendukung pengambilan sendiri, pastikan Tipe Outlet sudah termasuk pilihan Pickup Point seperti gambar berikut.

Untuk dapat mengatur dan menentukan Tipe Outlet di outlet Anda, silahkan klik text disini yang sudah ditandai pada gambar berikut atau Anda juga bisa langsung mengarah ke menu Sales Channels, lalu sub-menu Point of Sales, kemudian Anda dapat memilih salah satu outlet yang Anda ingin tentukan Tipe Outlet nya.

  • Interval Ambil Sendiri: Fitur ini berguna agar Anda dapat menentukan jeda waktu yang dapat dipilih oleh pelanggan untuk mengambil pesanan nya sendiri ke outlet Anda.

  • Order dengan pengambilan terjadwal: Bila fitur ini dinyalakan, Anda dapat melakukan pesanan terjadwal dalam rentang waktu tertentu sehingga pelanggan Anda hanya dapat melakukan pesanan ambil sendiri di rentang waktu yang Anda tentukan.

  • Hanya order terjadwalkan saja: Fitur ini diaktifkan ketika Anda ingin menerima pesanan yang sudah terjadwalkan saja.

  • Terapkan rentang waktu pengambilan: Pada kolom ini ada dapat menentukan pengaturan berapa hari ke depan pelanggan Anda bisa menjadwalkan pesanan nya.

Penjelasan detail terkait pengaturan pesanan terjadwal, hanya order terjadwalkan saja, dan terapkan rentang waktu pengambilan dapat dilihat disini.

Sementara, untuk penjelasan detail mengenai pengaturan Pick Up, Anda dapat melihat nya pada video berikut ini:

Pengiriman

Pengaturan ini mengizinkan pelanggan Anda untuk memesan makanan yang kemudian akan dikirimkan secara instan oleh kurir terintegrasi yang sudah Anda aktifkan.

Setelah mengaktifkan tombol Pengiriman, maka akan muncul daftar outlet Anda yang aktif beserta alamat, nomor telelpon dan status dari outlet Anda. Agar status outlet Anda valid, pastikan alamat outlet dan nomor telepon outlet sudah terisi lengkap.

Silahkan lihat video berikut ini untuk mempelajari lebih dalam mengenai pengaturan pengiriman Delivery.

  • Order dengan pengiriman terjadwal: Bila fitur ini dinyalakan, Anda dapat melakukan pesanan terjadwal dalam rentang waktu tertentu sehingga pelanggan Anda hanya dapat melakukan pesanan pengiriman di rentang waktu yang Anda tentukan.

  • Hanya order terjadwalkan saja: Fitur ini diaktifkan ketika Anda ingin menerima pesanan yang sudah terjadwalkan saja sesuai dengan rentang waktu yang Anda tentukan.

  • Tetapkan rentang waktu pengiriman: Pada kolom ini, Anda dapat menentukan pengaturan berapa hari ke depan pelanggan Anda bisa menjadwalkan pesanan nya.

Penjelasan detail terkait pengaturan pesanan terjadwal, hanya order terjadwalkan saja, dan terapkan rentang waktu pengiriman dapat dilihat disini.

Anda juga dapat menggunakan kurir pribadi untuk Pengiriman Online Ordering. Silahkan lihat video berikut ini untuk informasi lebih lanjut.


Pengaturan

Pada panel ini Anda dapat menentukan mesin kasir yang akan menerima online ordering, menampilkan pilihan outlet di beranda online ordering, dan masih banyak lagi. Lihat penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

  • Outlet: Hanya outlet aktif bertipe Sales Outlet dengan minimal 1 register yang akan muncul di daftar ini. Pada kolom ini juga Anda bisa memilih register/perangkat kasir untuk menerima pesanan online. Sesudah memilih register, jangan lupa untuk menyalakan tombol di sebelah kanan nama register

  • Tampilkan pilihan outlet di halaman beranda: Apabila pilihan ini diaktifkan, akan muncul pilihan outlet beranda toko online Anda. Fitur ini sangat berguna jika restoran Anda mempunyai menu atau harga yang berbeda di tiap outlet nya.

  • Otomatis pilih outlet terdekat: Kalau Anda mengaktifkan pengaturan ini, pelanggan akan secara otomatis dipilihkan outlet terdekat saat melakukan pesanan pengiriman maupun ambil sendiri. Tentu saja pelanggan harus memberikan izin lokasi terlebih dahulu saat masuk ke toko online Anda.

  • Rata-rata waktu yang diperlukan untuk menyiapkan pesanan: Waktu rata-rata yang dapat Anda tentukan untuk menyiapkan pesanan pelanggan Anda.

  • Panggil Pengemudi secara otomatis saat: Anda bisa memilih kapan Anda ingin memanggil pengemudi untuk mengantarkan pesanan, apakah saat Pesanan diterima di POS atau ketika Pesanan telah siap. Jika Anda memilih Pesanan diterima di POS, pengemudi akan dipanggil setelah Anda klik Accept pada POS Anda. Jika Anda memilih Pesanan telah siap, pengemudi akan dipanggil saat Anda klik Ready pada pesanan di POS Anda.

  • Minimum Pesanan: Menyediakan pesanan online dengan aturan minimum pesanan untuk tipe tertentu. Jika pengaturan ini di aktifkan, Anda dapat menentukan minimum jumlah pesanan dan menentukan minimum pesanan ini hanya berlaku untuk pengiriman saja atau untuk semua tipe.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat nya pada video berikut ini:


Pilihan Pesanan

Pengaturan ini memungkinkan pelanggan Anda untuk memesan secara langsung di meja makan tanpa menggunakan menu fisik dan melakukan pemesanan take-away tanpa antri.

Makan di Tempat

Mengaktifkan pengaturan ini akan memberikan manfaat e-menu bagi pelanggan Anda. Pelanggan bisa scan QR meja untuk memilih menu dan langsung melakukan pembayaran.

Jika pilihan ini di aktifkan, Anda juga dapat mengatur table layout untuk tiap outlet restoran Anda.

  • Table Label: Label meja yang akan ditambahkan di depan nama QR meja Anda. Bila Anda memiliki banyak outlet, kami merekomendasikan untuk memberikan label nama outlet Anda.

  • Aktifkan Buka Tagihan: Pengaturan ini memungkinkan pelanggan Anda dapat menambahkan menu lain pada bill yang sudah ada tanpa perlu membuat bill baru lagi.

  • Nonaktifkan Review Bill and Pay: Pengaturan ini mewajibkan pelanggan Anda untuk membuka tagihan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran

  • Aktifkan Bayar di Toko: Pengaturan ini memungkinkan pelanggan Anda dapat melakukan pembayaran langsung di kasir.

  • Print QR Meja: Fitur ini berfungsi untuk mencetak QR yang dapat ditempelkan di masing-masing meja restoran Anda sehingga pelanggan dapat melakukan pesanan secara langsung di meja dengan hanya scan QR tersebut.

Take Away

Pilihan Pesanan ini memberikan pengalaman pemesanan tanpa kontak secara langsung dan tanpa antri dengan memungkinkan pelanggan Anda memesan dengan cepat melalui kode QR In-Store.

  • Print In-Store QR: Fitur ini berfungsi untuk mencetak QR, supaya pelanggan dapat melakukan pesanan take-away dengan scan QR tersebut.

Untuk lebih lanjut mengenai pengaturan Dine In dan Take Away, silahkan simak video berikut ini:


Toko Online

Bagi Anda yang ingin mencatat performa pegawai dengan add-on Commission, Anda bisa memanfaatkan pengaturan Pisahkan Item saat Checkout pada panel Toko Online. Jika Anda mengaktifkan pengaturan ini, produk sama yang dibeli pelanggan lebih dari satu akan masuk ke halaman checkout secara terpisah.

Sebagai contoh, John membeli 2 Choco Blend Tea. Bila Anda menonaktifkan pengaturan Pisahkan Item saat Checkout, maka di halaman checkout akan tertera produk Choco Blend Tea x2 seperti gambar di bawah ini.

Akan tetapi, bila Anda mengaktifkan pengaturan Pisahkan Item saat Checkout, maka di halaman checkout akan tertera dua produk Choco Blend Tea x1 seperti gambar berikut.

Hal ini untuk mempermudah Anda memasukkan nama pegawai ke masing-masing produk di POS.


Pengaturan Tema F&B Online Ordering

Pengaturan terakhir sebelum Anda berjualan dengan F&B Online Ordering adalah pengaturan tema. Pada web admin Anda, silahkan klik Sales Channels lalu sub menu Online Store.

Setelah berada di halaman Toko Online, klik Tema.

Pilih tema yang mendukung F&B Online Ordering, salah satunya adalah Freshie.

Sesudah Anda memasang tema, Anda dapat mengedit tampilan toko online Anda dengan klik tombol pensil seperti yang sudah di tandai seperti gambar berikut.

Halaman editor tema akan terbuka dan Anda bisa megedit tampilan toko Online Anda melalui berbagai menu yang ada di sebelah kanan: Header, Slide Show, Product List, dan Footer.

Bila Anda ingin merubah gambar pada Slide Show, Anda bisa klik Slide Show di sebelah kanan.

Scroll sedikit ke bawah sampai menemukan kolom Items. Secara default, kami menyediakan 3 slot gambar. Bila Anda ingin menambahkan lebih banyak lagi slot gambar, Anda bisa klik tanda "+".

Untuk memasukkan gambar, pilih salah satu slide, arahkan kursor ke gambar yang ingin diganti, kemudian klik tombol pensil.

Selain gambar, Anda juga bisa memasukkan sosial media toko Anda di bagian Footer.

Scroll ke bawah sampai Anda menemukan URL sosial media.

Anda juga dapat melihat tampilan online ordering Anda di berbagai macam device seperti handphone, tab, dan dekstop pada tema editor seperti gambar berikut.

Untuk lebih lanjut mempelajari mengenai pengaturan tema untuk online ordering Anda, silahkan tonton pada video berikut.


Existing Fitur untuk F&B Online Ordering

Anda juga dapat menggunakan fitur-fitur dari iSeller yang sudah ada sebelumnya yang berlaku pada F&B Online Ordering ini, seperti menambahkan diskon dan mengatur promosi untuk restoran Anda, menerapkan koleksi untuk mengatur tab-tab yang muncul di F&B Online, dan juga Anda dapat mencatat stok barang atau melacak inventaris produk dengan mengaktifkan track inventory with iSeller.


Menampilkan Menu Terbaru di F&B Online Ordering

Jika Anda memiliki menu terbaru pada restoran Anda dan ingin menampilkan nya di F&B Online Ordering, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Silahkan ke menu Sales Channels, lalu sub menu Toko Online.

Langkah 2: Klik tombol Edit seperti gambar berikut.

Langkah 3: Klik tombol Pengaturan pada pojok kanan bawah.

Langkah 4: Lalu klik General Settings.

Langkah 5: Akftifkan Enable Mark Collection as New dan pilih koleksi mana yang akan diterapkan sebagai menu-menu baru di restoran Anda.

Pada artikel ini Anda sudah mempelajari bagaimana cara mengatur F&B Online Ordering pada toko Anda. Selanjutnya, untuk mempelajari ekspektasi dan hasil pengaturan yang sudah Anda tentukan pada add-on F&B Online Ordering silahkan baca pada artikel Hasil Pengaturan F&B Online Ordering.

Apakah Anda menemukan jawaban?