Bagi Anda yang berjualan dengan sistem pre order atau pesanan dalam rentang waktu tertentu, Anda dapat membuat pengaturan pesanan terjadwal dengan Add-On F&B Online Ordering di iSeller. Add-on ini memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal pesanan pada rentang waktu tertentu sehingga pelanggan hanya dapat memilih tanggal pesanan sesuai yang Anda atur.

Untuk melakukan pengaturan pesanan terjadwal, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Aktifkan Scheduled Delivery Orders

Langkah 1 : Pilih menu Apps > Pilih F&B Online Ordering.

Pada panel Delivery Options (Pilihan Pengiriman) > Aktifkan Enabled Scheduled Delivery Orders (Aktifkan Order Dengan Pengiriman Terjadwal).

Langkah 2 : Ketika panel tersebut sudah diaktifkan, maka akan muncul pilihan sebagai berikut.

  • Scheduled Order Only (Hanya Order Terjadwalkan Saja) : Jika tombol ini diaktifkan, maka pelanggan hanya bisa melakukan pemesanan sesuai dengan tanggal yang sudah dijadwalkan. Sedangkan, jika tombol ini dinonaktifkan, pelanggan dapat melakukan pesanan di hari yang sama maupun yang sudah dijadwalkan.

  • Set Delivery Date Range (Terapkan Rentang Waktu Pengiriman) : Anda dapat mengatur jadwal pemesanan yang dapat dilakukan pelanggan dengan minimum 1 hari. Contoh :

    • Min 1 Max 1 = Pelanggan hanya bisa melakukan pesanan untuk besok.

    • Min 1 Max 7 = Pelanggan hanya bisa pesan untuk besok (H+1) sampai minggu depan (H+7).

    • Min 7 Max 14 = Pelanggan hanya bisa pesan untuk seminggu kemudian (H+7) sampai dua minggu kemudian (H+14).

Pada gambar diatas, merchant hanya ingin melayani pemesanan untuk besok sampai satu minggu ke depan. Maka, pengaturan Scheduled Order Only (Hanya Order Terjadwalkan Saja) diaktifkan agar pelanggan tidak bisa melakukan pemesanan di hari yang sama. Kemudian Set Delivery Date Range (Terapkan Rentang Waktu Pengiriman) diatur Min 1 Max 7 agar pelanggan hanya bisa memesan untuk besok sampai satu minggu ke depan. Pilih Save (Simpan).

Order Confirmation

Pada saat pelanggan sudah melakukan pilihan produk yang akan dipesan melalui toko online Anda, maka pada panel Order Confirmation (Konfirmasi Pesanan), pelanggan hanya dapat melakukan pilihan tanggal delivery pada Setting Scheduled Order (Pengaturan Pesanan Terjadwal) yang sudah dilakukan sebelumnya yaitu H+1 (besok) sampai H+7 (satu minggu ke depan).

Jika sudah selesai melakukan checkout pemesanan, maka tampilan pemesanan adalah sebagai berikut.

Tampilan Waiting Acceptance (Menunggu Persetujuan) diatas menunjukkan bahwa pesanan sudah masuk ke Tab On Going pada Sistem POS yang berarti pesanan sudah masuk dan akan segera diproses.

Tampilan di Sistem POS

Ketika pelanggan sudah melakukan proses checkout, maka Anda dapat melihat detail pesanan di Tab On Going pada Sistem POS. Anda memiliki pilihan untuk menerima atau menolak pesanan tersebut.

  • Accept : Anda menerima pesanan tersebut.

  • Reject : Anda menolak pesanan tersebut.

Jika pesanan diterima, maka pesanan akan mengikuti proses penyelesaian pesanan sampai pesanan dikirimkan oleh kurir. Kemudian, jika proses delivery sudah dilakukan, maka pesanan pada sistem POS akan berstatus Complete (Selesai).

Jika pesanan ditolak, maka pada istem POS pesanan akan berstatus Rejected (Ditolak).

Sedangkan, pelanggan akan mendapatkan notifikasi via whatssapp untuk konfirmasi pesanan yang ditolak.

Pengaturan F&B Online Ordering Scheduled Delivery Order sudah selesai.

Apakah Anda menemukan jawaban?