Pada artikel Pengaturan F&B Online Ordering, Anda sudah mempelajari fitur-fitur yang dapat digunakan dari add-on F&B Online Ordering. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut efek dari fitur-fitur yang diaktifkan dan dampak nya terhadap halaman toko online Anda.

Hasil Pilihan Pengiriman Ambil Sendiri (Pickup)

Menerima Pesanan Pickup

Jika Anda mengaktifkan pilihan pesanan Ambil sendiri, maka pelanggan dapat memesan lewat website online ordering Anda dan mengambil sendiri pesanan nya langsung ke outlet restoran Anda seperti gambar berikut.

Default lokasi pick up adalah lokasi outlet yang terdekat dari alamat pelanggan Anda.

Pelanggan Anda juga bisa memilih outlet yang sudah Anda tandai sebagai Pickup Point untuk langsung mengambil pesanan seperti gambar berikut.

Pelanggan kemudian bisa memilih Interval waktu ambil sendiri untuk pengambilan pesanan online dengan klik bagian yang ditandai seperti gambar di bawah ini.

Seperti contoh, Anda sudah menentukan 15 menit sebagai waktu interval waktu pick up, maka akan muncul pilihan setiap per 15 menit seperti gambar berikut.

Pilihan jam pertama adalah jumlah dari waktu interval ditambah dengan rata-rata waktu yang diperlukan untuk menyiapkan pesanan. Sementara pilihan berikutnya adalah kelipatan intervalnya saja.

Setelah memilih interval jam, pelanggan bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan sebelum Confirm Order.

Setelah pelanggan sudah melakukan Confirm Order dan menyelesaikan transaksi pembayaran, berikut adalah tampilan pada sisi pelanggan.

Lalu, pesanan akan masuk ke POS secara otomatis dan real-time sehingga pesanan bisa diproses lebih cepat. Pesanan online tersebut akan otomatis masuk ke register yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Untuk melakukan konfirmasi penerimaan pesanan online, silahkan klik tombol Accept dan kemudian restoran Anda akan memproses pesanan tersebut.

Bila pesanan sudah siap untuk diambil oleh pelanggan, cari persanan tersebut pada tombol yang ditandai di gambar bawah ini.

Cari pesanan yang Anda inginkan, lalu klik Ready.

Jika Anda klik Ready, maka status pesanan pelanggan akan berubah dari Preparing menjadi Waiting for Pickup.

Jika pelanggan Anda sudah mengambil pesanan nya, klik Complete untuk menyelesaikan pesanan.

Menolak Pesanan Pickup

Ada saat di mana Anda harus membatalkan pesanan karena produk tidak tersedia atapun pelanggan ingin mengganti pesanannya. Terlepas dari alasan nya, Anda bisa menolak pesanan Ambil Sendiri dengan mengklik Review pada pesanan yang masuk ke POS Anda.

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman Online Orders, klik Reject.

Anda diharuskan untuk memasukkan alasan mengapa Anda menolak pesanan tersebut. Setelah memasukkan alasannya, pesanan akan dibatalkan.

Menerima Pesanan Pickup Terjadwal

Jika Anda mengaktifkan pengaturan Aktifkan order dengan pengambilan terjadwal, maka pelanggan Anda dapat melakukan pesanan terjadwal yang sudah ditentukan untuk ambil sendiri pesanan nya.

Setelah Pelanggan melakukan konfirmasi pesanan pada order pengambilan terjadwal, maka pesanan tersebut akan masuk ke tab on going pada tampilan POS yang memungkinkan Anda untuk menerima dan menolak pesanan tersebut.

Jika Anda menerima (Accept) pesanan tersebut, pesanan akan secara otomatis masuk ke tab Scheduled pada sistem POS.

Pesanan ini akan masuk ke tab Ongoing sesuai dengan waktu yang sudah Anda tentukan pada settingan di POS (General > Online Ordering > Schedule order time window in minutes). Setelah masuk ke tab Ongoing, Anda bisa melanjutkan proses menerima pesanan pickup seperti yang dijelaskan diatas.

Penjelasan lebih lengkap terkait pesanan pickup dengan pengambilan terjadwal dapat dilihat disini.


Hasil Pilihan Pengiriman (Delivery)

Menerima Pesanan Delivery

Pelanggan Anda juga dapat melakukan pesanan Pengiriman bila Anda sudah menyalakan pengaturan Pengiriman. Berikut adalah tampilan pelanggan sebelum mengonfirmasi pesanan Pengiriman.

Outlet pengiriman otomatis akan terpilih outlet terdekat dari alamat tujuan Anda dan alamat tujuan juga akan terisi secara otomatis bila pelanggan Anda memberikan izin akses lokasi pada website online ordering Anda.

Berikutnya, pelanggan Anda bisa memilih kurir yang diinginkan. Mereka bisa memilih kurir terintegrasi seperti GO-SEND dan GrabExpress maupun kurir pribadi pada restoran Anda.

Setelah itu, pelanggan juga diharuskan memilih metode pembayaran yang tersedia dan melakukan pembayaran pesanan terlebih dahulu sebelum klik Confirm Order.

Pesanan akan lansung masuk ke POS. Klik Accept untuk menerima.

Saat pesanan sudah siap untuk diambil oleh kurir, Anda bisa klik Ready pada pesanan.

Apabila driver sulit untuk dihubungi atau tidak ada kabar lebih jauh apakah driver bisa mengantar makanan, Anda bisa klik Change Driver untuk melakukan pencarian ulang. Jika driver sudah mengambil pesanan, Anda bisa klik Pickup Order.

Sesudah klik Pickup Order, Anda bisa mengecek status apakah pesanan sudah sampai kepada pelanggan dengan klik tombol Check Status.

Bila cek status menunjukkan bahwa pesanan sudah diterima oleh pelanggan, Anda bisa klik Complete untuk menyelesaikan pesanan.

Menolak Pesanan Delivery

Sama seperti menolak pesanan Ambil sendiri, Anda bisa klik Review terlebih dahulu pada pesanan pengiriman yang masuk ke POS.

Klik Reject, lalu pilih alasan mengapa pesanan dibatalkan.

Menerima Pesanan Delivery Terjadwal

Jika Anda mengaktifkan pengaturan Aktifkan order dengan pengiriman terjadwal, maka akan muncul 2 opsi yaitu Kirim Sekarang apabila pelanggan ingin pesanan nya di kirim saat itu juga dan Kirim Nanti apabila pelanggan Anda ingin pesanan nya di kirim sesuai dengan jadwal yang sudah mereka tentukan seperti gambar di bawah ini.

Setelah Pelanggan melakukan Order Confirmation pada pesanan delivery terjadwal, maka pesanan tersebut akan masuk ke tab on going pada tampilan POS Anda yang memungkinkan Anda untuk menerima dan menolak pesanan tersebut. Untuk lebih lengkapnya terkait pesanan pengiriman terjadwal (scheduled delivery order) dapat dilihat disini.

Jika pesanan diterima (Accept), maka pesanan tersebut akan di proses sesuai dengan proses menerima pesanan delivery yang sudah dijelaskan diatas.


Hasil Pilihan Pesanan Makan di Tempat (Dine In)

Untuk Anda yang mempunyai restoran yang memperbolehkan makan di tempat (dine in), Anda juga dapat mencetak QR Code (eMenu) yang dapat Anda tempelkan di masing-masing meja sehingga pelanggan bisa langsung memesan lewat meja secara langsung dengan print QR Code tersebut.

Setelah pelanggan Anda scan QR Code yang ada di meja, maka pada halaman checkout pelanggan Anda akan muncul pilihan Open bill yang memungkinkan pelanggan Anda dapat menambahkan pesanan di bill yang sudah ada tanpa perlu membuat bill baru lagi seperti gambar berikut.

Kemudian pelanggan Anda akan mendapatkan notifikasi menunggu restoran untuk melakukan konfirmasi orderan tersebut seperti gambar berikut.

Setelah Anda sudah melakukan konfirmasi terhadap orderan tersebut, maka pelanggan Anda akan mendapatkan notifikasi restoran sedang menyiapkan pesanan seperti gambar berikut.

Kemudian pelanggan Anda hanya tinggal klik Review untuk melakukan pembayaran dan akan tampil halaman berikut untuk menyelesaikan pembayaran.

Jika pelanggan Anda masih ingin menambah pesanan, pelanggan Anda hanya tinggal pilih produk yang ingin di pesan lagi dan akan muncul halaman cart pada bagian Additional Items sebagai berikut.

Setelah itu di halaman konfirmasi order pelanggan Anda akan muncul info total penambahan seperti gambar berikut.

Kemudian pada halaman POS restoran Anda akan muncul pemberitahuan pesanan baru yang masuk seperti gambar berikut.


Hasil Pilihan Pesanan Take Away

Menerima Pesanan Take Away

Pelanggan Anda juga dapat melakukan pesanan take away dengan scan QR Code yang sudah Anda cetak pada pengaturan Print In-Store QR dan menempelkan nya pada restoran Anda sehingga pelanggan Anda dapat melakukan pemesanan tanpa antri.

Setelah pelanggan Anda selesai memproses pesanan, pesanan tersebut otomatis akan langsung masuk ke POS Anda seperti gambar berikut.

Kemudian Anda dapat memproses pesanan seperti biasa nya dimana pesanan sudah siap silahkan klik tombol Ready dan apabila pesanan sudah diserahkan ke pelanggan silahkan klik tombol Complete untuk menyelesaikan pesanan.

Menolak Pesanan Take Away

Untuk menolak pesanan take away, silahkan klik tombol Review terlebih dahulu pada pesanan yang masuk ke POS.

Kemudian Anda dapat klik tombol Reject dan memilih juga alasan mengenai mengapa pesanan tersebut di tolak seperti gambar di bawah ini.


Aktifkan Bayar di Toko

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, pada halaman checkout pelanggan Anda akan muncul metode pembayaran Pay in Store seperti gambar berikut.

Setelah pelanggan Anda sudah memilih metode pembayaran Pay in Store, maka di POS restoran Anda akan muncul notifikasi request payment dari meja yang ingin melakukan pembayaran seperti gambar berikut.

Kemudian kasir Anda dapat melakukan penerimaan pembayaran dari POS restoran Anda dan kasir Anda juga dapat langsung membawa mesin EDC ke meja yang melakukan request pembayaran.


Tampilkan Pilihan Outlet di Halaman Beranda

Apabila Anda mengaktifkan pengaturan Tampilkan pilihan outlet di halaman beranda, maka akan muncul pilihan outlet yang dapat di pilih oleh pelanggan Anda untuk melakukan pesanan online seperti gambar berikut.

FItur ini berguna jika pada restoran Anda memiliki menu atau harga yang berbeda di tiap outlet.


Minimum Pesanan

Apabila Anda mengaktifkan pengaturan Ada minimum pesanan, maka pada saat pelanggan melakukan pesanan online ada minimum jumlah pesanan sesuai dengan yang sudah Anda tentukan.

Contoh 1:

Jika Anda menerapkan pengaturan minimum pesanan hanya berlaku untuk Delivery dan sudah menentukan minimum jumlah pesanan seperti gambar berikut.

Maka pada saat pelanggan melakukan pesanan online yang jumlah pesanan nya tidak memenuhi minimum jumlah pesanan yang sudah Anda tentukan dan menggunakan pengiriman instant, maka akan muncul pemberitahuan seperti berikut dan pelanggan tidak dapat melanjutkan konfirmasi pesanan.

Contoh 2:

Jika Anda menerapkan pengaturan minimum pesanan berlaku untuk semua pengiriman dan sudah menentukan minimum jumlah pesanan seperti gambar berikut.

Maka pada saat pelanggan melakukan pesanan online yang jumlah pesanan nya tidak memenuhi minimum jumlah pesanan yang sudah Anda tentukan dan ingin melanjutkan ke tahap checkout order, maka akan muncul pemberitahuan seperti berikut dan pelanggan tidak dapat melanjutkan konfirmasi pesanan.


Produk Modifier Groups, Comboset, dan Variants

Pada F&B Online Ordering ini juga mendukung apabila di restoran Anda memiliki menu yang bervariasi, memiliki menu tambahan / topping, dan memiliki menu paket.

Berikut tampilan-tampilan menu di restoran Anda yang sudah di atur menggunakan fitur pelengkap seperti pengaturan varian, pengaturan menu tambahan dengan modifier groups, dan pengaturan bundling dengan comboset.

Modifier Groups

Product Comboset

Product Variants


Fitur-Fitur Tampilan Menu pada F&B Online Ordering

Jika di restoran Anda memiliki menu yang sudah out of stock / menu promosi / menu baru,maka akan ada tanda untuk masing-masing menu di F&B Online Ordering.

Out of Stock Product

Promo Product

Sebagai contoh, Anda sudah menentukan promo di restoran Anda untuk koleksi menu Recommended dengan diskon 10%.

Maka di F&B Online Ordering Anda akan ada tag 10% di koleksi menu Recommended seperti gambar berikut.

New Product

Jika Anda memiliki menu terbaru di restoran Anda yang pengaturan nya sudah di jelaskan pada artikel Pengaturan F&B Online Ordering, maka akan muncul tag New pada menu tersebut.

Sebagai contoh, menu terbaru yang ada di restoran Anda sudah ditentukan pada koleksi New Products.

Maka pada saat pelanggan Anda ke tab New Products akan tampil tag New di menu-menu terbaru Anda seperti gambar berikut.


Tampilan Toko Tutup

Jika restoran Anda memiliki jam operasi seperti pada hari tertentu tidak beroperasi atau pada hari tertentu hanya buka di jam tertentu saja, maka tampilan online ordering Anda pada saat restoran Anda tidak beroperasi adalah sebagai berikut.

Dan apabila restoran Anda sudah mau tutup, pelanggan akan mendapatkan reminder pada saat mengakses online ordering Anda seperti gambar di bawah ini.

Apakah Anda menemukan jawaban?