Lewati ke konten utama
Semua KoleksiLaporan
Laporan Laba & Rugi
Laporan Laba & Rugi

Artikel ini akan menjelaskan mengenai laporan laba & rugi yang berguna untuk meninjau data laba dan rugi pada toko Anda.

iSeller Team avatar
Ditulis oleh iSeller Team
Diperbarui lebih dari sebulan yang lalu

Melalui laporan ini, Anda dapat meninjau data laba dan rugi pada toko Anda. Untuk mengakses laporan laba & rugi, silakan klik menu Laporan lalu sub-menu Laporan Laba & Rugi.

Untuk dapat melakukan akses ke laporan laba & rugi, silakan aktifkan fitur pencatatan laba & rugi. Untuk membaca selengkapnya, baca artikel Pengaturan Harga Pokok Penjualan.

Pada laporan laba & rugi, Anda dapat mengubah tampilan tabel tersebut berdasarkan klasifikasi laporan yang tersedia. Klasifikasi laporan dapat Anda akses dengan klik pada bagian yang sudah kami tandai pada gambar di bawah ini.

Berikut adalah klasifikasi-klasifikasi dari laporan laba & rugi

  • Ulasan Laba & Rugi: Mengulas keuntungan Anda dengan cara menghitung penjualan bersih dikurangi dengan harga beli dari semua produk berdasarkan kurun waktu yang Anda pilih. Dengan kata lain Anda dapat melakukan peninjauan keuntungan toko pada laporan ulasan seperti gambar di bawah ini.

  • Laba & Rugi berdasarkan Tanggal: Laporan ini memungkinkan Anda untuk meninjau keuntungan dalam 1 kurun waktu berdasarkan pesanan yang terjadi.

  • Laba & Rugi berdasarkan Bulan: Laporan ini memungkinkan Anda untuk meninjau keuntungan per bulan yang terdaftar pada sistem iSeller.

  • Laba & Rugi berdasarkan Produk: Laporan ini memungkinkan Anda untuk meninjau keuntungan per produk yang terdaftar pada sistem iSeller.

  • Laba & Rugi berdasarkan Detail: Laporan ini memungkinkan Anda untuk meninjau detail keuntungan yang terdaftar pada sistem iSeller.

Tambah Dimensi

Tambah dimensi akan merinci laporan berdasarkan informasi tambahan. Informasi tambahan yang dimaksud adalah kategori data yang menjadi acuan baru dalam perincian laporan.

Untuk menambahkan dimensi silakan klik Tambah Dimensi seperti pada gambar dan Anda akan menemukan berbagai jenis penambahan dimensi yang telah kami sediakan.

Berikut adalah dimensi-dimensi yang dapat ditambahkan pada laporan laba & rugi berdasarkan tanggal:

  • Status Pembayaran: Merinci status pembayaran pada kurun waktu yang dipilih apakah pembayaran lunas / dikembalikan / sebagian lunas.

  • Status Pemesanan: Merinci status pemesanan pada kurun waktu yang dipilih apakah selesai atau reserved.

  • Channel: Merinci penjualan yang terjadi pada kurun waktu yang dipilih apakah terjadi di POS atau toko online.

  • Toko: Merinci laporan berdasarkan keuntungan per outlet dalam 1 kurun waktu yang dipilih.

  • Kasir: Merinci laporan berdasarkan mesin kasir yang dipakai untuk transaksi.

  • Pengguna: Merinci laporan berdasarkan karyawan kasir yang dipakai untuk transaksi.

  • Status Pemenuhan: Merinci laporan berdasarkan transaksi yang sudah dipenuhi / belum dipenuhi / sebagian dipenuhi.

  • Nama Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi nama pelanggan yang melakukan transaksi.

  • Negara Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi negara pelanggan yang melakukan transaksi.

  • Kota Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi kota pelanggan yang melakukan transaksi.

  • Provinsi Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi provinsi pelanggan yang melakukan transaksi.

  • ID Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi email pelanggan yang melakukan transaksi.

Berikut adalah dimensi-dimensi yang dapat ditambahkan pada laporan laba & rugi berdasarkan produk:

  • Tipe Produk: Merinci laporan dengan menambahkan informasi tipe produk. Tipe produk dapat ditambahkan pada halaman Pengaturan Produk pada panel Organisasi.

  • Nomor SKU: Merinci laporan berdasarkan nomor SKU barang yang ditambahkan di halaman pengaturan produk. Untuk mengetahui tentang kegunaan SKU, silakan baca Mengatur Stok Inventaris.

  • Nama Varian: Merinci laporan dengan menambah informasi varian produk. Penambahan varian produk dapat dilihat pada artikel Pengaturan Varian.

  • Rincian Bundel: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi rincian paket bundel berupa produk komposit atau produk komboset berdasarkan acuan yang terkait.

  • Harga: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi harga jual berdasarkan acuan yang terkait.

  • Vendor: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi vendor berdasarkan acuan yang terkait.

  • Channel: Merinci penjualan yang terjadi pada kurun waktu yang dipilih apakah terjadi di POS atau toko online.

  • Toko: Merinci laporan berdasarkan keuntungan per outlet dalam 1 kurun waktu yang dipilih.

  • Kasir: Merinci laporan berdasarkan mesin kasir yang dipakai untuk transaksi.

  • Pengguna: Merinci laporan berdasarkan karyawan kasir yang dipakai untuk transaksi.

  • Status Pemenuhan: Merinci laporan berdasarkan transaksi yang sudah dipenuhi / belum dipenuhi / sebagian dipenuhi.

  • Nama Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi nama pelanggan yang melakukan transaksi.

  • Negara Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi negara pelanggan yang melakukan transaksi.

  • Kota Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi kota pelanggan yang melakukan transaksi.

  • Provinsi Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi provinsi pelanggan yang melakukan transaksi.

  • ID Pelanggan: Merinci laporan dengan menambahkan informasi email pelanggan yang melakukan transaksi.

Berikut adalah dimensi-dimensi yang dapat ditambahkan pada laporan potensi keuntungan pada inventaris:

  • Tipe Produk: Merinci laporan dengan menambahkan informasi tipe produk. Tipe produk dapat ditambahkan pada halaman Pengaturan Produk pada panel Organisasi.

  • Nomor SKU: Merinci laporan berdasarkan nomor SKU barang yang ditambahkan di halaman pengaturan produk. Untuk mengetahui tentang kegunaan SKU, silakan baca Mengatur Stok Inventaris.

  • Nama Varian: Merinci laporan dengan menambah informasi varian produk. Penambahan varian produk dapat dilihat pada artikel Pengaturan Varian.

  • Harga: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi harga jual berdasarkan acuan yang terkait.

  • Vendor: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi vendor berdasarkan acuan yang terkait.

  • Tag: Merinci produk berdasarkan tag yang diasosiasikan.

  • Toko: Merinci laporan berdasarkan keuntungan per outlet dalam 1 kurun waktu yang dipilih.

Tambah Metrik

Anda juga dapat menambahkan kolom yang berisi total perhitungan ke dalam data dengan cara klik Tambah Metrik seperti gambar di bawah ini.

Pada laporan laba & rugi, penambahan metrik hanya ada pada laporan laba & rugi berdasarkan tanggal dan produk. Berikut adalah rincian data metrik yang dapat Anda tambahkan:

  • Penjualan Kotor: Total penjualan kotor (penjualan bersih ditambah data diskon, promosi, dan pengembalian / refund) untuk data per tanggal atau per produk dalam 1 kurun waktu yang dipilih.

  • Diskon: Total diskon yang didapatkan dari penjualan produk atau diskon sebagai member toko Anda dalam periode 1 record.

  • Promosi: Total promosi yang didapat dari hasil transaksi pada toko Anda dalam periode 1 record.

  • Pengembalian Dana: Total pengembalian dana / refund untuk data per tanggal atau per produk dalam suatu kurun waktu yang dipilih.

  • Biaya Admin: Total biaya admin per tanggal atau per produk dalam suatu kurun waktu yang Anda pilih.

Selamat! Kini Anda telah berhasil mempelajari Laporan Laba Rugi pada Web Admin. Semoga membantu.


Pelajari hal lain yang berkaitan dengan artikel ini

Tautan artikel di bawah ini dapat membantu Anda lebih lanjut dalam mempelajari topik yang berkaitan


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?