Lewati ke konten utama
Laporan F&B

Artikel ini akan menjelaskan mengenai laporan F&B yang berguna untuk meninjau data-data F&B di toko Anda.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari 4 tahun yang lalu

Laporan F&B adalah laporan yang hanya akan muncul pada toko iSeller dengan tipe bisnis Food & Beverages (F&B). Pada laporan ini, Anda dapat meninjau data F&B pada toko Anda seperti, penjualan modifier, penggunaan meja, peforma pelayan, penjualan per outlet, serta kinerja peforma dapur. Untuk mengakses laporan F&B, silahkan klik menu Laporan lalu sub-menu Laporan F&B.

Pada laporan F&B, Anda dapat mengubah tampilan tabel tersebut berdasarkan klasifikasi yang tersedia. Klasifikasi laporan dapat Anda akses dengan klik pada bagian yang sudah kami tandai pada gambar di bawah ini.

Berikut adalah klasifikasi-klasifikasi dari laporan F&B:

  • Produk Modifier: Menampilkan data-data modifier yang sudah terjual dan biaya yang didapatkan dari penjualan masing-masing modifier.

  • Penggunaan Meja: Menampilkan penggunaan meja yang ada pada toko Anda.

  • Kinerja Pelayan: Menampilkan kinerja pelayan seperti berapa pelanggan yang sudah dilayani dan berapa pesanan yang sudah dilayani. Klasifikasi laporan ini hanya akan muncul ketika Anda melakukan instalasi add-on POS for Service.

  • Kinerja Dapur per Pesanan: Menampilkan kinerja dapur berapa waktu yang diperlukan untuk menghidangkan pesanan tersebut.

  • Kinerja Daput per Produk: Menampilkan kinerja dapur berapa waktu yang diperlukan menghidangkan produk tersebut.

  • Pembagian Keuntungan: Menampilkan pembagian keuntungan yang didapatkan pada masing-masing outlet.

  • Riwayat Pembayaran Kartu: Menampilkan riwayat pembayaran menggunakan kartu NFC. Klasifikasi laporan ini hanya akan muncul ketika Anda melakukan instalasi add-on Allowance.

Tambah Dimensi

Tambah dimensi akan merinci laporan berdasarkan informasi tambahan. Informasi tambahan yang dimaksud adalah kategori data yang menjadi acuan dan/atau informasi baru dalam perincian laporan.

Untuk menambahkan dimensi silahkan klik Tambah Dimensi seperti pada gambar dan Anda akan menemukan berbagai jenis penambahan dimensi yang telah kami sediakan.

Penambahan dimensi pada laporan F&B ini memiliki jumlah total yang berbeda pada setiap klasifikasinya.

Produk Modifier

  • Nama Produk: Menampilkan produk atau menu apa saja yang menggunakan modifier tersebut.

  • SKU: Menampilkan sku dari modifier tersebut.

  • Vendor: Menampilkan vendor yang menyediakan modifier tersebut.

Kinerja Pelayan

  • Meja: Menampilkan informasi tambahan berupa meja yang dilayani oleh pelayan tersebut.

  • Tipe Pesanan: Menampilkan informasi tambahan berupa tipe pesanan apa yang dilayani oleh pelayan tersebut.

Kinerja Dapur per Pesanan

  • Nama Produk: Menampilkan informasi tambahan berupa nama produk atau menu apa yang sudah dihidangkan.

Kinerja Dapur per Produk

  • Nomor Pesanan: Menampilkan informasi tambahan berupa nomor pesanan pada produk atau menu yang dihidangkan.

Pembagian Keuntungan

  • Channel: Merinci keuntungan yang didapatkan berdasarkan dari channel POS / Online Store.

  • Kasir: Merinci keuntungan yang didapatkan berdasarkan dari kasir.

  • Pengguna: Merinci keuntungan yang didapatkan berdasarkan pengguna di toko Anda.

  • Status Pemenuhan: Keuntungan yang di rinci lagi berdasarkan transaksi yang sudah dipenuhi dan yang belum dipenuhi.

  • Status Pembayaran: Keuntungan yang di rinci lagi berdasarkan pembayaran yang sudah lunas dan yang belum lunas.

  • Status:  Keuntungan yang di rinci lagi berdasarkan status transaksi.

Tambah Metric

Anda juga dapat menambahkan kolom yang berisi total perhitungan ke dalam data dengan cara klik Tambah Metric seperti gambar di bawah ini.

Jumlah penambahan metric pada laporan F&B ini juga memiliki jumlah total yang berebeda pada setiap klasifikasinya.

Produk Modifier

  • Diskon: Diskon yang didapatkan dari modifier tersebut.

  • Promosi: Promosi yang didapatkan dari modifier tersebut.

Kinerja Pelayan

  • Produk yang Dilayani: Total produk yang sudah dilayani oleh pelayan tersebut.

Kinerja Dapur per Pesanan dan Kinerja per Produk

  • Jumlah: Total jumlah pesanan atau produk yang sudah dihidangkan oleh dapur.

Pembagian Keuntungan

  • Pengembalian Dana: Keuntungan yang di rinci berdasarkan pengembalian dana yang didapatkan.

  • Biaya Tambahan: Keuntungan yang di rinci berdasarkan biaya tambahan yang didapatkan.

  • Pajak: Keuntungan yang di rinci berdasarkan pajak yang didapatkan.

  • Diskon: Keuntungan yang di rinci berdasarkan diskon yang didapatkan.

  • Promosi: Keuntungan yang di rinci berdasarkan promosi yang didapatkan.

  • Pengiriman: Keuntungan yang di rinci berdasarkan biaya pengiriman yang didapatkan.

  • Pembulatan: Keuntungan yang di rinci berdasarkan biaya pembulatan yang didapatkan.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?