Semua Koleksi
Laporan
Laporan Setoran Penjualan Marketplace
Laporan Setoran Penjualan Marketplace

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara melihat hasil penjualan yang sudah disetorkan oleh marketplace ke akun Anda

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Umumnya, ketika Anda berjualan di marketplace, dana hasil penjualan yang berhasil tidak akan langsung masuk ke akun penjual. Dana tersebut akan tertampung di marketplace hingga akhirnya disetorkan ke akun Anda. Lalu, bagaimana jika Anda ingin mengetahui pesanan dan produk mana saja yang penjualannya sudah disetorkan oleh Marketplace?

Jawabannya adalah dengan menggunakan fitur Laporan Setoran Penjualan di iSeller!

Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Pertama, buka akun web admin iSeller Anda > menu Laporan > sub-menu Laporan Setoran Marketplace

Lalu, secara bawaan, Anda akan melihat tampilan Payout by Detail, di mana Anda bisa melihat hasil setoran berdasarkan nomor pesanan. Anda juga bisa mengubahnya ke tampilan Payout by Product jika ingin melihat penjualan berdasarkan item di pesanan.

Perhatikan gambar berikut.

Terdapat juga Tanggal Setoran Terakhir dan Total Setoran dari Marketplace

Selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut tentang Laporan Setoran berdasarkan Payout by Detail dan Payout by Product.

Payout by Detail

Opsi ini digunakan untuk melihat hasil penyetoran berdasarkan nomor pesanan. Sehingga, yang muncul di halaman laporan adalah Kode Referensi, tanggal pemesanan, akun penjualan, tanggal setoran, status penyetoran, jumlah pesanan, total setoran yang diterima.

Anda juga bisa menambahkan opsi lain dengan cara klik Tambah Metric. Kemudian, muncul opsi untuk menampilkan Biaya Admin, Diskon, Promosi, dan Promosi Pengiriman.

📌 Note: Semua jenis Diskon dan Promosi yang muncul di halaman ini hanya berlaku untuk Diskon dan Promosi yang diberikan oleh penjual, bukan promosi yang berasal dari Marketplace.

Jika Anda ingin melihat daftar pesanan yang dananya sudah disetorkan, Anda dapat menyaring tabel berdasarkan Status Penyetoran (Completed dan Pending).

Selain itu, Anda juga bisa menyaring berdasarkan Rentang Waktu dan Channel Penjualan.

Payout by Product

Opsi ini digunakan untuk melihat hasil penyetoran berdasarkan item per produk pesanan. Secara bawaan, beberapa pesanan dengan tanggal penyetoran yang sama akan dikelompokkan menjadi satu.

Keterangan:

  • Nama Produk/Product Title ⇒ Nama Produk yang terjual. Di dalam satu nama produk bisa terdapat beberapa nomor pesanan berbeda.

  • Tanggal Setoran (Payout Date) ⇒ Tanggal setoran dibayarkan

  • Status Setoran (Payout Status) ⇒ Status apakah setoran sudah dibayarkan atau masih tertunda

  • Unit Terjual (Unit Sold) ⇒ Jumlah unit yang terjual

  • Penjualan Bersih (Net Sales) ⇒ Hasil penjualan dikurang diskon berdasarkan produk (Jika ada).

  • Jumlah Setoran (Payout Amount) ⇒ Hasil penjualan yang sudah dikurangi biaya admin, diskon, promosi, dan promo pengiriman.

Anda juga bisa menambahkan opsi lain dengan cara klik Tambah Metric.

Kemudian, muncul opsi tampilan Biaya Admin, Diskon, Promosi, dan Promosi Pengiriman.

📌 Note: Semua jenis Diskon dan Promosi yang muncul di halaman ini hanya belaku untuk Diskon dan Promosi yang diberikan oleh penjual, bukan promosi yang berasal dari Marketplace.

Biaya Admin ⇒ Untuk biaya admin di sini, hasilnya sudah di-prorate per item, dengan perhitungan: Net sales per produk dibagi subtotal dan dikali biaya admin.

Untuk tampilan Payout by Product, Anda bisa menambahkan beberapa Dimensi:

  1. Akun

  2. Nomor Pesanan

  3. Tanggal Pemesanan

  4. SKU

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan penyaring Status Penyetoran (Completed dan Pending) dan menyaring berdasarkan rentang waktu dan channel penjualan.

Berdasarkan rentang waktu:

Berdasarkan channel penjualan:

Penyaringan berdasarkan status penyetoran:

Itu dia penjelasan mengenai fitur Laporan Setoran Penjualan Marketplace. Semoga artikel ini bermanfaat!


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?