Anda pastinya membutuhkan loyalitas pelanggan sebagai salah satu indikator kesuksesan bisnis Anda. Mempertahankan ataupun meningkatkan loyalitas pada pelanggan memang tidak mudah. Namun, dengan poin loyalti, Anda bisa memberikan poin kepada pelanggan di setiap pembelanjaan yang mereka lakukan.
Aktivasi Poin Loyalti
Untuk mengaktifkan Poin Loyalti di toko Anda, silakan ikuti langkah di bawah ini:
Langkah 1: Masuk ke web admin iSeller, pilih menu Pemasaran > lalu sub-menu Loyalti.
Langkah 2: Kemudian, pada kolom Pengaturan Poin Loyalti, geser tombol aktivasi yang berada di sisi kanan kolom. Jika tombol berubah menjadi warna biru, tandanya pengaturan Poin Loyalti sudah aktif.
Langkah 3: Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan baru sebagai berikut.
Jika Anda ingin menambahkan ikon / logo custom pada pembayaran poin loyalti, silakan geser tombol aktivasi pada Gunakan Ikon Kustom Pembayaran Loyalti Poin, lalu, pilih gambar yang ingin digunakan.
Perolehan Poin Loyalti
Untuk mengatur bagaimana pelanggan dapat memperoleh poin loyalti, silakan ikuti langkah berikut.
Langkah 1: Pilih Mode Kalkulasi yang ingin Anda aplikasikan. Terdapat 2 pilihan mode kalkulasi, yaitu:
Perhitungan poin loyalti berdasarkan rasio: Menghitung poin loyalti berdasarkan perbandingan poin yang diterima dengan total yang dihabiskan. Misal, jika menggunakan mode kalkulasi ini, dengan pengaturan belanja Rp100.000 dapat 10 poin, maka pelanggan akan mendapatkan 15 poin loyalti jika total belanja yang dihabiskan sebanyak Rp150.000.
Perhitungan poin loyalti berdasarkan kelipatan: Menghitung loyalti berdasarkan kelipatan. Jadi, jika menggunakan mode kalkulasi ini dan dengan pengaturan belanja Rp100.000 dapat 10 poin, pelanggan akan mendapatkan 10 poin jika total belanja yang dihabiskan sebanyak Rp150.000, mendapat 20 poin jika menghabiskan Rp250.000, dan seterusnya.
Langkah 2: Lalu, pilih mode loyalti yang Anda inginkan, terdapat 2 pilihan mode, yaitu:
Produk: Pilihan loyalti jika Anda ingin memberikan poin loyalti kepada pelanggan yang dihitung berdasarkan setiap produk yang mereka beli
Pesanan: Pilihan loyalti jika Anda ingin memberikan poin loyalti kepada pelanggan yang dihitung berdasarkan setiap pesanan yang mereka beli.
Langkah 3: Setelah itu, Anda dapat mengisi jumlah pembelanjaan yang kemudian akan dikonversikan menjadi poin loyalti.
📌 Note: Dari contoh pada gambar di atas, pengaturan loyalti yang diterapkan adalah pelanggan mendapatkan 10 loyalti poin untuk setiap pembelanjaan sebesar Rp100.000 (Seratus ribu rupiah). Poin loyalti ini hanya bisa didapatkan oleh pelanggan yang sudah terdaftar.
Langkah 4: Terakhir, Klik Simpan untuk menerapkan pengaturan poin loyalti yang sudah Anda sesuaikan.
Setelah fitur poin loyalti diaktifkan, Anda juga dapat mengatur perolehan poin loyalti yang khusus di masing-masing produk. Silakan baca artikel Pengaturan Poin Loyalti Produk untuk mempelajari lebih lanjut.
Selamat! Kini Anda memahami mengenai pengaktifan dan pengaturan perolehan poin loyalti. Semoga membantu.
Pelajari hal lain yang berkaitan dengan artikel ini
Tautan artikel di bawah ini dapat membantu Anda lebih lanjut dalam mempelajari topik yang berkaitan
Perlu bantuan lain?
Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.