Fitur Pelanggan adalah fitur untuk menyimpan data pelanggan Anda serta memungkinkan Anda untuk mengelompokkan pelanggan milik Anda. Pelanggan yang terdaftar memiliki keunggulan untuk mendapatkan diskon atau promosi khusus yang tidak bisa diaplikasikan ke pelanggan biasa.
Keunggulan lain pelanggan terdaftar pada Toko Online adalah untuk mengaktifkan fitur Dropshipper. Untuk mengetahui lebih lanjut silakan baca Pengaturan Dropshipper.
Pada sistem iSeller, Anda dapat mengakses fitur Pelanggan dengan klik menu Pelanggan tampilan yang akan Anda lihat adalah seperti berikut:
Bagian Utama Pelanggan
Pada halaman utama, Anda akan melihat daftar pelanggan yang telah Anda buat. Berikut tampilannya:
Pada daftar pelanggan, kita bisa melihat beberapa kolom seperti:
Nama: Nama dari Pelanggan tersebut.
Lokasi: Alamat yang diisi oleh Pelanggan Anda.
Pesanan: Total Pesanan yang Pelanggan tersebut sudah penuhi.
Pesanan Terakhir: Pesanan terbaru yang Pelanggan tersebut buat. Jika Anda klik Nomor Pesanan tersebut, maka Anda akan langsung dibawa ke halaman Detail Pesanan dimana Anda bisa melihat Pesanan tersebut secara terperinci.
Total Pembelanjaan: Jumlah Total Nominal yang sudah dikeluarkan oleh Pelanggan tersebut.
Mencari Pelanggan
Untuk mencari pelanggan tertentu silakan tulis nama pelanggan yang Anda ingin cari ke dalam kotak berwarna merah, maka secara otomatis sistem iSeller akan memilah daftar pelanggan yang memiliki nama tersebut.
Menyaring Pelanggan
Jika Anda ingin menyaring daftar pelanggan Anda, silakan klik pada logo corong yang berada pada bagian kiri atas dari halaman utama pelanggan, maka Anda akan menemukan tipe penyaringan pelanggan yang telah kami sediakan.
Anda dapat menyaring pelanggan dengan beberapa cara seperti:
Money Spent: Penyaringan daftar pelanggan sesuai dengan nominal uang yang sudah dibelanjakan.
Orders Count: Penyaringan daftar pelanggan sesuai dengan jumlah pesanan yang sudah tercatat.
Join Date: Penyaringan daftar pelanggan sesuai dengan tanggal pendaftaran pelanggan.
Accept Marketing: Penyaringan daftar pelanggan yang menyetujui untuk menerima program pemasaran seperti email blast, Promo SMS, dan lain-lain.
Tagged With: Penyaringan daftar pelanggan sesuai dengan kata-kata tag yang diasosiasikan kepada pelanggan tersebut.
Located In: Penyaringan daftar pelanggan sesuai dengan negara tempat tinggal pelanggan.
Setelah memilih kolom untuk disaring (dalam contoh ini adalah Money Spent), silakan isi bagian operator dan nilai dengan penjelasan seperti berikut:
Operator: Cara bagaimana pelanggan akan disaring, dalam contoh ini operator yang dipilih adalah Lebih Besar atau Sama Dengan.
Nilai: Jumlah dari uang yang dibelanjakan yang ingin Anda saring, dalam contoh ini nilai yang dipilih adalah 3,000,000.
Setelah semua dimasukkan, silakan klik Tambah Filter maka hasil dari penyaringan pelanggan dengan kondisi bahwa Uang yang Dibelanjakan Lebih Besar atau Sama Dengan Rp 3,000,000 akan seperti berikut.
Menyimpan Hasil Penyaringan Pelanggan
Hasil dari penyaringan yang telah Anda lakukan bisa disimpan untuk digunakan nanti. Cukup klik tombol My Filter untuk menyimpan hasil penyaringan tersebut.
Khusus untuk Fitur Pelanggan, Anda dapat menyimpan hasil penyaringan sebagai hasil penyaringan baru atau sebagai grup pelanggan. Grup pelanggan digunakan untuk mengelompokkan pelanggan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Salah satu contoh pengelompokkan pelanggan adalah sesuai dengan membership status, seperti Silver, Gold, atau Platinum. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini, silakan baca artikel Grup Pelanggan.
Pada bagian paling atas, Anda dapat melihat beberapa tombol seperti Impor, Tampilkan Grup Pelanggan, dan Tambah Pelanggan.
Impor: Mengimpor data pelanggan yang sudah Anda miliki secara langsung dalam format CSV, sistem iSeller akan mengolah data tersebut masuk ke dalam sistem kami. Untuk mempelajari format yang dibutuhkan untuk melakukan impor, silakan baca Impor Daftar Pelanggan.
Show Customer Groups: Memperlihatkan daftar grup pelanggan yang telah Anda buat. Pada daftar ini, Anda juga dapat membuang grup pelanggan yang sudah tidak ingin digunakan.
Tambah Pelanggan: Menambahkan pelanggan baru ke dalam sistem iSeller secara manual. Untuk mempelajari form pelanggan, silakan baca Tambah/Edit Pelanggan.
Fitur Tambahan - Checklist
iSeller juga menyediakan fitur tambahan checklist pada modul ini, yaitu ketika Anda mencentang data yang tersedia maka akan muncul fitur tambahan yang dapat membantu Anda lebih cepat dalam pengolahan data.
Ketika Anda sudah melakukan checklist, maka akan muncul fungsi tambahan pada bagian atas.
Kelola Tags: Fitur ini dapat menambahkan tags atau menghapus tags pada data pelanggan yang sudah Anda checklist,
Hapus: Fitur ini akan menghapus semua data pelanggan yang sudah Anda checklist.
Feedback Pelanggan
Selain Data Pelanggan, kini iSeller menghadirkan fitur Feedback Pelanggan. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam membaca kesan pelanggan seperti tingkat kepuasan pelanggan atas pembelian suatu produk.
Cara mengaksesnya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu Pelanggan > pilih Feedback Pelanggan.
Setelah itu tampilan yang akan Anda dapatkan adalah beberapa data berupa:
Referensi Pesanan: Jenis pesanan atau produk yang dipesan oleh pelanggan.
Kepuasan: Tingkat kepuasan pelanggan atas suatu produk.
Feedbacks: Masukan dari pelanggan atas suatu produk.
Tanggal: Tanggal pelanggan memberi masukan atau kesan terhadap suatu produk.
Pelanggan: Data pelanggan yang memberi masukan berupa tingkat kepuasan atas suatu produk.
Tindakan: Tindakan yang Anda lakukan untuk menjawab suatu masukan dari pelanggan.
Selamat! Kini Anda telah memahami mengenai Pengenalan Pelanggan pada Web Admin iSeller. Semoga membantu.
Perlu bantuan lain?
Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.