iSeller x TikTok Shop - Langkah 4: Kelola Pesanan

Artikel ini menjelaskan bagaimana melakukan sinkronisasi pesanan, seperti, menerima, memproses, hingga membatalkan pesanan

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Setelah selesai menghubungkan akun TikTok Shop, mengatur sales channel, hingga mengatur menu atau item secara spesifik melalui listing, maka, Anda mungkin sudah mulai menerima pesanan masuk.

Berikut langkah-langkah untuk mengelola pesanan dari TikTok Shop melalui web admin iSeller.

Sinkronisasi Pesanan

Langkah 1: Pilih menu Pesanan > tekan ikon Penyaring seperti gambar di bawah. Lalu, pilih Channel > pilih akun TikTok Anda yang terhubung kemudian klik Tambahkan Filter. Maka, pesanan yang akan tampil hanya pesanan dari akun TikTok Anda.

Langkah 2: Selanjutnya, klik Sync di kanan atas. Perhatikan gambar berikut.

Langkah 3: Setelah itu, akan muncul pop-up sinkronisasi pesanan marketplace, lalu, centang pada bagian TikTok, kemudian klik Sinkronkan. Maka, semua pesanan yang Anda terima dari TikTok Shop akan masuk ke web admin iSeller.

Langkah 4: Kemudian, seluruh pesanan yang masuk ke akun TikTok Shop Anda telah tersinkronisasi.

Proses Pesanan

Langkah 1: Pilih menu Pesanan > klik nomor pesanan yang ingin diproses atau Anda bisa mencari pesanan dengan cara salin nomor pesanan yang ada di TikTok Shop dan tempel pada bagian pencarian di menu pesanan tadi.

Langkah 2: Selanjutnya, Anda dapat melihat rincian pesanan tersebut dan pada bagian Detail Pesanan, klik Penuhi Pesanan.

Langkah 3: Kemudian, muncul dialog box pemenuhan item. Pilih metode pengiriman barang (Kurir menjemput pesanan atau penjual mengantarkan pesanan). Lalu, klik Penuhi Barang

Setelah Anda penuhi pesanan, maka, status pesanan di web admin iSeller dan di TikTok Shop Seller Center pun akan otomatis ter-update.

Langkah 4: Setelah itu, Anda bisa melengkapi pemenuhan pesanan dan cetak label pengiriman di halaman TikTok Shop Seller Anda. Caranya, klik Pesanan > Kelola Pesanan > salin nomor pesanan yang ingin dipenuhi.

Langkah 5: Kemudian, Anda bisa sudah bisa mencetak label pengiriman dengan klik Cetak Label Pengiriman pada sisi kanan pesanan, maka, label pengiriman akan otomatis terunduh dan siap untuk dicetak.

Setelah barang diterima kurir, maka, otomatis status pesanan pada web admin iSeller maupun TikTok Shop Seller Center Anda menjadi Sukses.

Pembatalan Pesanan

Pembatalan pesanan hanya dapat dilakukan jika pesanan belum Anda fulfill atau penuhi. Berikut langkah-langkah pembatalan pesanan dari web admin iSeller.

Langkah 1: Pilih Menu Pesanan, lalu cari pesanan yang ingin Anda batalkan (salin dan tempel nomor pada kolom pencarian di menu Pesanan).

Langkah 2: Klik nomor pesanan tersebut, kemudian, akan muncul halaman detail pesanan. Lalu, klik ikon titik tiga pada sisi kanan atas > klik Batalkan Pesanan. Perhatikan gambar di bawah ini.

Langkah 3: Selanjutnya, akan muncul pop-up konfirmasi pembatalan pesanan. Lalu, pilih alasan Anda membatalkan pesanan.

Terdapat 3 pilihan, yaitu, “Stok habis”, “Harga eror” dan “Tidak dapat mengirim ke alamat pembeli”.

Langkah 4: Terakhir, klik Batalkan Pesanan.

Dengan demikian, pesanan telah dibatalkan, dan status pesanan tersebut pada web admin maupun TikTok Shop Seller akan menjadi Refunded atau Dikembalikan.

Selamat! Anda telah menyelesaikan seluruh rangkaian proses untuk mulai berjualan di TikTok Shop dengan platform iSeller. Sebagai ringkasan, pada tahapan sebelumnya Anda sudah mempelajari:

Apakah pertanyaan Anda terjawab?