iSeller x TikTok Shop - Langkah 3: Pengaturan Listing

Pada artikel ini, Anda dapat mempelajari cara membuat dan memublikasikan listing hingga mengimpor produk listing secara otomatis

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Modul listing merepresentasikan menu / items yang ingin Anda daftarkan atau sinkronisasikan dengan akun TikTok Shop. Berbeda dengan modul Produk, Listing berisi informasi spesifik yang akan dipublikasikan ke setiap marketplace, dan bisa berbeda dengan deskripsi produk di POS maupun di online store. Listing juga dapat diasosiasikan ke setiap produk untuk manajemen inventaris yang tersentralisasi, seperti, sinkronisasi inventaris otomatis di seluruh channel penjualan Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut terkait konsep Listing, silakan baca artikel Pengenalan Listing.

Berikut langkah-langkah bagaimana Anda membuat, mengimpor, dan memublikasikan listing ke TikTok Shop.

Langkah 1: Klik Menu Katalog > sub-menu Listing > pilih akun TikTok Shop seperti gambar di bawah.

Langkah 2: Jika sebelumnya Anda sudah mempunyai produk di TikTok Shop dan ingin membuat listing produk secara otomatis ke iSeller, Anda dapat menggunakan fitur Impor

Tetapi, jika Anda belum mempunyai produk di TikTok Shop, Anda dapat menambahkan listing produk baru dengan klik menu Listing > klik Tambah Produk.

Langkah 3: Kemudian, silakan isi bagian Informasi Umum untuk listing yang ingin Anda tambahkan. Informasi yang harus Anda isi pada bagian ini adalah Judul Listing, SKU, Deskripsi dan Gambar.

Langkah 4: Setelah itu, atur kategori produk dengan menggunakan template listing atau dengan mengklik tombol pensil pada kolom Kategori.

Langkah 5: Selanjutnya, pada bagian Varian, Anda bisa menambahkan jenis varian dari produk Anda. Masukkan minimal 1 jenis varian pada setiap produk yang Anda buat di listing.

Untuk mengatur varian, Anda bisa membuat tipe varian (seperti, warna, ukuran, dan lainnya).

Langkah 6: Selanjutnya, Anda bisa mengatur dimensi barang (Berat dan Satuan, serta ukuran barang) untuk keperluan pengiriman. Silakan isi informasi tersebut pada bagian Pengiriman.

Jika Anda ingin menyediakan layanan pembayaran di tempat, silakan klik tombol aktivasi Mendukung COD (Cash on Delivery) atau bayar di tempat tergantung beberapa kategori.

Langkah 7: Terakhir, setelah Anda selesai mengatur penambahan listing, klik Simpan dan Publikasi yang berada di sisi kanan atas. Maka, secara otomatis, listing tersebut akan masuk ke akun TikTok Shop Anda. Atau, Anda bisa klik Simpan untuk menyimpan produk sebagai draft.

Melihat dan Memperbarui Listing

Jika Anda memiliki perubahan pada detail produk seperti perubahan varian, pengiriman, penambahan atau pengurangan stok, dan lainnya, Anda dapat melihat dan memperbarui listing tersebut di web admin iSeller, yang nantinya perubahan tersebut juga akan otomatis ter-update di akun TikTok Shop Anda.

Caranya, pilih menu Katalog > sub-menu Listing > pada sisi kanan atas, pilih akun TikTok Shop Anda

Kemudian, klik produk yang ingin Anda lihat atau ubah

Lalu, akan muncul informasi lengkap terkait listing tersebut, dan Anda bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan Anda, dan jangan lupa klik Simpan dan Publikasi ketika Anda selesai mengedit listing untuk memublikasikannya di TikTok Shop. Anda juga bisa klik Simpan jika Anda hanya ingin menyimpan pengaturan namun belum memublikasikan di TikTok Shop.

Selamat! Anda sudah berhasil memasukkan dan melakukan sinkronisasi listing dari web admin iSeller. Kini, Anda sudah bisa mulai berjualan di TikTok Shop dan Anda bisa kelola pesanan pelanggan di web admin iSeller.

Silakan baca artikel berikut untuk mengetahui petunjuk bagaimana Anda mengelola pesanan di iSeller: Mulai Berjualan di TikTok Shop Langkah 4

Tonton Tutorial Pengaturan Listing atau Konfigurasi Produk TikTok dalam bentuk video berikut.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?