Semua Koleksi
Listing
Template Listing Marketplace
Template Listing Marketplace

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana Anda bisa membuat template listing untuk berbagai marketplace

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Listing Template merupakan sebuah fitur di mana Anda bisa membuat kategori beserta atribut dan juga varian untuk digunakan ketika Anda ingin membuat dan mempublikasikan listing ke beberapa marketplace. Cara ini lebih praktis digunakan, sehingga Anda tidak perlu terus menerus memasukkan setiap kategori, atribut, varian, hingga pemetaan dari produk saat membuat listing.

Untuk menggunakan fitur ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Klik menu Katalog > sub-menu Template Listing.

Catatan: Pastikan Anda sudah memiliki setidaknya 1 akun marketplace yang terhubung di web admin iSeller agar sub-menu Template Listing tersedia.

Langkah 2: Lalu, klik Tambahkan Template Listing yang berada di pojok kanan atas

Langkah 3: Masukkan Nama Template dan deskripsinya

Langkah 4: Kemudian, Anda dapat mengaktifkan tombol aktivasi pemetaan kategori jika Anda ingin menggunakan listing template tersebut untuk produk varian. Atau, Anda dapat menonaktifkan tombolnya jika ingin menggunakan listing template tersebut untuk produk standard.

Langkah 5: Jika ingin memetakan varian pada setiap marketplace, Anda harus mengaktifkan opsi Pemetaan Varian. Anda bisa menambahkan lebih dari satu jenis varian dengan cara klik “Tambahkan Opsi” dan masukkan varian lain yang ingin ditambahkan.

Langkah 6: Selanjutnya, di bagian bawah sudah tersedia daftar seluruh marketplace yang terhubung di web admin Anda. Centang atau hapus centang pada marketplace tersebut. Kemudian, klik Tambahkan Marketplace

Langkah 7: Pilih Kategori dan Atribut pada masing-masing marketplace. Klik ikon pensil pada bagian Kategori dan klik ikon panah ke bawah pada bagian atribut. Atur kategori, varian, atribut, hingga metode pengiriman di bagian pemetaan marketplace sesuai dengan ketentuan marketplace-nya. Perhatikan gambar di bawah ini

Langkah 7: Masukkan template pengiriman untuk masing-masing marketplace

Langkah 8: Klik Simpan untuk menyimpan template listing yang sudah Anda buat

Tambahan:

1. Anda bisa melihat daftar template listing serta mengurutkannya berdasarkan Varian

2. Anda juga bisa menduplikasi template varian dengan cara klik ikon yang diberi tanda kotak merah pada gambar berikut.

3. Anda bisa menghapus template listing yang belum digunakan dengan klik ikon tempat sampah.

📌 Catatan: Anda tidak bisa menghapus template listing yang sudah digunakan untuk mempublikasikan listing ke berbagai marketplace.

Sekian penjelasan mengenai pengaturan template listing. Klik link ini untuk mengetahui bagaimana implementasi dari template listing dan cara memperbaruinya.

Anda juga bisa tonton Tutorial Pengaturan Template Listing dalam bentuk video berikut.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?