Langkah 3: Pengaturan Listing Blibli

Pada artikel ini, Anda dapat mempelajari cara membuat dan mempublikasikan listing hingga mengimpor produk listing secara otomatis

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Setelah selesai mengatur Inventaris, Gudang, dan Pesanan pada Sales Channel, Anda sudah bisa mengatur Listing untuk mulai berjualan di Blibli. Modul Listing ini merepresentasikan menu / items yang ingin Anda daftarkan di Blibli. Berbeda dengan modul Produk, Listing berisi informasi spesifik yang akan dipublikasikan ke setiap marketplace, dan bisa berbeda dengan deskripsi produk di POS maupun di online store. Listing juga dapat diasosiasikan ke setiap produk untuk manajemen inventaris yang tersentralisasi, seperti, sinkronisasi inventaris otomatis di seluruh channel penjualan Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut terkait konsep Listing, silakan baca artikel Pengenalan Listing

Berikut langkah-langkah bagaimana Anda membuat dan mempublikasikan listing ke sistem Blibli.

Langkah 1: Pada menu Listing > Marketplace > pilih akun Blibli seperti gambar di bawah.

Langkah 2: Jika sebelumnya Anda sudah mempunyai produk di Blibli dan ingin membuat listing produk secara otomatis ke iSeller, Anda dapat menggunakan fitur Impor

Tetapi, jika Anda belum mempunyai produk di Blibli, Anda dapat menambahkan listing produk baru dengan klik Tambah Produk.

Tips: Jika sebelumnya Anda sudah memiliki produk di iSeller dan Blibli, Anda dapat menggunakan fitur impor iSeller dengan pengaturan Hubungkan listing ke produk dengan SKU yang sama secara otomatis. Dengan begitu, produk listing Anda akan terbuat dan terhubung dengan produk di iSeller.

Langkah 3: Silakan isi bagian Informasi Umum untuk listing yang ingin Anda tambahkan. Informasi yang harus Anda isi pada bagian ini adalah Judul Listing, Kode barang (SKU), Gudang, dan Tipe Pengiriman.

Tips: Ketika Anda memasukkan SKU di Listing yang sudah terdaftar di Produk, maka, listing akan otomatis terhubung ke produk tersebut. Listing yang terhubung ke Produk memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah pemotongan stok otomatis. Untuk memanfaatkan sistem iSeller secara maksimal, kami sarankan semua listing ditautkan ke produk. Lebih lanjut, listing dengan SKU yang terhubung akan menggunakan informasi-informasi umum dari produk, seperti, Deskripsi, Gambar, dan Harga. Jika Anda tidak ingin menggunakan informasi dari produk yang dihubungkan, Anda bisa buat informasi yang berbeda. Sebagai contoh, Harga untuk listing Blibli bisa dibuat berbeda dengan harga produk di toko outlet. Untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana cara menautkan listing ke produk, silakan baca artikel Menautkan Listing ke Produk.

Note: Terdapat 3 opsi pengiriman produk yang bisa Anda pilih, diantaranya:

  • Melalui partner logistik Blibli : Antar pesanan ke parter logistik yang telah ditentukan oleh pihak Blibli. Khusus untuk pengiriman Sameday / instant, akan dijemput ke alamat pengambilan

  • Dikirimkan oleh penjual: Pengiriman yang menggunakan logistik dari pihak seller. Khusus untuk menangani produk yang memiliki berat di atas 50kg atau memerlukan penanganan khusus

  • Tidak membutuhkan pengiriman: Pilih tipe ini untuk produk yang tidak memerlukan proses pengiriman, seperti, voucher, jasa, atau pelayanan di tempat dan pick-up point yang ditentukan seller.

Langkah 4: Atur kategori produk listing Anda pada bagian Kategori. Pada bagian ini, Anda akan mengisi Attributes dari produk, seperti gambar di bawah ini

NOTE: Jika Anda memiliki produk varian, Anda bisa mengatur varian tersebut dari produk listing pada bagian Varian.

Untuk mengatur varian, jika Anda memilih tipe varian dari opsi yang disediakan Blibli (seperti warna, ukuran, dll), maka, Anda juga hanya bisa memilih nilai varian yang telah disediakan. Namun, jika Anda memiliki tipe varian berbeda dari yang disediakan, maka, Anda dapat menambahkan tipe varian dan nilai varian itu sendiri (free text).

Langkah 5: Selanjutnya, Anda dapat mengatur harga grosir dari produk pada section Harga Grosir. Untuk produk varian, Anda dapat mengisi harga grosir yang sama maupun berbeda dengan klik tombol Salin ke Semua. Seperti gambar berikut.

Langkah 6: Isi informasi pengiriman pada bagian Pengiriman. Untuk tipe pengiriman Melalui Partner Logistik Blibli, Anda akan memasukkan data berat, ukuran (panjang, lebar, dan tinggi), serta kurirnya. Sedangkan untuk tipe Dikirimkan oleh Penjual, Anda hanya akan mengisi berat dan ukuran produk, dan untuk tipe pengiriman Tidak Membutuhkan Pengiriman, Anda tidak perlu mengisi apapun pada bagian ini.

Langkah 7: Atur aktivasi produk dan status apakah produk tersebut dapat dibeli atau tidak pada bagian Status.

NOTE: Status Aktif untuk listing yang belum dipublikasikan, secara default akan aktif dan tidak dapat diubah ke non-aktif sampai produk dipublikasikan. Untuk status dapat dibeli, secara default akan aktif dan dapat diubah ke non-aktif. Anda juga bisa mengatur status dapat dibeli ini pada masing-masing dari produk varian.

Langkah 8: Apabila Anda sudah selesai mengatur listing, klik Simpan jika Anda belum ingin mengirim ke Blibli dan mempublikasikannya, sehingga status listing akan disimpan sebagai draft. Namun, jika Anda ingin langsung kirim pengaturan untuk listing Anda ke sistem Blibli maka, klik Simpan dan Publikasi.

Jika Anda sudah klik Simpan dan Publikasi, maka, status listing Anda akan berubah dari Draft menjadi Publishing yang berarti listing Anda sedang dalam proses review oleh tim Blibli.

Dan, ketika sudah disetujui, maka, status akan berubah menjadi Published yang berarti listing Anda sudah tampil di sistem Blibli. Seperti gambar berikut.

NOTE: Ketika sudah mempublikasi listing, maka, beberapa field tidak dapat diperbaharui dan dipublikasi ulang. Juga, jika produk sudah dipublikasikan dengan tipe pengiriman: Tidak membutuhkan pengiriman dan pengiriman oleh penjual, kemudian diubah ke tipe melalui partner logistik, maka di Blibli tidak akan terperbaharui.

Selain itu, Anda juga bisa membuat listing langsung dari produk dengan cara: Pilih menu Produk > Centang produk mana saja yang ingin dibuat listingnya > lalu pilih Buat Listing.

Selamat! Anda telah menyelesaikan seluruh rangkaian pengaturan untuk mulai berjualan di Blibli dengan platform iSeller. Selanjutnya, jika Anda ingin memproses orders yang masuk, silakan baca Penuhi Pesanan / Fulfillment Blibli.

Sebagai ringkasan, pada tahapan sebelumnya Anda sudah mempelajari:

Apakah pertanyaan Anda terjawab?