Penuhi Pesanan / Fulfillment Blibli

Pelajari cara memenuhi pesanan pelanggan dari penjualan di Blibli menggunakan pengiriman manual maupun terintegrasi dalam satu nomor pesanan

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Saat Anda berhasil menjual barang di Blibli hingga pembeli melakukan checkout dan Anda menerima pembayaran, maka, proses selanjutnya adalah persiapan pengiriman barang. Pada sistem iSeller, proses ini disebut dengan fulfillment atau pemenuhan pesanan. Proses pemenuhan pesanan akan berbeda tergantung pada jenis pengiriman yang dipilih pelanggan saat checkout.

Selain pemenuhan pesanan / fulfillment, Anda juga dapat melihat pesanan yang belum terpenuhi, terpenuhi sebagian, atau sudah terpenuhi. Untuk dapat melihat rincian pesanan yang belum terpenuhi, silakan pergi ke menu Katalog > sub menu Pesanan > lalu pilih panel yang belum dipenuhi (not fulfilled). Seperti contoh berikut.

Selanjutnya, Anda dapat melihat detail pesanan seperti, detail pesanan, informasi umum, dan data pelanggan.

Sementara itu, untuk fufillment / pemenuhan pesanan Blibli terdapat 3 cara, yaitu:

  • Pemenuhan Reguler (Untuk produk dengan pengiriman melalui partner logistik yang beratnya kurang dari 50kg)

  • Pengiriman oleh Penjual (pengiriman untuk barang yang perlu penanganan khusus dan dengan berat biasanya lebih dari 50kg. Pengiriman oleh penjual ini terdiri dari 2 kurir yaitu logistik dari pihak ketiga, dan kurir dari penjual)

  • Tidak membutuhkan pengiriman (untuk produk yang tidak memerlukan pengiriman)


Pemenuhan Reguler

Langkah 1: Sebelum Anda melakukan pemenuhan pesanan, pastikan bahwa stok mencukupi. Dan, silakan klik Penuhi Barang

Langkah 2: Selanjutnya, akan muncul pop-up seperti gambar di bawah ini. Lalu, pilih barang mana yang akan dipenuhi dengan mencentang checkbox logistik dan klik Penuhi Barang.

Note: Jika Anda belum melakukan pemenuhan untuk semua barang, maka, status pesanan menjadi sebagian terpenuhi atau partially fulfilled. Kemudian, Anda bisa melakukan pemenuhan kembali untuk barang yang belum terpenuhi. Dan, setiap pemenuhan yang dilakukan baik dari iSeller maupun dari Blibli akan saling tersinkronkan.

NOTE: Jika setelah melakukan penyerahan paket ke pihak logistik, status pesanan belum berubah menjadi dalam proses, maka, Anda bisa memperbaharui status paket tersebut secara manual. Pembaharuan status ini dapat dilakukan 12 jam sebelum pembatalan pesanan otomatis.

Langkah 3: Anda bisa mencetak label pengiriman dengan pilih panel yang ingin dicetak labelnya, dan klik Cetak Label Pengiriman pada bagian pemenuhan.

Note: Jika Anda telah memenuhi semua item pada pesanan, maka, statusnya akan menjadi Terpenuhi / Fulfilled.

Pengiriman oleh Penjual

Langkah 1: Sebelum Anda melakukan pemenuhan pesanan, pastikan bahwa stok mencukupi. Lalu, klik Penuhi Barang

Langkah 2: Setelah itu akan muncul pop-up seperti gambar di bawah ini. Lalu, pilih barang mana yang akan dipenuhi dengan mencentang checkbox logistik dan klik Penuhi Barang.

Langkah 3: Selanjutnya, Anda harus mengisi nomor AWB, kurir yang digunakan (penyedia jasa logisik atau kurir penjual), dan waktu pengantaran. Kemudian klik Penuhi Barang.

Langkah 4: Terakhir, untuk konfirmasi pengiriman, klik Konfirmasi pengiriman pada bagian Pemenuhan.

Lalu, akan muncul pop-up untuk Anda bisa mengisi informasi penerimaan order (tanggal penerimaan, nama penerima, dan status penerima) dan klik Konfirmasi.

Tidak Membutuhkan Pengiriman

Langkah 1: Sebelum Anda melakukan pemenuhan pesanan, pastikan bahwa stok mencukupi. Lalu, klik Penuhi Barang.

Langkah 2: Setelah itu akan muncul pop-up seperti gambar di bawah ini. Lalu, pilih barang mana yang akan dipenuhi dengan mencentang checkbox logistik dan klik Penuhi Barang.

Langkah 3: Terakhir, untuk konfirmasi pengiriman, klik Konfirmasi pengiriman pada bagian Pemenuhan

Langkah 4: Selanjutnya, Anda bisa konfirmasi pengiriman, di mana Anda bisa mengisi kode penyelesaian / settlement code yang diperoleh pembeli, kemudian klik konfirmasi.

Pengembalian Dana / Refund

Bagaimana jika Anda tidak dapat memenuhi satu atau semua jumlah pesanan karena barang tidak tersedia atau sebab lainnya? Tenang, Anda bisa melakukan refund atau pengembalian dana. Namun, Anda hanya bisa melakukan pengembalian dana satu kali untuk setiap referensi pesanan / order reference.

Untuk melakukan refund, masih pada sub-menu Pesanan, pilih panel yang ingin di-refund, lalu klik Refund, seperti gambar di bawah.

Maka, akan muncul pop-up pembayaran pengembalian dana, seperti gambar di bawah ini.

Note: Jika Anda mengembalikan seluruh jumlah barang yang dipesan, maka, secara otomatis stok akan 0 di Blibli. Lalu, jika pesanan sudah berhasil dibatalkan, status pesanan akan menjadi void.

Demikian cara melakukan pemenuhan pesanan dan selamat Anda telah menyelesaikan pesanan di toko online Blibli! Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemenuhan pesanan secara Massal dari Marketplace dan Toko Online, dengan klik link di sini. Pesanan yang terbuat akan dicatat pada laporan penjualan.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?