Semua Koleksi
Pemasaran
Pengaturan Price Book
Sesuaikan Harga Sesuai dengan Tipe Order dan Kondisi Lainnya
Sesuaikan Harga Sesuai dengan Tipe Order dan Kondisi Lainnya

Pada artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana menyesuaikan harga sesuai dengan tipe order dan kondisi lainnya.

Bazlin Fadilah avatar
Ditulis oleh Bazlin Fadilah
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Tipe Price Book ini menyesuaikan harga pada tipe order yang telah ditentukan pada toko Anda. Tipe ini hanya tersedia jika tipe bisnis Anda adalah F&B atau Express.

Format dari penyesuaian harga untuk tipe ini adalah sebagai berikut.

  • Tipe Pesanan: Tipe-tipe pesanan yang tersedia di toko Anda untuk disesuaian harganya.

  • Apply Adjustment For (Terapkan Penyesuaian Untuk), terdapat dua mode pilihan yang dapat diterapkan yaitu :

    • A Spesific Product, Category, and Collection (Satu Spesifik Produk, Kategori, dan Koleksi) : Jika Anda ingin menyesuaikan harga pada satu spesifik produk, kategori, atau koleksi.

    • One or More Selected Products (Satu atau Lebih Produk Dipilih) : Jika Anda ingin menyesuaikan harga pada lebih dari satu produk atau banyak produk.

A Spesific Product, Category, and Collection

Jika Anda memilih mode ini, Anda dapat melakukan penyesuaian harga dengan cara berikut.

  • Sesuaikan Harga (Adjust Price) : Harga yang akan disesuaikan dalam Tipe Price Book ini. Anda dapat memilih Penyesuaian oleh % (penyesuaian berdasarkan persentase dari harga jual produk), dengan Jumlah (penyesuaian berdasarkan jumlah tertentu), atau Harga Spesial (perubahan harga jual produk menjadi harga baru).

    • Sesuaikan Harga Oleh % (By %) : Anda dapat langsung mengisi jumlah persentase dari harga jual produk dan penyesuaian harga yang ingin diterapkan. Jika ingin mengurangi harga silahkan tambahkan (-), Jika ingin menambahkan harga jual produk, bisa diisi tanpa (-).

    • Sesuaikan Harga Dengan Jumlah (By Amount) : Anda dapat langsung menentukan nominal penyesuaian harga yang ingin diterapkan. Jika ingin mengurangi harga silahkan tambahkan (-), Jika ingin menambahkan harga jual produk , bisa diisi tanpa (-).

    • Sesuaikan Harga Dengan Harga Spesial (With Specific Amount) : Anda dapat langsung mengubah harga dari Produk tersebut dengan nominal yang ditentukan.

  • Pilih Tipe (Choose Type) : Tipe kelompok yang akan dikenakan penyesuaian harga. Anda dapat memilih Produk, Kategori, atau Koleksi untuk menentukan kelompok yang ingin disesuaikan.

  • Jumlah (Amount) : Pada pilihan ini, Anda dapat memasukkan nilai positif untuk menaikkan harga dan nilai negatif (-) untuk menurunkan harga. Namun, jika Anda memilih sesuaikan harga dengan Harga Spesial (With Specific Amount), Anda hanya dapat memasukkan nilai positif.

Pada gambar diatas, produk Matcha Tea akan disesuaikan harganya dengan harga spesial (with specific amount) menjadi Rp 10.000.

One or More Selected Products

Terdapat dua pilihan penyesuaian harga, Anda dapat melakukannya secara manual dengan format yang sama seperti mode A Spesific Product, Category, and Collection dan Anda dapat melakukannya dengan impor produk. Untuk cara manual, Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1 : Pilih Produk yang ingin disesuaikan harganya.

Langkah 2 : Lakukan penyesuaian format seperti dibawah ini.

Gambar diatas menunjukkan jika Produk Cerry Blend Tea harganya akan berkurang sebanyak 5% dari harga jual produknya.

Impor Produk

Jika Anda ingin menyesuaikan harga dengan produk yang jumlahnya banyak, Anda dapat melakukan penyesuaian harga dengan cara yang lebih praktis menggunakan Impor Produk.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan impor produk.

Langkah 1 : Anda perlu mendownload contoh file CSV pengimporan produk seperti gambar berikut.

Langkah 2 : Anda perlu mengedit file CSV dengan produk-produk toko Anda yang akan disesuaikan harganya. Berikut adalah contoh file CSV yang sudah berisi produk-produk untuk disesuaikan harganya.

  • SKU : Pastikan untuk memasukkan SKU produk Anda.

  • Type : Pastikan untuk menentukan tipe sesuaikan harga yang terdiri dari

    • Percentage (Presentase) : Anda dapat langsung mengisi jumlah persentase dari harga jual produk dan penyesuaian harga yang ingin diterapkan. Jika ingin mengurangi harga silahkan tambahkan (-), Jika ingin menambahkan harga jual produk, bisa diisi tanpa (-).

    • Amount (Jumlah) : Anda dapat langsung menentukan nominal penyesuaian harga yang ingin diterapkan, baik bertambah ataupun berkurang (dengan -).

    • Specific Amount (Harga Spesial) : Anda dapat langsung mengubah harga dari Produk tersebut dengan nominal yang ditentukan.

  • Amount : Pada pilihan ini, Anda dapat memasukkan nilai positif untuk menaikkan harga dan nilai negatif untuk menurunkan harga. Namun, Jika Anda memilih tipe Harga Spesial (Specific Amount), Anda ****hanya dapat memasukkan nilai positif.

  • IsActive : Status penyesuaian harga di Price Book yang terdiri dari

    • TRUE : Status penyesuaian harga produk yang aktif

    • FALSE : Status penyesuaian harga produk yang tidak aktif

Langkah 3 : Pastikan keseluruhan penulisan sudah benar dan sesuai dengan yang dicontohkan. Jika sudah dipastikan benar, silahkan simpan file Anda dengan format CSV.

Langkah 4 : Kemudian, lakukan impor produk dengan file CSV yang sudah Anda simpan.

Berikut adalah hasil ketika Anda berhasil melakukan impor produk.

Namun, jika terdapat kesalahan dalam pengaturan file CSV ketika diimpor, akan ada pemberitahuan seperti gambar berikut.

Gambar diatas menunjukkan bahwa produk Orange Tea dengan SKU ORGTEAL tidak berhasil diimpor dikarenkan jumlahnya negatif (-) karena menggunakan tipe specific amount. Tipe Specific amount hanya berlaku untuk jumlah nilai yang positif.

Selain impor produk, Anda pun dapat melakukan ekspor produk untuk memastikan semua produk sudah ada dalam daftar di Price Book, Anda dapat memastikannya dengan ekspor produk. silahkan pilih Ekspor Semua Produk (Export All Product).

Anda pun sangat mungkin melakukan impor produk kembali jika Anda ingin memperbaharui daftar penyesuaian harga di Price Book menggunakan file yang sudah di ekspor.

Pengaturan penyesuain harga sesuai dengan tipe order dan kondisi lainnya sudah selesai.

Anda dapat melihat kembali cara menyesuaikan harga produk dengan Price Book disini :

Apakah pertanyaan Anda terjawab?