Semua Koleksi
Pemasaran
Pengaturan Price Book
Pengaturan Penyesuaian Harga (Price Book)
Pengaturan Penyesuaian Harga (Price Book)

Pelajari cara pengaturan penyesuaian harga berdasarkan tipe Price Book yang dipilih.

Bazlin Fadilah avatar
Ditulis oleh Bazlin Fadilah
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Pada pengaturan penyesuaian harga di Price Book, terdapat tiga jenis penyesuaian yang dapat Anda lakukan :

  1. Sesuaikan harga dari banyak produk dalam suatu koleksi atau kategori (Adjust price of multiple products in a spesific collection or category)

  2. Sesuaikan harga untuk masing-masing produk dengan pilihan harga grosir (Adjust price of each product individually with wholesale option)

  3. Sesuaikan harga sesuai dengan tipe order dan kondisi lainnya (Adjust price based on specific order types and other conditions)

Sesuaikan Harga dari Banyak Produk dalam Satu Koleksi atau Kategori

Tipe Price Book ini menyesuaikan harga sesuai dengan produk yang ada dalam satu koleksi/kategori pada toko Anda. Format dari penyesuaian harga untuk tipe ini adalah sebagai berikut.

  • Sesuaikan Harga (Price Adjusment): Anda dapat memilih penyesuaian harga oleh % (penyesuaian berdasarkan persentase dari harga jual produk), dengan Jumlah (penyesuaian berdasarkan jumlah tertentu), atau Harga Spesial (perubahan harga jual produk menjadi harga baru).

  • Pilih Tipe (Choose Type): Tipe kelompok yang akan dikenakan penyesuaian harga Price Book tersebut. Anda dapat memilih Produk, Kategori, atau Koleksi pada Tipe untuk menentukan kelompok yang ingin dikenakan penyesuaian harga.

Terdapat tiga tipe penyesuaian harga yang dapat Anda lakukan, berikut pengertian dan contohnya :

Sesuaikan Harga Oleh % (By %) : Anda dapat menyesuaikan harga jual produk menggunakan presentase. Jika ingin mengurangi harga silahkan tambahkan (-), Jika ingin menambahkan harga jual produk silahkan isi tanpa (-).

Gambar diatas menunjukkan bahwa harga dari Produk Matcha Tea (Large) akan berkurang sebanyak 5% dari harga jual produknya.

Sesuaikan Harga Dengan Jumlah (By Amount), Anda dapat langsung menentukan nominal penyesuaian harga jual yang ingin diterapkan. Jika ingin mengurangi harga silahkan tambahkan (-), Jika ingin menambahkan harga jual produk silahkan isi tanpa (-).

Gambar diatas menunjukan bahwa Harga Produk Macha Tea (Large) akan bertambah Rp 3.000 dari harga jual produknya.

Sesuaikan Harga Dengan Harga Spesial (With Specific Amount), Anda dapat langsung mengubah harga dari Produk tersebut dengan nominal yang ditentukan.

Gambar diatas menunjukkan bahwa Produk Matcha Tea (Large) akan dirubah harganya menjadi Rp 13.000.

Sesuaikan harga dari banyak produk dalam satu koleksi atau kategori sudah selesai.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?