Langkah 3: Pengaturan Listing Tokopedia

Di tahap terakhir ini, Anda dapat mempelajari cara membuat dan mempublikasikan listing hingga mengimpor produk listing secara otomatis

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Tahap terakhir untuk mulai berjualan di Tokopedia adalah pengaturan Listing. Module Listing merepresentasikan menu / items yang ingin Anda daftarkan pada Tokopedia. Berbeda dengan Produk, Listing berisi informasi spesifik yang akan dipublikasikan ke setiap marketplace, dan bisa berbeda dengan deskripsi produk di POS maupun Online Store. Listing juga dapat diasosiasikan ke setiap produk untuk manajemen inventory tersentralisasi seperti sinkronisasi inventaris otomatis di seluruh channel penjualan Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai konsep Listing, silakan baca artikel Pengenalan Listing.

Di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat dan mempublikasikan listing ke sistem Tokopedia.

Langkah 1: Silakan pilih Tokopedia di Marketplaces seperti gambar di bawah ini.

Langkah 2: Jika sebelumnya Anda sudah mempunyai produk di Tokopedia dan ingin membuat listing produk secara otomatis ke iSeller, Anda dapat menggunakan fitur Impor.

Tetapi apabila Anda belum mempunyai produk di Tokopedia, Anda dapat menambahkan listing produk baru dengan klik tombol Tambah Produk.

📌 TIPS: Jika sebelumnya Anda sudah memiliki produk di iSeller dan produk di Tokopedia, Anda dapat menggunakan fitur impor iSeller dengan pengaturan Hubungkan listing ke produk dengan SKU yang sama secara otomatis. Dengan begitu, produk listing Anda akan terbuat dan sudah terhubung dengan produk di iSeller.

Langkah 3: Silakan isi Informasi Umum untuk listing yang ingin Anda tambahkan. Informasi mandatory yang harus Anda isi pada bagian ini adalah Judul Listing dan Kode Barang (SKU).

TIPS: Ketika Anda memasukkan SKU di Listing yang sudah terdaftar di Produk, maka Listing akan otomatis terhubung ke Produk tersebut. Listing yang terhubung ke Produk memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah pemotongan stok otomatis. Untuk memanfaatkan sistem iSeller secara maksimal, kami sarankan semua listing ditautkan ke produk. Lebih lanjut, listing dengan SKU terhubung akan menggunakan informasi-informasi general dari produk seperti Deskripsi, Gambar, dan Harga. Jika Anda tidak ingin menggunakan informasi dari produk yang dihubungkan, Anda bisa buat informasi yang berbeda. Sebagai contoh, Harga untuk listing Tokopedia bisa dibuat berbeda dengan harga produk di toko outlet. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai menautkan listing ke produk, silakan baca artikel Menautkan Listing ke Produk.

Anda bisa mengisi kolom Minimum jumlah pesanan untuk menentukan berapa jumlah produk yang harus dibeli oleh pelanggan Anda pada kolom yang sudah di sediakan seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya, Anda dapat menentukan kondisi produk Anda, apakah masih baru atau sudah terpakai pada kolom Kondisi.

Anda juga bisa mengelompokkan produk-produk yang ditampilkan di Tokopedia melalui kolom Etalase. Di kolom ini, etalase yang telah Anda buat di platform Tokopedia bisa Anda pilih untuk mengelompokkan produk Anda.

Bila Anda ingin menjadikan produk ini sebagai produk pre-order, Anda bisa menyalakan tombol Preorder dan tentukan durasi kapan barang sampai pada kolom Duration dan Time Unit.

Langkah 4: Tentukan kategori produk dengan menggunakan template listing atau dengan mengklik tombol pensil pada kolom Kategori.

Langkah 5: Jika menekan ikon pensil, Anda akan diberikan pilihan rekomendasi kategori yang sesuai dengan produk listing Anda. Pilih rekomendasi yang sesuai lalu klik Konfirmasi. Perhatikan gambar di bawah ini.

Langkah 6: Anda dapat menentukan apabila produk listing yang ingin Anda buat memiliki varian. Silakan klik Produk ini memiliki varian untuk menentukan varian pada produk listing Anda. Section ini bersifat opsional.

Anda juga bisa membuat sendiri (kustom) varian sesuai kebutuhan Anda.

Opsi dan Nilai dari Varian akan bergantung dari Kategori yang telah Anda tentukan sebelum nya.

  • Opsi: Pilihan varian dari produk tersebut, contohnya ukuran, warna, rasa, dll. Pilihan bisa dikatakan pengelompokan nilai-nilai varian.

  • Nilai: Nilai yang dimiliki dari opsi varian tersebut. Jika opsi varian adalah Warna, maka nilai dari varian adalah Merah, Hijau, Putih, dll. Jika opsi varian adalah ukuran, maka nilai dari varian adalah S, M, L, XL, XXL, dll.

  • Tombol Tong Sampah: Berfungsi untuk menghapus varian yang tidak digunakan.

  • Tombol Tambah Varian: Tombol tersebut digunakan jika produk memiliki lebih dari satu pilihan / opsi varian.

Langkah 7: Anda dapat mengatur pembelian atau penjualan produk dalam jumlah besar melalui fitur Harga Grosir. Dengan fitur ini, pembeli Anda dapat menikmati harga yang lebih murah saat berbelanja produk dalam jumlah besar, sementara Anda dapat mendorong penjualan dengan menawarkan diskon untuk pembeli yang berbelanja produk dalam jumlah besar.

Kemudian, Anda dapat mengatur harga grosir dengan mengisi kolom Minimum Pesanan dan Jumlah (harga satuan**)** untuk produk tersebut.

  • Minimum Pesanan: Minimum kuantitas grosir yang akan dibeli.

  • Jumlah: Harga satuan untuk minimum pesanan tersebut.

Setelah mengatur harga grosir, pastikan bahwa Anda telah memasukkan harga satuan yang lebih rendah untuk setiap pilihan harga apabila Minimum/ Maksimum kuantitas untuk produk tersebut lebih besar.

Contoh:

Apabila Anda mengatur Harga Satuan: Rp77.000.- untuk jumlah pembelian produk di atas 5 pcs, maka Anda bisa mengatur Harga Satuan yang lebih rendah untuk pembelian produk di atas 10 pcs dst.

Langkah 8: Lengkapi informasi pengiriman seperti Free Return, Shipping Insurance, dan Berat produk pada kolom Pengiriman.

  • Nyalakan tombol Free Return apabila Anda mengizinkan pelanggan untuk melakukan pengembalian produk tanpa dikenakan biaya tambahan.

  • Nyalakan tombol Shipping Insurance jika Anda ingin memperbolehkan pelanggan Anda untuk menggunakan asuransi pengiriman saat melakukan checkout di platform Tokopedia.

Langkah 9: Apabila Anda sudah selesai mengatur listing Anda, klik Simpan bila Anda masih ingin mengubah pengaturan pada listing atau klik Simpan dan Publikasi jika pengaturan untuk listing Anda ingin langsung di kirim ke sistem Tokopedia.

Jika Anda klik Simpan dan Publikasi, maka status listing Anda akan berubah dari Draft menjadi Published seperti gambar berikut yang artinya listing Anda sudah tampil di sistem Tokopedia.

Selamat! Anda telah menyelesaikan seluruh rangkaian pengaturan penjualan di Tokopedia dengan platform iSeller! Sebagai ringkasan, di tahapan sebelumnya Anda sudah mempelajari:

Tonton tutorial Pengaturan Listing atau Konfigurasi Produk Tokopedia di iSeller dalam bentuk video berikut.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?