Langkah 2: Pengaturan Sales Channel Tokopedia

Lengkapi informasi integrasi dengan Tokopedia pada pengaturan sales channels Tokopedia

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Pada tahap kedua ini, Anda dapat melengkapi informasi integrasi seperti pengaturan inventaris sampai dengan sinkronisasi.

Silakan klik menu Sales Channels > Tokopedia seperti gambar berikut.

Informasi Umum

Pada section ini Anda dapat melihat informasi umum toko Anda dengan informasi sebagai berikut.

  • Nama Toko: Nama dari toko Tokopedia.

  • ID Toko: ID dari toko Tokopedia Anda.

Pengaturan Inventaris

Pada section ini Anda dapat menentukan stok awal pada saat membuat listing, dan pada saat sinkronisasi inventaris, Anda juga dapat memilih outlet yang inventarisnya akan di sinkronkan ke Tokopedia.

Untuk mengaktifkan pengaturan inventaris, silahkan switch on toggle Aktifkan pengaturan inventaris.

Setelah pengaturan inventaris diaktifkan, Anda dapat menentukan stok awal pada saat membuat listing dan pada saat sinkronisasi inventaris.

  • Persentase: Jika Anda mengisi 100%, maka stok yang akan muncul di Tokopedia Anda adalah semua stok yang tersedia di iSeller. Jika Anda mengisi 50%, maka stok yang akan muncul di Tokopedia Anda hanya setengah dari stok yang tersedia di iSeller.

  • Stok Minimum: Stok minimum yang akan tampil di toko Tokopedia Anda.

  • Stok Maksimum: Stok maksimum yang tampil di toko Tokopedia Anda.

📌 Catatan: Apabila Anda juga menentukan Stok Minimum dan Stok Maksimum, maka stok yang akan tampil di Tokopedia adalah stok minimum atau stok maksimum yang sudah Anda tentukan.

Selanjutnya, Anda dapat memilih outlet mana saja yang inventarisnya akan di sinkronkan ke Tokopedia pada kolom yang sudah disediakan seperti gambar berikut.

📌 Catatan: Anda dapat memilih lebih dari satu outlet yang inventarisnya ingin di sinkronkan, tetapi hanya akan ada satu outlet dengan status default. Status ini berarti transaksi akan memotong stok dari outlet yang menjadi default.

Contoh: Anda memiliki produk A dengan jumlah stok 100 di Outlet Kelapa Gading dan jumlah stok 50 di Outlet Matraman, pengaturan inventaris yang Anda atur adalah persentase 50% dan jumlah maksimum adalah 50 di outlet Outlet Kelapa Gading dan Outlet Matraman seperti gambar berikut.

Maka jumlah stok produk A yang akan tampil di Tokopedia adalah 50, karena produk A di kedua outlet tersebut total stok nya menjadi 150 dan 50% nya adalah 75, sedangkan 75 lebih besar daripada 50 oleh karena itu stok produk A yang akan tampil di Tokopedia adalah sebanyak 50.

Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang menjual di lebih dari satu channel, sehingga pengaturan inventaris menjadi mudah dan tepat, sekaligus berguna untuk menghindari terjadinya overselling di marketplace.

Sinkronisasi Pesanan

Pada bagian ini, Anda dapat menentukan pengaturan sinkronisasi data penjualan secara otomatis atau manual.

Ketika diaktifkan, pesanan akan di sinkronisasikan dari Tokopedia ke iSeller setiap 15 menit. Ketika dinonaktifkan, sinkronisasi pesanan dapat dilakukan secara manual dengan klik tombol Sinkronisasi Pesanan sesuai waktu yang Anda inginkan.

Untuk langkah selanjutnya, Anda dapat membacanya di artikel Langkah 3: Pengaturan Listing Tokopedia.

Pemenuhan Pesanan

Pada bagian ini, Anda dapat mengatur pemenuhan pesanan secara otomatis dan menambahkan gudang

Untuk langkah selanjutnya, Anda dapat membaca artikel Langkah 3: Pengaturan Listing Tokopedia

Tonton Tutorial Pengaturan Sales Channels Tokopedia dalam bentuk video berikut.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah ini, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?