Laporan iSeller terdiri dari laporan berupa Laporan Penjualan, Laporan Penjualan Produk, Laporan Penjualan Produk Pesanan, Laporan Inventaris, Laporan F&B, Laporan Transaksi, Laporan Pembayaran, Laporan Setoran, Laporan Laba & Rugi, Laporan Register, Laporan Pajak, dan Laporan Pengguna.

Untuk mengakses ke halaman laporan toko Anda, silahkan klik menu laporan yang berada pada bagian menu, lalu Anda dapat memilih jenis-jenis laporan yang ingin Anda lihat seperti gambar berikut.

Untuk laporan juga dapat dilihat dari beberapa klasifikasi laporan yang telah kami sediakan yang dapat Anda lihat di posisi kiri atas layar Anda. Setiap jenis-jenis laporan yang ada akan memiliki klasifikasi laporan yang berbeda seperti gambar berikut (dalam contoh ini adalah jenis Laporan Penjualan).

Klasifikasi laporan merupakan daftar sub-laporan yang berhubungan dengan laporan yang ada pada menu. Contoh laporan penjualan memiliki klasifikasi laporan seperti gambar di bawah ini. 

Pada tiap laporan, data yang menjadi acuan laporan tersebut ada di kolom paling kiri. Contoh nya laporan penjualan per bulan (lihat gambar di atas) berarti 1 baris data tersebut memiliki data berdasarkan data per bulan, dimana Anda dapat meninjau penjualan kotor, penjualan bersih, dan total penjualan pada tiap bulan.

Berikut beberapa fitur yang ada pada menu Laporan :

Grid / Chart View

Tampilan laporan dapat dilihat berdasarkan Grid atau Chart. Untuk Grid memiliki tampilan laporan dalam bentuk tabel sedangkan untuk Chart memiliki tampilan laporan berupa grafik. Untuk perbedaannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Ekspor Laporan

Untuk mengekspor laporan Toko Anda silahkan klik tombol Ekspor seperti di gambar. 

Setelah Anda klik tombol Ekspor, Anda akan melihat menu yang berisikan pilihan ekspor laporan seperti berikut.

Anda dapat memilih jenis laporan yang ingin Anda ekspor. Kami menyediakan beberapa jenis laporan seperti HTML, PDF, XML, EXCEL, TIFF, RTF, TEXT dan Anda juga dapat mengatur tampilan laporan berupa Potrait ataupun Landscape, kemudian jika sudah memilih jenis dan tampilan laporan yang ingin Anda ekspor klik Export Now seperti gambar berikut.

Cetak Laporan

Anda juga dapat melakukan cetak laporan dengan klik tombol Print yang berada di pojok kanan atas layar Anda seperti gambar berikut.

Setelah Anda klik tombol Print, Anda akan melihat tampilan baru berupa pengaturan printer dan pastikan pengaturan printer yang berada di posisi kiri layar Anda sudah sesuai. Jika sudah sesuai klik tombol Print untuk mencetak dalam bentuk fisik seperti gambar berikut.

Menyaring Laporan

Jika Anda ingin menyaring laporan Anda, silahkan klik pada logo corong yang berada pada kiri atas dari bagian utama halaman laporan, maka Anda akan menemukan berbagai tipe penyaringan laporan yang telah kami sediakan.

Ada total 9 penyaringan yang bisa Anda lakukan untuk laporan Anda:

  • Status Pemenuhan: Status pemenuhan akan menyaring laporan berdasarkan status sudah dipenuhi, sebagian dipenuhi, atau belum dipenuhi. Untuk mempelajari lebih lanjut, baca tentang pesanan di iSeller.
  • Status Pembayaran: Status pembayaran akan menyaring laporan sesuai pilihan apakah pesanan sudah lunas, dikembalikan (refund), atau belum dibayar.
  • Register: Penyaringan laporan berdasarkan nama mesin kasir yang digunakan.
  • Pengguna: Penyaringan laporan berdasarkan karyawan kasir yang melayani.
  • Nama Pelanggan: Penyaringan laporan berdasarkan nama pelanggan yang sudah terdaftar sebagai anggota toko Anda.
  • Negara Pelanggan: Penyaringan laporan berdasarkan negara pelanggan yang sudah terdaftar sebagai anggota toko Anda.
  • Kota Pelanggan: Penyaringan laporan berdasarkan kota pelanggan yang sudah mendaftar sebagai anggota toko Anda.
  • Provinsi Pelanggan: Penyaringan laporan berdasarkan provinsi pelanggan yang sudah terdaftar sebagai anggota toko Anda.
  • Status: Status dari laporan apakah status laporan Selesai atau Reserved.

Setelah Anda memilih metode penyaringan, Anda akan menemukan menu penyaringan sebagai berikut:

Silahkan pilih kolom untuk disaring (dalam contoh ini adalah Status), silahkan isi bagian Operator dan Nilai dengan penjelasan seperti berikut:

  • Operator: Cara bagaimana status laporan akan disaring, dalam contoh ini Operator yang dipilih adalah Sama Dengan
  • Nilai: Nilai dari status laporan yang ingin Anda saring, dalam contoh ini Nilai yang dipilih adalah Selesai. Berarti daftar Laporan akan menyaring semua laporan yang memiliki Status Selesai.

Setelah semua dimasukkan, silahkan klik Tambah Filter maka hasil dari Penyaringan Laporan akan seperti berikut.

Penambahan Dimensi dan Metric

Tambah Dimensi

Tambah Dimensi akan membuat laporan dengan menambah kategori berupa informasi tambahan. Untuk menambahkan dimensi silahkan klik Tambah Dimensi seperti gambar di bawah.

Setelah Anda klik Tambah Dimensi maka Anda akan menemukan berbagai tipe penambahan dimensi yang telah kami sediakan sesuai kebutuhan Anda.

Tambah Dimensi memiliki pilihan yang berbeda pada setiap jenis laporan (contoh gambar di atas adalah dimensi Laporan Penjualan).

Tambah Metric

Anda juga dapat menambahkan kolom yang berisi penjumlahan / perhitungan angka dalam informasi tamabahan dengan cara klik Tambah Metric seperti gambar di bawah ini.

Setelah Anda klik Tambah Metric maka Anda akan menemukan berbagai tipe penambahan metric yang telah kami sediakan sesuai kebutuhan Anda.

Tambah Metric memiliki pilihan yang berbeda pada setiap jenis laporan (contoh gambar di atas adalah metric Laporan Penjualan).

Apakah Anda menemukan jawaban?