Lewati ke konten utama
Semua KoleksiiSeller F&B Premium
Reservasi Meja - iSeller F&B Premium (POS)
Reservasi Meja - iSeller F&B Premium (POS)

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana melakukan reservasi pada restoran FnB Premium Anda melalui POS

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan Anda menerima reservasi pesanan dan daftar antri dari pelanggan yang sudah menentukan jadwal pesanan pada waktu tertentu.

Aktifkan Menu Reservasi

Untuk menggunakan fitur Reservasi, Anda dapat memulainya dengan mengakifkan fitur ini. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk fitur Reservasi:

Langkah 1: Masuk ke menu Pengaturan

Langkah 2: Pilih opsi Umum > Restaurant Specific

Langkah 3: Aktifkan toogle Gunakan Fitur Reservasi

Langkah 4: Anda juga dapat mengatur kapan waktu pelanggan dapat melakukan Check In setelah reservasi. Anda dapat mengaturnya dalam menit yang berarti menit sebelum waktu reservasi (Dalam contoh ini, waktu yang diatur adalah 10 menit sebelum waktu reservasi yang sudah dipesan oleh pelanggan)

Mengatur Reservasi

Jika fitur Reservasi sudah aktif, maka akan ada tampilan menu Reservasi dan Daftar Antri pada halaman awal. Anda dapat mengatur suatu reservasi berdasarkan cara berikut:

Langkah 1: Masuk ke menu Reservasi dan Daftar Antri yang ada pada tampilan awal

Langkah 2: Klik meja yang Anda pilih untuk reservasi pelanggan. selain itu, Anda juga dapat mengisi data reservasi dengan mengklik Tambah

Terdapat beberapa pengaturan reservasi yang dapat Anda pilih:

Jumlah Pax

Anda dapat mengatur jumlah pax sesuai atau kurang dari jumlah pax meja yang Anda pilih.

Tanggal, Waktu dan Durasi

  • Tanggal: Anda dapat mengatur hari, tanggal, bulan dan tahun dari suatu reservasi.

  • Waktu: Pada bagian ini, Anda dapat memilih waktu spesifik dari suatu reservasi.

  • Durasi Meja Dipesan: Anda dapat memilih durasi reservasi sesuai permintaan pelanggan.

Preferensi Tempat Duduk

  • Pengaturan Preferensi: Anda dapat memilih beberapa preferensi tempat duduk sesuai kemauan pelanggan. Anda juga dapat memberi catatan khusus dengan mengklik Lain-Lain.

  • Meja: Pada bagian ini, Anda dapat memilih ruangan yang akan direservasi sesuai denah restoran Anda pada menu Pilih Ruangan. Selain itu, Anda juga dapat mengganti meja yang sudah Anda klik pada halaman awal Reservasi dan Daftar Antri dengan memilih meja pada opsi Pilih Meja.

Pelanggan

  • Pelanggan Baru: Di bagian ini, Anda dapat menambahkan data pelanggan jika pelanggan yang melakukan reservasi merupakan pelanggan baru.

  • Pelanggan Lama: Anda juga dapat memilih data pelanggan jika pelangga yang melakukan reservasi sudah terdata pada data pelanggan.

Preferensi Makanan

Pada bagian ini, Anda dapat memilih preferensi makanan sesuai kemauan pelanggan yang melakukan reservasi. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan catatan pada menu Lain-Lain.

Acara

Pada bagian ini Anda dapat memilih tujuan reservasi. Secara default terdapat pilihan rapat, tunangan, ulang tahun dan perayaan tahunan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan acara lain pada menu Lain-Lain.

Catatan

Anda dapat menambahkan catatan apapun yang dibutuhkan untuk suatu reservasi.

Pilih Menu

Jika Anda sudah mengisi seluruh data reservasi, maka Anda memilih menu untuk reservasi tersebut pada bagian Tambah Menu. Selanjutnya, Anda dapat klik Simpan untuk menyimpan reservasi.

Secara otomatis, setelah disimpan maka meja yang direservasi akan berubah menjadi warna orange.

Tampilan

Pada fitur Reservasi dan Daftar Antri, terdapat dua pilihan tampilan yaitu tampilan tampilan berdasarkan reservasi berdasarkan lantai dan tampilan reservasi berdasarkan daftar.

Tampilan Reservasi Berdasarkan Lantai

Pada tampilan reservasi berdasarkan lantai, Anda dapat melihat beberapa informasi seperti tampilan tempat meja, hari, waktu dan lokasi meja.

Anda juga dapat mencari data reservasi pada kolom pencarian.

Tampilan Reservasi Berdasarkan Daftar

Pada tampilan reservasi berdasarkan daftar, Anda dapat melihat beberapa informasi seperti status, daftar reservasi dan hari.

Anda juga dapat mencari data reservasi pada kolom pencarian.

Mengubah, Check In, dan Pembatalan Reservasi

Anda dapat mengubah data reservasi, membatalkan reservasi atau mengubah staus reservasi menjadi Check In.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat mengklik Meja yang Direservasi pada tampilan reservasi berdasarkan lantai atau mengklik Daftar Reservasi yang dipilih pada tampilan reservasi berdasarkan daftar.

Check In: Anda dapat memilih opsi ini jika pelanggan yang sudah melakukan reservasi sudah datang di restoran Anda dan berada di meja yang sudah direservasi.

Jika Anda mengklik Check In maka secara otomatis status meja berubah menjadi warna biru pada tampilan berdasarkan lantai. Pada tampilan berdasarkan daftar, maka status akan otomatis berubah dari Mendatang menjadi Check In.

Tidak Hadir: Anda dapat menggunakan fitur ini jika pelanggan yang melakukan reservasi batal hadir tanpa melakukan konfirmasi.

Reservasi Dibatalkan: Anda dapat menggunakan fitur ini jika pelanggan yang melakukan reservasi batal hadir dengan konfirmasi.

Ubah: Anda dapat menggunakan fitur ini untuk merubah data reservasi.

Daftar Antri

Pada waktu mendatang, iSeller F&B Premium juga akan menghadirkan fitur Daftar Antri yang saat ini masih dikembangkan. Fitur ini nantinya akan dapat Anda akses bersamaan dengan fitur Reservasi.

Sekian artikel tentang fitur Reservasi Meja di iSeller F&B Premium. Klik link ini untuk mengetahui lebih banyak terkait Online Ordering di iSeller F&B Premium.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?