Lewati ke konten utama
Semua KoleksiiSeller F&B Premium
Tindakan (Actions) - iSeller F&B Premium
Tindakan (Actions) - iSeller F&B Premium

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari berbagai fitur yang dapat Anda gunakan pada menu Tindakan di POS iSeller F&B Premium

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Fitur ini berguna untuk memberi tindakan cepat untuk manajemen meja, manajemen tagihan transfer item dan checkout meja.

Untuk mengakses fitur ini, Anda dapat mengklik Tindakan yang ada di halaman depan POS seperti yang tertera di dalam kotak berwarna merah.

Setelah itu, POS akan menyajikan beberapa menu Tindakan yang Anda bisa pilih.

📌 Pastikan sudah ada beberapa meja yang memiliki status pesanan aktif agar fitur ini berfungsi.

Manajemen Meja (Gabung, Pisah, Ubah Meja)

Anda dapat menggunakan fitur ini jika pelanggan Anda ingin menggabungkan meja dengan pelanggan lain, memisahkan meja atau memindahkan meja pelanggan Anda ke meja lain.

Gabung Meja (Merge Table)

Jika pelanggan Anda ingin menggabungkan pesanan antara satu meja dengan meja lain, Anda dapat menggunakan fitur ini. Untuk mengaksesnya, silakan klik Gabung Meja seperti gambar berikut:

Setelah itu Anda dapat memilih meja yang akan digabungkan dengan mengisi Meja Asal dan Meja Tujuan. Di mana, Meja Asal merupakan meja pertama yang dipesan dan Meja Tujuan adalah meja baru yang ingin digabungkan.

Untuk memilih meja pertama, Anda dapat klik Meja Asal > Cari Meja > Klik meja yang Anda pilih > Konfirmasi.

Untuk memilih meja kedua, Anda dapat klik Meja Tujuan > Cari Meja > Klik meja yang Anda pilih > Konfirmasi.

Klik Konfirmasi setelah memilih kedua meja tersebut, maka tampilan pada halaman awal menjadi seperti berikut:

Pisah Meja (Split Table)

Jika pelanggan Anda memiliki tambahan pelanggan yang duduk di meja yang masih kosong, pelanggan tersebut dapat membagi pesanan yang sudah dipesan untuk meja yang ditempati pelanggan yang baru datang tersebut.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan fitur Pisah Meja.

Anda dapat memilih meja yang akan Anda pisahkan pada bagian Meja yang Ingin Dipisah (Dalam hal ini yang menjadi contoh adalah meja C7 dengan jumlah pelanggan 8 pax).

Setelah itu, Anda dapat memilih meja yang baru yang ditujukan untuk membagi menu makanan yang sudah dipesan oleh meja C7 pada bagian Tambah Meja (Dalam hal ini meja yang menjadi tujuan adalah meja A3).

Jika sudah, Anda juga dapat memilih jumlah orang yang akan menduduki meja A3.

Pilih menu makanan dari meja C7 yang akan dibagi ke meja A3 pada bagian Pilih Item yang Akan Dibagi, setelah itu klik Konfirmasi.

Secara otomatis, menu makanan yang sudah dibagi dari meja C7 ke meja A3 akan masuk ke dalam tagihan meja A3.

Ubah Meja (Change Table)

Jika pelanggan Anda ingin pindah meja ke meja lainnya, Anda dapat mengatur pemindahan tersebut tanpa menghapus pesanan pelanggan. Untuk mengakses fitur ini, klik Ubah Meja.

Setelah itu pilih meja awal dari pelanggan yang ingin pindah meja dengan mengklik Meja Asal > Cari Meja > Pilih meja > Konfirmasi.

Selanjutnya Anda dapat memilih meja tujuan untuk pelanggan dengan mengklik Meja Tujuan > Cari Meja > Pilih meja > Konfirmasi.

Manajemen Tagihan (Merge and split bill)

Anda dapat menggunakan fitur Gabung Tagihan dan Pisah Tagihan ini untuk menggabungkan tagihan dari suatu meja dengan meja lain atau membagi tagihan dari suatu meja menjadi beberapa tagihan.

Gabung Tagihan (Merge Bill)

Jika pelanggan Anda ingin menggabungkan tagihan meja mereka dengan meja lainya, Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mengklik Gabung Tagihan.

Setelah itu, pilih meja mana saja yang akan Anda gabungkan. Pada fitur ini Anda dapat memilih lebih dari 2 meja.

Setelah itu klik Konfirmasi, maka tagihan dari beberapa meja yang dipilih sudah tergabung,

📌 Tagihan akan tergabung ke meja yang pertama Anda klik ketika memilih beberapa meja.

Bagi Tagihan (Split Bill)

Fitur ini akan berguna jika pelanggan Anda ingin membagi tagihan dari meja mereka menjadi beberapa tagihan. Dalam fitur ini, terdapat tiga pilihan yaitu Pisah Tagihan Berdasarkan Item, Cetak Tagihan dengan Pembagian Sama Rata dan Cetak Tagihan dengan Pembagian Berdasarkan Persentase.

Untuk mengaksesnya, Anda dapat memilih bagian Bagi Tagihan.

Bagi Tagihan Berdasarkan Item (Split by Item)

Jika pelanggan Anda ingin membagi tagihan berdasarkan menu makanan, Anda dapat memilih Bagi Tagihan Berdasarkan Item.

Setelah itu, pilih meja pelanggan pada Piih Pesanan yang Akan Dipisahkan.

Anda dapat menentukan jumlah pelanggan yang akan menanggung tagihan yang dibagi tersebut pada bagian Jumlah Orang yang Akan Dipisah.

Pilih menu makanan yang akan Anda bagi ke dalam tagihan yang terpisah pada bagian Pilih Item yang Akan Dipisah.

Jika sudah, klik Konfirmasi.

Cetak Tagihan dengan Pembagian Sama Rata (Print Bills With Even Split)

Fitur ini memungkinkan Anda untuk membagi bill suatu meja secara rata sesuai jumlah orang pada meja tersebut. Anda dapat menggunakannya dengan mengklik Cetak Tagihan dengan Pembagian Sama Rata lalu klik Konfirmasi.

Cetak Tagihan dengan Pembagian Berdasarkan Persentase (Print Bills With Split By Percentage)

Jika pelanggan Anda ingin membagi tagihan berdasarkan persentase, Anda dapat memilih Cetak Tagihan dengan Pembagian Berdasarkan Persentase.

Setelah itu, pilih meja yang pelanggan pada Pilih Pesanan yang Akan Dipisahkan.

Anda dapat menentukan jumlah pelanggan yang akan menanggung masing-masing tagihan yang sudah terbagi pada bagian Jumlah Orang yang Akan Dipisah.

Jika sudah, Anda dapat menentukan jumlah persentase pembayaran untuk masing-masing pelanggan pada bagian Persentase. Pembagian persentase akan sesuai jumlah pelanggan yang sudah di bagi pada bagian Jumlah Orang yang Akan Dipisah.

Jika sudah klik Konfirmasi.

Transfer Item

Anda dapat memindahkan suatu pesanan menu makanan dari suatu meja ke meja lain yang aktif dengan fitur ini. Untuk mengaksesnya, Anda dapat mengklik Transfer Item.

Anda dapat mengklik Meja Utama untuk menentukan meja mana yang menu makanannya akan ditransfer ke meja lain. (Dalam hal ini meja C2 menjadi Table Origin).

Setelah itu pilih meja tujuan pada bagian Pindahkan Meja Ke. Meja yang dapat dipilih adalah meja yang sudah aktif dan memiliki pesanan (Dalam hal ini meja yang menjadi tujuan adalah meja A3).

Setelah itu, Anda juga dapat mengatur jumlah pax (Jika ada pelanggan tambahan di meja tujuan).

Pilih menu makanan yang akan Anda transfer ke meja tujuan pada bagian Pilih Barang lalu klik Konfirmasi.

📌 Menu makanan yang ditransfer secara otomatis akan masuk ke tagihan meja tujuan.

Checkout Meja

Fitur ini berguna untuk mendata bahwa meja telah kosong setelah pelanggan menyelesaikan pembayaran dan meninggalkan meja.

Fitur ini bisa digunakan setelah pelanggan menyelesaikan pembayaran dan indikator meja sudah berubah menjadi warna hijau.

Untuk mengakses fitur ini, Anda dapat masuk ke menu Checkout Meja yang ada di dalam fitur Actions.

Anda dapat memilih meja yang sudah menyelesaikan pembayaran lalu klik Konfirmasi.

Setelah itu klik Konfirmasi, maka meja yang sudah Checkout akan berubah statusnya menjadi Tersedia pada halaman awal.

Akses Tindakan Lainnya

Selain lewat menu Tindakan, beberapa akses Tindakan juga bisa diakses melalui Layanan Cepat (Untuk pesanan Take Away) dan Lihat Tagihan (Untuk pesanan Dine-In). Fitur Action yang tersedia di dalam Layanan Cepat dan Lihat Tagihan adalah Tindakan yang Disarankan dan Tindakan yang Sering Digunakan, berikut penjelasannya:

Tindakan yang Disarankan

  • Cek Tagihan untuk Set: Fitur ini berfungsi untuk menampilkan bills dari meja yang Anda pilih.

  • Cetak Tagihan: Anda dapat mencetak bill pesanan secara langsung.

  • Checkout: Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mendata pelanggan yang sudah keluar dari restoran Anda berdasarkan meja.

Tindakan yang Sering Digunakan

  • Hapus Keranjang: Anda dapat menghapus pesanan pada keranjang tanpa membatalkan order.

  • Tambah Catatan: Anda dapat menambahkan catatan untuk suatu pesanan secara keseluruhan.

  • Tambah Produk Kustom: Anda dapat menambahkan produk yang tidak ada di dalam menu serta mengatur harga dan SKU produk tersebut.

  • Tambah Pelanggan: Anda dapat menambahkan pelangan yang sudah masuk ke dalam data pelanggan atau pelanggan baru sebagai pemilik pesanan.

  • Ubah Jumlah # Pax: Anda dapat menggati jumlah pelanggan dalam suatu meja.

  • Ganti Pramusaji: Fitur ini berfungsi untuk mengganti pelayan ketika POS berpindah tangan dari satu pelayan ke pelayan lain.

  • Cetak Ulang Tiket Pesanan: Anda dapat mencetak ulang tiket pesanan.

  • Cetak Ulang Tiket Dapur: Anda dapat mencetak ulang tiket pesanan ke dapur.

  • Batalkan Pesanan: Fitur ini berfungsi untuk membatalkan pesanan.

  • Ganti Tipe Pesanan: Anda dapat mengganti jenis pesanan menjadi Delivery, Pick Up, GoFood, GrabFood, ShopeeFood, TravelokaEats dan pilihan yang Anda Custom (Fitur ini akan aktif jika tipe pesanan adalah Take Away).

Sekian artikel tentang fitur Tindakan (Actions) di iSeller F&B Premium. Klik link ini untuk mengetahui lebih banyak terkait fitur Reservasi Meja di iSeller F&B Premium.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?