Fitur Lihat Tagihan merupakan fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengontrol tagihan dari berbagai meja pelanggan dalam satu halaman.
Untuk masuk ke fitur ini, pastikan sudah ada pesanan yang aktif dari beberapa meja pelanggan. Fitur ini terletak di bagian bawah halaman awal POS iSeller F&B Premium seperti yang tertera di dalam kotak berwarna merah.
Pantau Tagihan dari Berbagai Meja
Tampilan dari fitur Lihat Tagihan akan menghadirkan tagihan dari berbagai meja. Anda dapat memantau tagihan dari berbagai meja pada informasi yang disajikan di bagian kiri POS seperti yang tertera di dalam kotak berwarna merah berikut:
Anda juga dapat mencari tagihan berdasarkan kode meja pada kolom pencarian.
Di dalam fitur ini, Anda dapat mengetahui beberapa informasi dari berbagai meja seperti berikut:
Pax: Informasi mengenai berapa pelanggan yang ada pada suatu meja.
Item: Jumlah menu makanan yang menjadi pesanan dari suatu meja.
Waktu: Informasi mengenai waktu pemesanan pelanggan pada suatu meja.
Total Tagihan: Jumlah total dari tagihan yang harus dibayarkan pelanggan di masing-masing meja.
Menu pada Fitur Tagihan
Fitur menu pada Lihat Tagihan berfungsi untuk menambah pesanan menu makanan setelah pelanggan Anda melakukan pemesanan di awal.
Memilih Menu Tambahan
Anda dapat menggunakan fitur ini dengan memilih meja yang akan menambah pesanan lalu mengklik Menu.
Selanjutnya, fitur ini akan menyajikan Menu Makanan yang dapat dipilih. Selain mengatur seluruh menu makanan dalam satu tampilan di fitur Menu, Anda juga dapat membuat shortcut tindakan di dalam fitur ini.
Anda dapat memilih beberapa makanan untuk meja yang ingin menambah pesanan lalu mengklik Kirim ke Dapur.
Fitur Actions pada Menu Lihat Tagihan
Fitur Actions pada Menu dalam Lihat Tagihan berguna jika Anda ingin memberi tindakan atas suatu pesanan Dine-In. Beberapa penjelasannya dapat disimak sebagai berikut:
Tindakan yang Disarankan
Tinjau Tagihan untuk Set: Fitur ini berfungsi untuk menampilkan tagihan dari meja yang Anda pilih.
Cetak Tagihan: Anda dapat mencetak tagihan pesanan secara langsung.
Checkout: Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mendata pelanggan yang sudah keluar dari restoran Anda berdasarkan meja.
Tindakan yang Sering Digunakan
Hapus Keranjang: Anda dapat menghapus pesanan pada keranjang tanpa membatalkan order.
Tambah Catatan: Anda dapat menambahkan catatan untuk suatu pesanan secara keseluruhan.
Tambah Produk Khusus: Anda dapat menambahkan produk yang tidak ada di dalam menu serta mengatur harga dan SKU produk tersebut.
Tambah Pelanggan: Anda dapat menambahkan pelangan yang sudah masuk ke dalam data pelanggan atau pelanggan baru sebagai pemilik pesanan.
Ganti # Pax : Anda dapat menggati jumlah pelanggan dalam suatu meja.
Ganti Pelayan: Fitur ini berfungsi untuk mengganti pelayan ketika POS berpindah tangan dari satu pelayan ke pelayan lain.
Cetak Ulang Tiket Pemesanan: Anda dapat mencetak ulang tiket pesanan.
Cetak Ulang Tiket Dapur: Anda dapat mencetak ulang tiket pesanan ke dapur.
Batalkan Pesanan: Fitur ini berfungsi untuk membatalkan pesanan.
Ganti Tipe Pesanan: Anda dapat mengganti jenis pesanan menjadi Delivery, Pick Up, GoFood, GrabFood, ShopeeFood, TravelokaEats dan pilihan yang Anda Custom (Fitur ini akan aktif jika tipe pesanan adalah Take Away).
Manajemen Tabel & Tagihan
Ganti Meja
Gabung Meja
Bagi Mej
Riwayat Tindakan Meja
Gabung Tagihan
Bagi Tagihan
Transfer Item
Penjelasan mengenai fitur Manajemen Tabel & Tagihan akan dijelaskan secara terpisah.
Tinjau Tagihan
Di dalam fitur Menu dalam Lihat Tagihan, Anda juga dapat melihat detail dari total tagihan meja pelanggan. Caranya adalah dengan mengklik kode meja > klik Menu > Tinjau Tagihan.
Maka tampilan yang akan dihasilkan akan tampak seperti berikut:
Diskon
Anda juga dapat memberi diskon kepada pelanggan pada bagian Tinjau Tagihan. Anda cukup mengklik Diskon yang ada di dalam kotak berwarna merah.
Setelah itu, Anda dapat memilih jenis diskon yang akan Anda berikan yaitu Pilih Diskon dan Kustomisasi Diskon.
Jika Anda memilih Plilih Diskon, artinya Anda menggunakan diskon yang sudah Anda buat dan masih berlaku. Caranya adalah klik Pilih Diskon > Pilih diskon pada Daftar Diskon lalu klik Konfirmasi.
Jika Anda memilih Kustomisasi Diskon, Anda dapat membuat diskon baru berdasarkan jumlah ataupun persentase.
Untuk membuat diskon berdasarkan jumlah, klik Berdasarkan Jumlah > Masukkan Nama Diskon > Masukkan jumlah diskon lalu klik Konfirmasi.
Untuk membuat diskon berdasarkan persentase, klik Berdasarkan Persentase > Masukkan Nama Diskon > Masukkan persentase diskon lalu klik Konfirmasi.
Cetak Tagihan
Anda dapat langsung mencetak tagihan dari pelanggan dengan satu kali klik. Caranya dengan memilih tagihan mana yang akan Anda cetak lalu mengklik Cetak Tagihan seperti yang tertera di dalam kotak bewarna merah.
Payment
Jika seluruh pesanan pelanggan telah selesai, Anda dapat menyediakan proses pembayaran bagi pelanggan dengan mengklik Bayar.
Anda dapat menyesuaikan jenis pembayaran berdasarkan pelanggan Anda. Terdapat beberapa pilihan seperti Pembayaran Kartu, Dompet Digital dan Tunai.
Di dalam menu pembayaran tunai, Anda dapat memilih jumlah penggenapan dari nominal pesanan atau memasukkan jumlah sesuai yang dibayarkan oleh pengguna.
Setelah itu, tampilan akan menjadi seperti berikut jika pembayaran telah selesai.
Data Pelanggan dan Loyalti
Pada bagian pembayaran, Anda juga bisa memasukkan data pelanggan dengan mengklik Tambah Pelanggan.
Anda dapat memilih data pelanggan yang sudah tersimpan untuk sebuah pesanan atau menambahkan data pelanggan jika pelanggan merupakan pelanggan baru. Untuk menambahkan pelanggan, klik Tambah Pelanggan Baru > Masukkan data yang diperlukan > Konfirmasi.
Sekian artikel tentang fitur Lihat Tagihan (View Bills) di iSeller F&B Premium. Klik link ini untuk mengetahui lebih banyak terkait fitur Tindakan (Action) di iSeller F&B Premium.
Perlu bantuan lain?
Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.