Lewati ke konten utama
Semua KoleksiiSeller F&B Premium
Layanan Cepat (Quick Service) - iSeller F&B Premium
Layanan Cepat (Quick Service) - iSeller F&B Premium

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari berbagai fitur yang dapat Anda gunakan pada menu Layanan Cepat di POS iSeller F&B Premium

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Di POS iSeller F&B Premium, Anda akan mendapatkan beberapa fitur yang memudahkan Anda untuk mengakses berbagai pengaturan dalam satu halaman. Salah satunya adalah fitur Layanan Cepat yang memungkinkan Anda memroses pesanan hingga melakukan beberapa tindakan dengan mudah. Fitur ini sangat berguna untuk Anda mempercepat layanan take away.

Untuk mengakses fitur ini, Anda dapat klik Layanan Cepat yang berada di pojok kiri bawah pada halaman awal POS, seperti yang tertera di dalam kotak merah.

Memilih Menu dan Tindakan dalam Satu Tampilan

Untuk mengakses Menu, Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik Menu seperti yang ada di dalam kotak merah.

Di dalam fitur ini, Anda dapat memilih berbagai menu makanan yang sudah Anda atur untuk restoran Anda.

Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk membuat grup menu makanan. Dalam hal ini Anda dapat membuat grup menu makanan dengan sub-menu sebanyak 4 bagian di dalamnya, berikut contohnya:

Pada contoh tersebut, grup menu makanan yang ada adalah Birthday Menu, Party Snack, Best Seller dan Chef’s Specialities.

Anda juga dapat mengatur sub-menu dari menu makanan yang berada di tampilan awal. Nantinya, jika Anda mengklik menu makanan yang dilengkapi sub-menu, maka akan tampil beberapa pilihan seperti seperti gambar berikut:

Mengatur Jumlah Pesanan, Ukuran, Varian dan Modifier

Selain membuat sub-menu, Anda juga dapat mengatur jumlah pesanan, ukuran, varian dan modifier pada sub-menu.

Caranya adalah dengan mengklik logo titik tiga yang ada di dalam sub-menu (Dalam hal ini contohnya adalah sub-menu Shrimp Salad).

Anda dapat mengatur jumlah pesanan dengan mengklik ikon (+) atau menguranginya dengan mengklik ikon (-).

Ukuran dari suatu pesanan juga dapat Anda pilih dengan mengklik salah satu pilihan pada bagian Ukuran seperti yang tertera di dalam kotak merah.

Pada bagian ini Anda juga dapat mengatur Modifier dari menu makanan.

Dalam contoh berikut, Modifier yang digunakan adalah toping salad berupa telur, Anda dapat memilih tingkat kematangan telur sesuai permintaan pelanggan Anda. Untuk memilihnya perhatikan bagian yang berada di dalam kotak merah berikut:

Jika sudah memilih jumlah pesanan, ukuran, varian dan modifier, Anda dapat memasukkan pesanan ke dalam keranjang dengan mengklik Selesai.

Maka menu yang sudah dipilih akan otomatis masuk ke dalam keranjang.

Tindakan dalam Fitur Menu

Selain mengatur menu makanan dalam satu tampilan di fitur Menu, Anda juga dapat membuat shortcut Tindakan di dalam fitur ini. Nantinya, tampilan fitur Menu yang sudah dilengkapi shortcut Tindakan menjadi seperti berikut:

Dalam contoh tersebut, beberapa shortcut Tindakan yang ada adalah Gabung Meja, Tambah Catatan, Tambah Pramusaji, Tambah Pelanggan, Batalkan Pesanan, Ubah Meja, Pisah Meja, Pisah Tagihan, Transfer Item, Checkout serta beberapa Promosi dan Diskon.

Fitur Tindakan dalam Layanan Cepat

Pada bagian Tindakan yang ada di dalam Layanan Cepat, Anda dapat memilih berbagai tindakan untuk pesanan pelanggan. Beberapa tindakan yang ada pada bagian ini dapat Anda cermati dalam penjelasan berikut:

Tindakan yang Disarankan

  • Tinjau Tagihan untuk Set: Fitur ini berfungsi untuk menampilkan bills dari meja yang Anda pilih (Fitur ini akan aktif untuk tipe pesanan Dine-In).

  • Cetak Tagihan: Anda dapat mencetak bill terhadap pesanan take away secara langsung.

  • Checkout: Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mendata pelanggan yang sudah keluar dari restoran Anda berdasarkan meja (Fitur ini akan aktif untuk tipe pesanan Dine-In).

Tindakan yang Sering Digunakan

  • Hapus Keranjang: Anda dapat menghapus pesanan pada keranjang tanpa membatalkan order.

  • Tambah Catatan: Anda dapat menambahkan catatan untuk suatu pesanan secara keseluruhan.

  • Tambah Produk Kustom: Anda dapat menambahkan produk yang tidak ada di dalam menu serta mengatur harga dan SKU produk tersebut.

  • Tambah Pelanggan: Anda dapat menambahkan pelangan yang sudah masuk ke dalam data pelanggan atau pelanggan baru sebagai pemilik pesanan.

  • Ganti # Pax: Anda dapat menggati jumlah pelanggan dalam suatu meja (Fitur ini akan aktif untuk tipe pesanan Dine-In).

  • Ganti Pramusaji: Fitur ini berfungsi untuk mengganti pelayan ketika POS berpindah tangan dari satu pelayan ke pelayan lain.

  • Cetak Ulang Tiket Pesanan: Anda dapat mencetak ulang tiket pesanan.

  • Cetak Ulang Tiket Dapur: Anda dapat mencetak ulang tiket pesanan ke dapur (Fitur ini akan aktif untuk tipe pesanan Dine-In).

  • Batalkan Pesanan: Fitur ini berfungsi untuk membatalkan pesanan.

  • Ganti Tipe Pesanan: Anda dapat mengganti jenis pesanan menjadi Delivery, Pick Up, GoFood, GrabFood, ShopeeFood, TravelokaEats dan pilihan yang Anda kustom.

Manajemen Tabel & Tagihan

  • Ganti Meja

  • Gabung Meja

  • Bagi Meja

  • Riwayat Tindakan Meja

  • Gabung Tagihan

  • Bagi Tagihan

  • Transfer Item

πŸ“Œ Penjelasan mengenai fitur Manejemen Tabel & Tagihan akan dijelaskan secara terpisah.

Catatan untuk Menu Makanan dan Catatan untuk Seluruh Pesanan

Anda dapat menambahkan catatan pada menu makanan yang dipilih pelanggan atau pada seluruh pesanan dalam satu catatan. Berikut penjelasannya:

Catatan untuk Menu Makanan

Anda dapat menambahkan catatan untuk menu makanan dengan mengklik menu makanan yang ada di dalam keranjang.

Setelah itu Anda dapat mengklik Catatan dan menambahkan catatan. Jika sudah, Anda dapat melanjutkannya dengan mengklik Selesai.

Catatan untuk Seluruh Pesanan

Untuk menambahkan catatan untuk seluruh pesanan, Anda dapat mengklik Tindakan setelah menambahkan beberapa menu makanan ke dalam keranjang.

Setelah itu, pilih Tambah Catatan yang ada di bagian Tindakan yang Sering Digunakan lalu tambahkan catatan.

Jika sudah, klik Konfirmasi maka catatan akan otomatis ada di dalam keranjang.

Diskon untuk Take Away

Jika Anda ingin memasukkan Diskon pada pesanan take away dalam menu Layanan Cepat, Anda dapat mengklik Discount yang ada di dalam kotak merah setelah memilh menu makanan.

Anda dapat memilih Diskon yang sudah Anda buat dengan mengklik Pilih Diskon > Pilih diskon yang ada dalam Daftar Diskon.

Selain itu, Anda juga dapat membuat diskon dengan memilih Kustomisasi Diskon.

Ketika memilih Kustomisasi Diskon, Anda dapat menentukan diskon yang akan Anda buat.

Jika Anda ingin membuat diskon berdasarkan jumlah maka klik Berdasarkan Jumlah. Setelah itu Anda dapat memasukan nama diskon dan nominal diskon yang Anda akan berikan.

Jika Anda ingin membuat diskon berdasarkan jumlah maka klik Berdasarkan Persentase. Setelah itu Anda dapat memasukkan nama diskon dan persentase diskon yang Anda akan berikan.

Setelah itu, jika diskon sudah aktif maka tampilan akan menjadi seperti berikut:

Pembayaran

Jika seluruh pesanan di keranjang sudah dimasukkan, Anda dapat melanjutkannya ke proses pembayaran oleh pelanggan. Caranya dengan mengklik Bayar seperti yang tertera di dalam kotak merah.

Anda dapat menyesuaikan jenis pembayaran berdasarkan pelanggan Anda. Terdapat beberapa pilihan seperti Pembayaran Kartu, Dompet Digital dan Tunai.

Di dalam menu pembayaran tunai, Anda dapat memilih jumlah penggenapan dari nominal pesanan atau memasukkan jumlah sesuai yang dibayarkan oleh pengguna.

Setelah itu, tampilan akan menjadi seperti berikut jika pembayaran telah selesai.

Data Pelanggan dan Loyalti

Pada bagian pembayaran, Anda juga bisa memasukkan data pelanggan dengan mengklik Tambah Pelanggan.

Anda dapat memilih data pelanggan yang sudah tersimpan untuk sebuah pesanan atau menambahkan data pelanggan jika pelanggan merupakan pelanggan baru. Untuk menambahkan pelanggan, klik Tambah Pelanggan Baru > Masukkan data yang diperlukan > Konfirmasi.

Sekian artikel tentang fitur Layanan Cepat di iSeller F&B Premium. Klik link ini untuk mengetahui lebih banyak terkait fitur Lihat Tagihan di iSeller F&B Premium.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?