Lewati ke konten utama
Semua KoleksiiSeller F&B Premium
Proses Pesanan - iSeller F&B Premium
Proses Pesanan - iSeller F&B Premium

Artikel ini membahas tentang cara memroses pesanan dari awal hingga akhir yaitu pembayaran oleh pelanggan di iSeller F&B Premium

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Sebagai pemilik restoran, Anda pasti ingin proses pelayanan pelanggan berjalan lancar. Artikel ini dirancang khusus untuk membantu Anda menguasai cara memproses pesanan menggunakan POS F&B Premium iSeller. Di mana Anda dapat mengelola pesanan dengan cepat dan tepat, sehingga pelanggan merasa puas.

Untuk informasi lebih lanjut, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Buka aplikasi POS iSeller F&B Premium > Masukkan email, kata sandi, dan nama restoran Anda > Klik Konfirmasi

Langkah 2: Kemudian, pilih Outlet di mana POS tersebut digunakan > lalu klik Selesai

Langkah 3: Selanjutnya, akan muncul tampilan utama dari iSeller F&B Premium berupa layout meja restoran Anda. Contoh seperti gambar di bawah ini.

Langkah 4: Kemudian, kasir atau pelayan dapat memulai pesanan dengan klik Masuk pada sisi kanan atas POS.

Langkah 5: Masukkan PIN.

📌 Catatan:

  • Masing-masing PIN mengasosiasikan pelayan yang berbeda

  • Pelayan yang sudah masuk sebelumnya akan otomatis keluar setelah tidak ada aktivitas dalam 30 detik. Pelayan lain bisa cepat masuk kembali hanya dengan memasukkan PIN. Hal ini memudahkan mobilitas pergantian pelayan dalam waktu singkat di satu perangkat.

Langkah 6: Jika Anda ingin memroses pesanan take away, silakan klik Layanan Cepat*.* Jika Anda ingin memroses pesanan Dine In Anda bisa klik meja yang diduduki pelanggan tersebut. Misal, pelanggan duduk di meja A1

Pesanan Dine-In

Langkah 1: Pilih meja pelanggan > masukkan menu sesuai pesanan pelanggan. Misal, pelanggan duduk di meja A1

Langkah 2: Pada menu terpilih, jika item tersebut memiliki varian, pilih variannya, kuantitas, hingga catatan jika diperlukan.

Langkah 3: Kemudian, klik Selesai.

📌 Catatan: Anda bisa menghapus item yang sudah masuk keranjang dengan cara geser ke kiri pada item yang ingin dihapus > Klik Void.

Langkah 4: Selanjutnya, setelah memastikan pesanan sesuai dengan keinginan pelanggan, klik Kirim ke Dapur (Jumlah Items) agar pesanan masuk ke dapur dan bisa segera dimasak.

Langkah 5: Lalu, jika Anda ingin mengedit pesanan (seperti menambahkan item, memilih tindakan pada pesanan, hingga melakukan pembayaran) setelah pesanan dikirim ke dapur, Anda dapat kembali ke halaman utama dan pilih meja pelanggan tersebut.

Langkah 6: Kemudian, Anda akan langsung diarahkan ke tampilan menu-menu untuk mengedit atau menambahkan item dari pesanan tersebut.

Langkah 7: Pilih item baru jika pelanggan ingin menambahkan pesanan atau klik item yang sudah dipilih jika Anda ingin mengedit item tersebut.

📌 Catatan: Anda bisa mengedit item secara spesifik, seperti mengubah tipe pesanan (Dine In, Take away, dan lainnya), hingga memasukkan catatan khusus item tersebut.

Langkah 8: Selain itu, Anda bisa melakukan tindakan pada pesanan tersebut.

📌 Tindakan disarankan:

  • Review Bill untuk Settlement= Meninjau tagihan untuk diproses ke pembayaran

  • Cetak Tagihan = Mencetak tagihan pesanan

Tindakan yang biasa digunakan:

  • Tambahkan Catatan = Menambahkan catatan untuk satu pesanan secara umum

  • Tambahkan Produk Kustom = menambahkan produk khusus sesuai permintaan pelanggan

  • Tambahkan Pelanggan = Menambahkan data pelanggan (Baru atau yang sudah tersedia)

  • Ubah #Pax = Ubah jumlah orang atau pelanggan

  • Ubah Pelayan = Ubah pelayan di tengah proses pesanan

  • Cetak Ulang Tiket Pesanan = Mencetak ulang tiket pesanan

  • Cetak Ulang Tiket Dapur = Mencetak ulang tiket dapur

  • Void Pesanan = Batalkan atau hapus item dari pesanan

Manajemen meja dan tagihan

  • Ubah meja = Mengubah nomor atau tempat meja yang diduduki pelanggan

  • Gabung meja = Menggabungkan dua atau lebih meja aktif menjadi satu meja dan satu nomor pesanan

  • Pisah meja = memisahkan satu meja menjadi dua atau lebih sehingga no pesanan pun menjadi dua atau lebih sesuai no meja

  • Riwayat tindakan pada meja = Melihat riwayat tindakan (action) yang terjadi pada suatu meja

  • Gabung tagihan = Menggabungkan dua atau lebih tagihan menjadi satu

  • Pisah tagihan = Memisahkan satu tagihan menjadi dua atau lebih

  • Pindahkan item = Memindahkan item dari satu meja aktif ke meja aktif lainnya.

Langkah 9: Jika Anda ingin menyelesaikan pesanan tersebut, klik Tinjau Tagihan.

Langkah 10: Setelah itu maka tagihan pelanggan Anda pada meja yang dipilih akan muncul, klik Bayar untuk menyelesaikan.

📌 Catatan: Untuk memasukkan atau mengubah diskon dan penerapan pajak klik di sini [attach link to the disc section below].

Pembayaran

Setelah meninjau tagihan, Anda dapat melanjutkan langkah ke proses pembayaran seperti berikut.

Langkah 1: Selanjutnya, Anda dapat menambahkan keanggotaan pelanggan dengan klik Tambahkan Pelanggan

Langkah 2: Masukkan data pelanggan baru atau pilih pelanggan yang sudah terdaftar

📌 Catatan: Dengan memasukkan data pelanggan, pelanggan bisa mendapatkan poin loyalti dan menggunakannya untuk pembayaran atau promosi sesuai ketentuan yang berlaku.

Atur Program Loyalti Poin Anda di sini.

Langkah 13: Terakhir, pilih metode pembayaran yang diinginkan pelanggan, dan pesanan pun selesai.

Lihat Tagihan

Langkah 1: Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan edit pesanan dengan cara klik Lihat Tagihan pada halaman utama > lalu pilih nomor pesanan yang ingin diedit.

Langkah 2: Kemudian, Klik Menu jika ingin menambahkan pesanan atau mengedit item yang sudah terpesan, klik Cetak Tagihan untuk mencetak tagihan tersebut, atau klik Bayar Rp(Nominal Pembayaran) untuk melakukan pembayaran.

Pesanan Take Away

Langkah 1: Pada halaman utama, klik Layanan Cepat (Quick Service).

Langkah 2: Kemudian, pilih item sesuai pesanan pelanggan.

Langkah 3: Lalu pilih varian > masukkan kuantitas > diskon & pajak, hingga catatan jika diperlukan.

Langkah 4: Setelah itu, klik Selesai dan pesanan akan masuk ke keranjang

Langkah 5: Jika semua item sudah masuk ke keranjang > klik Bayar (nominal pembayaran)

Langkah 6: Kemudian lakukan pembayaran seperti langkah yang telah dijelaskan pada bagian Pembayaran.

Diskon dan Pajak

Anda dapat menambahkan atau mengubah diskon dan pajak sebelum masuk ke proses Pembayaran.

Diskon

Untuk mengatur diskon, klik Diskon seperti yang ada di dalam kotak berwarna merah.

Jika Anda ingin memilih diskon yang sudah ada, masuk ke opsi Pilih Diskon.

Setelah itu Anda bisa mencari diskon yang sudah ada pada kolom pencarin dan memilih diskon yang ada.

Klik Konfirmasi jika diskon sudah dipilih.

Selain memilih diskon yang sudah ada, Anda juga dapat mengkustomisasi diskon dengan memilih opsi Kustomiasasi Diskon. Pada opsi ini, Anda dapat memilih kustomisasi diskon berdasarkan Jumlah dan Persentase.

Jika Anda memilih opsi Jumlah, Anda dapat menentukan nama diskon dan jumlah diskon yang diberikan pada pelanggan.

Jika Anda memilih opsi Persentase, Anda dapat meenntukan nama diskon dan persentase diskon yang diberikan pada pelanggan.

Pajak

Untuk mengatur pajak, Anda dapat masuk ke menu Pajak seperti yang ada di dalam kotak merah.

Pada menu ini, Anda dapat memilih opsi PPN yang sudah diatur secara default. Selain itu, Anda juga bisa mengkustomisasi besaran pajak lewat menu Kustomisasi.

Pada opsi Kustomisasi, Anda dapat memberi nama pajak dan memasukkan besaran persentase pajak.

Sekian artikel tentang Proses Pesanan di iSeller F&B Premium. Klik link ini untuk mengetahui bagaimana sistem Manajemen Meja di iSeller F&B Premium.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?