Lewati ke konten utama
Semua KoleksiAdd-OnIntegrasi Accounting - Accurate
Pemetaan Akuntansi Marketplace - (Accurate)
Pemetaan Akuntansi Marketplace - (Accurate)

Saat ini Anda dapat memetakan beban yang Anda tanggung dari marketplace menyinkronisasi hasil perhitungannya dengan mudah di Accurate

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memetakan beban tanggungan dari penjualan marketplace yang masuk ke akun iSeller Anda. Hal ini agar laporan akuntansi Anda di Accurate juga menjadi sesuai dengan hasil penjualan dan pendapatan bersih yang Anda terima.

Untuk memulai pemetaannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Masuk ke bagian Apps lalu pilih Accurate.

Langkah 2: Setelah itu, lihat bagian Pemetaan Channel dan Outlet. Pilih Channel berupa marketplace yang Anda akan petakan. Dalam hal ini yang menjadi contoh adalah Shopee.

Langkah 3: Kemudian, Di bawah menu Akun Transaksi, Anda akan menemukan tombol aktivasi untuk Akun Marketplace. Perhatikan gambar di bawah ini.

πŸ“Œ Jika toggle Akun Marketplace tidak aktif maka yang akan tersinkronisasi hanya informasi pesanan dan pembayaran tanpa hasil bersih yang sudah dipotong biaya admin dan lain-lain.

Langkah 4: Atur pemetaan akuntansi akun marketplace sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 5: Setelah mengisi semua kolom, Anda dapat menyimpan pengaturan tersebut.

Langkah 6: Jika pengaturan sudah disimpan maka tampilan Pemetaan Channel dan Outlet akan otomatis menjadi seperti berikut:

Langkah 7: Pengaturan Pemetaan Akuntansi Marketplace yang sudah aktif akan langsung otomatis teraplikasi di Accurate. Nantinya, bagian tersebut akan menampilkan total pembayaran yang Anda dapat (sudah otomatis terpotong sesuai pengaturan beban potongan yang sudah Anda terapkan sebelumnya, seperti diskon, dan lainnya).

Dalam hal ini faktur di Accurate secara otomatis akan menyinkronisasi pesanan, pembayaran, dan hasil akhir setoran (Payout).

πŸ“Œ Apabila Pemetaan Akuntansi Marketplace aktif, maka informasi pesanan, pembayaran, dan hasil bersih penghasilan atau setoran akan otomatis tersinkronisasi pada Accurate secara real-time. Hal ini berbeda jika Pemetaan Akuntansi Marketplace tidak aktif, di mana informasi yang tersinkronisasi hanya terkait pesanan dan pembayaran (total yang dibayarkan pelanggan tanpa potongan biaya admin, dan lainnya).

Aktifkan Penundaan Sinkronisasi Akun Marketplace

Terdapat fitur untuk menunda sinkronisasi pemetaan akuntansi Marketplace. Di mana, Anda dapat menunda perhitungan pembayaran agar dihitung sekaligus setelah pembayaran dari marketplace sudah selesai (pesanan diterima pelanggan dan dana ditransfer ke penjual). Secara default, fitur ini tidak aktif.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menyalakan toggle Aktifkan Penundaan sinkronisasi Akun Marketplace > Simpan pada menu Sinkronisasi.

πŸ“Œ Jika fitur ini aktif maka hanya informasi pesanan yang tersinkronisasi dengan Accurate secara real-time. Sehingga, status pembayaran belum lunas dan Faktur Penerimaan Penjualan belum tersedia di Accurate.
​
Untuk Informasi pembayaran serta data Penerimaan Penjualan baru akan tersedia setelah status pesanan β€œlunas” di mana pesanan sudah diterima pelanggan dan dana ditransfer ke penjual.

Tampilan Accurate jika fitur Penundaan sinkronisasi Akun Marketplace nonaktif

Tampilan Accurate jika fitur Penundaan sinkronisasi Akun Marketplace aktif.

Sekian penjelasan mengenai Pemetaan Akuntansi Marketplace di iSeller untuk Accurate. Semoga artikel ini bermanfaat!


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?