Dalam melakukan integrasi dengan Accurate, Anda perlu melakukan pemetaan outlet yang Anda miliki di iSeller untuk diintegrasikan dengan database Accurate yang sudah terhubung. Selain outlet, Anda juga dapat melakukan pemetaan pada online store atau channel penjualan lainnya yang Anda miliki.

Nantinya, proses bisnis yang terjadi pada outlet, online store, atau channel penjualan lainnya tersebut akan dapat tercatat secara akuntansi di Accurate.

Untuk dapat melakukan pemetaan outlet, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1 : Pada panel Channel and Outlet Mapping (Pemetaan Outlet dan Channel), pilih outlet atau channel yang ingin Anda integrasikan.

Lalu, pilih Add (Tambah).

Langkah 2 : Kemudian akan muncul pop up halaman pemetaan akun. Anda perlu melakukan pemetaan akun dari Outlet atau Channel yang sudah Anda pilih seperti gambar berikut.

Isilah data-data pemetaan akun yang terdiri dari Branch, Warehouse, iSeller Pay MDR Account, Payout Account, Payment Account, dan Sales Account. Beberapa akun pembayaran dan penjualan sudah diatur secara default oleh iSeller untuk mempermudah Anda melakukan pemetaan.

Langkah 3 : Tentukan Branch (Cabang) dan Warehouse (Gudang) yang akan diintegrasikan data dan inventarisnya dengan Accurate.

  • Branch (Cabang): Pada kolom ini, Anda diwajibkan untuk memilih cabang yang sudah Anda buat di Accurate atau Anda dapat menambahkannya langsung pada halaman tersebut. Untuk mengatur daftar cabang pada toko Anda seperti membuat cabang, mengubah cabang, dan menghapus cabang silahkan kunjungi artikel Cabang.

  • Warehouse (Gudang): Pada kolom ini, Anda diwajibkan untuk memilih gudang yang sudah Anda buat di Accurate atau Anda dapat menambahkannya langsung pada halaman tersebut. Untuk mengatur daftar gudang pada toko Anda seperti membuat gudang, mengubah gudang, dan menghapus gudang silahkan kunjungi artikel Gudang.

Langkah 4 : Tentukan iSeller Pay MDR Account. Pada kolom ini, Anda perlu melakukan pemetaan pembayaran iSeller Pay yang payout nya akan masuk terlebih dahulu ke akun iSeller dan kemudian iSeller akan melakukan settlement ke akun Anda.

Kemudian, tentukan Payout Account (Akun Payout).

Langkah 5 : Tentukan Payment Account (Akun Pembayaran). Pada kolom ini, Anda dapat melakukan pemetaan pembayaran sesuai keinginan Anda dengan nama-nama akun (COA) yang tersedia.

Langkah 6 : Tentukan Sales Account (Akun Penjualan). Pada kolom ini Anda dapat melakukan pemetaan akun penjualan sesuai dengan keinginan Anda dengan nama-nama akun (COA) yang tersedia.

Jika semua sudah dilakukan pemetaan, silahkan pilih tombol Save (Simpan).

Langkah 7 : Jika sudah ada tanda tambah pada outlet yang Anda integrasikan, berarti outlet Anda sudah berhasil di integrasikan.

Silahkan pilih tombol Activate (Aktivasi) seperti pada gambar di bawah untuk menyelesaikan proses Pemetaan Outlet.

Perlu diketahui, jika Anda ingin menambahkan outlet atau channel baru yang ingin diintegrasikan dengan Accurate, Anda perlu memerhatikan hal di bawah ini :

  • Outlet : Jika Anda ingin menambahkan outlet baru untuk diintegrasikan dengan Accurate, maka Anda perlu memilih atau membuat gudang yang berbeda dikarenakan satu outlet diperuntukkan untuk satu gudang saja.

  • Online Store dan Channel Penjualan lain : Jika Anda ingin menambahkan online store atau channel penjualan lainnya untuk diintegrasikan dengan Accurate, maka Anda dapat memilih gudang yang sama dengan outlet.

Gambar diatas menunjukkan jika Main Outlet dan Outlet Kelapa Gading menggunakan gudang yang berbeda. Sedangkan, Online Store dapat memilih gudang yang sama yang tersedia.

Selain itu, iSeller memberikan integrasi untuk outlet pertama secara gratis. Jika Anda mengaktifkan integrasi lebih dari satu outlet, maka akan ada biaya tambahan untuk outlet kedua dan selanjutnya.

Kemudian, jika Anda ingin membuat daftar nama-nama akun secara akuntansi (COA) sesuai keinginan dan jenis bisnis Anda, Anda dapat membuat daftar akunnya terlebih dahulu di Accurate sesuai keinginan Anda. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi artikel Pengertian Chart of Account (COA).

Pemetaan Outlet di iSeller ke Accurate sudah selesai. Langkah selanjutnya, Anda dapat melakukan Pemetaan Produk antara iSeller dengan Accurate.

Untuk lebih memahami Pemetaan Outlet di iSeller ke Accurate. Anda dapat melihat video di bawah ini.

Apakah Anda menemukan jawaban?