Setelah Anda mempelajari bagaimana melakukan pemetaan outlet, langkah selanjutnya untuk melakukan integrasi dengan Accurate adalah melakukan pemetaan produk. Anda dapat menyamakan produk beserta stok awal antara iSeller dengan Accurate dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah 1 : Pada Menu Apps > Accurate, Pilih tombol Validate Product.

Langkah 2 : Kemudian, akan muncul pop up baru seperti gambar berikut.

Terdapat dua jenis validasi yang dapat Anda lakukan yaitu :

  • Anda memiliki produk di iSeller, tetapi tidak memilikinya di Accurate sehingga Anda perlu melakukan impor produk dari iSeller ke Accurate.

  • Anda memiliki produk di Accurate, tetapi tidak memilikinya di iSeller sehingga Anda perlu melakukan impor produk dari Accurate ke iSeller.

Impor Produk dari iSeller ke Accurate

Langkah 1 : Pada panel Validate Product, silahkan pilih Export Product untuk mendownload file yang akan diimpor ke Accurate.

Terdapat dua file excel yang akan Anda dapatkan yaitu untuk produk standard dan produk composite. Anda dapat memilih salah satu atau keduanya sesuai kebutuhan. Berikut adalah langkah-langkah impor produk untuk produk standard dan composite dari iSeller ke Accurate.

Produk Standard

Langkah 1 : Setelah Anda memilih Export Product. Berikut adalah file excel yang akan Anda dapatkan untuk jenis produk standard.

Langkah 2 : Pastikan data diatas sudah benar. Jika sudah benar, silahkan pergi ke Database Accurate. Pilih menu Persediaan > sub menu Barang dan Jasa.

Langkah 3 : Kemudian, Anda akan diarahkan pada halaman baru. Pilih Impor dari Excel.

Langkah 4 : Lakukan Proses Impor produk standard. Pilih File Excel Produk Standard Anda > Unggah.

Notes : Jangan lupa untuk memberikan centang saat konfirmasi impor produk seperti gambar di bawah ini.

Lanjutkan proses impor sampai berhasil.

Produk Composite

Untuk Produk Composite, terdapat ketentuan khusus pada saat melakukan impor produk dari iSeller ke Accurate yaitu Anda perlu melakukan proses impor produk sebanyak 2 tahap. Proses impor yang pertama bertujuan untuk impor produk compositenya, sementara yang kedua bertujuan untuk mengimpor produk-produk standard yang masuk ke dalam produk composite tersebut. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1 : Setelah Anda memilih Export Product. Berikut adalah file excel yang akan Anda dapatkan untuk jenis produk composite.

Notes : Anda perlu mengubah type produknya menjadi "GRP", Berikut adalah file excel yang sudah diubah menjadi "GRP".

Langkah 2 : Pastikan data diatas sudah benar. Jika sudah benar, silahkan pergi ke Database Accurate. Pilih menu Persediaan > sub menu Barang dan Jasa.

Langkah 3 : Kemudian, Anda akan diarahkan pada halaman baru. Pilih Impor dari Excel untuk proses impor produk composite tahap pertama.

Langkah 4 : Lakukan Proses Impor produk composite. Pilih File Excel Produk Composite Anda > Unggah.

Notes : Jangan lupa untuk memberikan centang saat konfirmasi impor produk seperti gambar di bawah ini.

Lakukan proses impor produk composite sampai berhasil

Proses impor produk composite tahap pertama sudah selesai.

Langkah 5 : Lakukan proses impor produk composite tahap kedua dengan pergi ke sub menu barang dan jasa di database Accurate > Pilih Impor Grup.

Langkah 6 : Kemudian, download contoh file excel sesuai dengan template Accurate.

Langkah 7 : File excel akan terdownload secara otomatis. Isilah data-data produk standard yang tergabung ke dalam produk composite tersebut. Gambar di bawah ini menjelaskan bahwa produk composite tersebut terdiri dari produk standard VANS dengan SKU SP1 dan Converse dengan SKU SP2.

Langkah 8 : Pastikan data diatas sudah benar. Lakukan proses impor produk composite tahap kedua dengan menggunakan file excel di langkah 7 > Unggah.

Lakukan proses impor produknya sampai berhasil.

Impor Produk Composite tahap kedua sudah selesai.

Impor Produk dari Accurate ke iSeller

Langkah 1 : Pada panel Validate Product di iSeller. Silahkan Pilih Export Product dan file excel akan terdownload secara otomatis.

Langkah 3 : Edit file excel tersebut sesuai dengan format yang ada di iSeller.

Langkah 4 : Jika file tersebut sudah benar formatnya, maka silahkan lakukan impor produk tersebut ke iSeller dengan Pilih Menu Catalog > Sub Menu Product > Impor Produk menggunakan file excel yang sudah disesuaikan formatnya.

Impor Produk dari Accurate ke iSeller sudah selesai.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada saat melakukan pemetaan produk :

  1. Apabila ada penambahan produk baru dan ingin melakukan import produk kembali, pastikan hanya produk baru tersebut yang ada di file Excel supaya tidak terjadi duplikasi produk di Accurate.

  2. Pastikan semua produk yang Anda miliki memiliki SKU yang berbeda dan tidak ada produk yang tidak memiliki SKU.

  3. Jika Anda sudah memiliki produk pada keduanya, baik di Accurate dan iSeller, Anda dapat melakukan langkah impor produk yang sama baik dari Accurate atau dari iSeller sesuai kebutuhan Anda pada saat ada penambahan produk baru.

Anda telah mempelajari Pemetaan Produk antara iSeller dengan Accurate. Selanjutnya, Anda dapat mempelajari artikel Sinkronisasi dan Pengecekan Data.

Untuk lebih memahami Pemetaan Produk antara iSeller dengan Accurate, Anda dapat melihat video di bawah ini

Apakah Anda menemukan jawaban?