Pengaturan Multi Akun Tokopedia

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana menambahkan akun pada marketplace Tokopedia.

Bazlin Fadilah avatar
Ditulis oleh Bazlin Fadilah
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Bagi Anda yang memiliki banyak toko pada marketplace Tokopedia, Anda dapat mengintegrasikan toko-toko tersebut dengan iSeller. Dengan ini, Anda dapat mengatur semua akun Tokopedia Anda hanya dengan menggunakan iSeller.

Untuk dapat melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1 : Silakan pilih Menu Apps > Sub Menu Tokopedia.

Langkah 2 : Pada panel Otentikasi, Pilih Tambahkan Akun Lain.

Anda perlu mengisi nama toko yang Anda miliki di Tokopedia untuk diintegrasikan dengan iSeller > Pilih Simpan.

Langkah 3 : Selanjutnya, Anda perlu melakukan aktivasi akun yang baru saja Anda integrasikan. Aktivasi akun pada Tokopedia memiliki sedikit perbedaan dengan Shopee dan Lazada. Anda perlu menghubungi Team Support iSeller untuk membantu Anda melakukan aktivasi akun yang Anda miliki di Tokopedia untuk diintegrasikan dengan iSeller.

Jika sudah menghubungi Team Support iSeller, maka Anda hanya perlu menunggu beberapa saat agar akun Anda berhasil teraktivasi oleh iSeller. iSeller akan mengirimkan pemberitahuan melalui email Anda seperti gambar berikut.

Pilih Terima untuk menyetujui aktivasi akun Tokopedia Anda. Jika sudah, maka akun Tokopedia Anda berhasil terhubung oleh iSeller.

Langkah 4 : Setelah melakukan aktivasi, Anda perlu mengatur visibilitas produk yang ingin dijual pada akun Tokopedia yang baru saja terhubung. Silakan pilih Katalog > Produk > Pilih produk yang ingin dijual di akun Tokopedia Anda.

Kemudian, aktifkan marketplace Tokopedia yang ingin diatur visibilitasnya. Anda akan disarankan untuk mengaktifkan listing pada marketplace tersebut.

Langkah 4 : Anda perlu melakukan pengaturan inventaris untuk akun Tokopedia yang baru saja terhubung. Silakan pilih Sales Channels > Tokopedia > Pilih akun Tokopedia yang ingin diatur inventarisnya.

Anda dapat melakukan pengaturan inventaris pada masing-masing marketplace yang Anda inginkan.

Langkah 5 : Anda perlu melakukan pengimporan produk dari iSeller ke akun Tokopedia yang baru saja terhubung. Untuk melakukannya, silakan pilih Menu Katalog > Sub Menu Listings > dan Pilih Marketplace yang akan diisi dengan produk-produk.

Untuk melakukan pengimporan produk pada listings di marketplace Tokopedia, langkah-langkahnya dapat dilihat di sini. Sedangkan, untuk melakukan pengaturan listings, langkah-langkahnya dapat dilihat di sini.

Ketika pengimporan produk sudah berhasil dilakukan, maka produk akan secara otomatis muncul pada tampilan Listings.

Produk-produk yang sudah ada pada Listings akan secara otomatis muncul di toko pada akun Tokopedia yang baru saja Anda integrasikan.

Laporan Penjualan

Selain dapat mengintegrasikan produk, Anda juga dapat mengakses laporan penjualan produk pada masing-masing toko di marketplace Tokopedia yang Anda miliki. Anda dapat mengakses laporan penjualan tersebut dengan langkah-langkah berikut.

Langkah 1 : Silakan pilih Menu Laporan > Sub Menu Laporan Penjualan > Pilih "Marketplace Tokopedia" pada item Semua Channels.

Langkah 2: Pilih “Akun” pada bagian Tambahkan Dimensi

Jika sudah, tampilan laporan penjualannya sebagai berikut.

Anda dapat mengakses laporan penjualan tersebut secara detail dengan menggunakan iSeller.

Pengaturan Multi Akun pada marketplace Tokopedia sudah selesai.

Tonton Tutorial Multi Akun Tokopedia di iSeller dalam bentuk video berikut


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?