Semua Koleksi
Listing
Implementasi Template Listing Marketplace
Implementasi Template Listing Marketplace

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara mengimplementasikan template listing dan cara memperbaruinya

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Setelah selesai mengatur Template Listing Marketplace, Anda tentu perlu mengimplementasikan template yang sudah Anda buat.

Silakan baca artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan template listing pada produk baru, produk yang sudah tersedia, juga pada listing baru. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui bagaimana cara memperbarui template tersebut.

Implementasi pada produk baru

Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui cara mengimplementasikan template listing saat membuat listing baru.

Langkah 1: Ketika Anda menambahkan produk baru di web admin iSeller lalu klik Simpan, otomatis akan muncul pop-up penawaran untuk membuat serta menerbitkan listing secara langsung dengan menggunakan template listing.

Langkah 2: Kemudian, pada pop-up tersebut, Anda bisa memilih template yang sesuai dengan produk Anda. Misal, produk tersebut merupakan produk standard, maka, pilih template standard.

Langkah 3: Lalu, otomatis akan tercentang marketplace sesuai pemetaan pada template listing yang digunakan. Anda bisa menghilangkan centang jika tidak ingin listing diterbitkan pada marketplace tertentu.

Langkah 4: Terakhir, klik Buat dan Terbitkan.

Dengan begitu, listing beserta detail dari produk tersebut berhasil dibuat dan diterbitkan secara otomatis ke marketplace. Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat listing secara manual dengan mengisi setiap kategori, atribut beserta rincian lainnya.

Implementasi pada produk yang sudah tersedia

Pertama, klik produk yang ingin Anda buat listingnya. Kami akan memberi contoh pada produk “Cypruz Kitchen Utensils Set of 12 Peach”

Pada detail produk > perhatikan sisi kanan bagian visibilitas > geser tombol aktivasi pada marketplace yang ingin dibuat listingnya. Contoh: Kami ingin membuat dan mempublikasi listing Akun Shopee .In Group

Kemudian, akan muncul pop-up pilihan. Cari template listing pada bagian pencarian, kemudian klik “Buat dan Terbitkan” jika Anda ingin menggunakan template listing dan langsung menerbitkannya ke marketplace, atau Anda bisa langsung klik “Hanya Buat Listing” untuk membuat dan mengisi kategori serta atribut listing secara manual.

Implementasi pada listing baru

Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui cara mengimplementasikan template listing saat membuat listing baru.

Langkah 1: Klik Menu Katalog > sub-menu Listing > klik Tambahkan Listing

Langkah 2: Isi kolom pada bagian Informasi Umum. Khususnya, Nama Produk dan SKU Produk.

Langkah 3: Setelah Anda memasukkan SKU produk, pada bagian “Kategori” akan otomatis muncul tombol aktivasi untuk menggunakan template listing. Geser ke kanan untuk mengaktifkannya.

Langkah 3: Kemudian, pilih template listing yang ingin digunakan

Hasilnya, akan otomatis terisi detail listing sesuai dengan template listing yang digunakan.

Langkah 4: Terakhir, klik Simpan atau Simpan dan Publikasi jika Anda ingin mempublikasikan langsung ke marketplace.

Perbarui Template Listing

Anda bisa kapan saja memperbarui template listing yang sudah dibuat. Anda bisa mengubah detail isi seperti kategori, atribut, dan lainnya, hingga menambah pemetaan marketplace.

Perubahan yang terjadi di template listing akan otomatis berubah juga di produk listing yang menggunakan template tersebut.

Contoh: Anda mengubah nama brand pada template listing “Main Template [Standard]” dari Cypruz menjadi Cyclone untuk marketplace Blibli. Maka, otomatis semua produk listing Blibli yang menggunakan Main Template [Standard] akan berubah nama brand-nya menjadi Cyclone dan langsung dipublikasikan ke marketplace terkait.

Selain itu, Anda bisa menambah pemetaan marketplace di template listing. Caranya, pilih template yang ingin ditambahkan pemetaannya.

Lalu, klik Tambahkan Marketplace pada bagian “Pemetaan Marketplace”.

Pilih Marketplace tersedia yang ingin ditambahkan, lalu Klik Konfirmasi. Sebagai contoh, kami ingin menambahkan Shopee pada pemetaan marketplace.

Setelah itu, atur Kategori, atribut, dan ukuran barang pengirimannya.

Kemudian, klik Simpan dan akan muncul pop-up konfirmasi yang memastikan Anda benar-benar ingin memperbarui template listing. Lalu, klik Konfirmasi

📌 Catatan: Setelah Anda klik Konfirmasi, akan muncul pop-up penawaran untuk mempublikasikan produk yang sudah menggunakan template listing tersebut pada marketplace yang baru saja ditambahkan.

Klik Terapkan apabila Anda setuju dan ingin mempublikasikan listing ke marketplace tersebut.

Sekian penjelasan mengenai bagaimana implementasi dari template listing serta cara memperbaruinya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Apakah pertanyaan Anda terjawab?