Pada artikel sebelumnya, Anda telah mengetahui secara garis besar mengenai add-on Advanced Inventory Management, salah satunya adalah proses manufaktur. Di artikel kali ini kita akan membahas persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai proses tersebut yaitu, membuat bahan baku dan produk setengah jadi. Sebagai contoh, kita akan memproduksi teh tarik yang terbuat dari bahan baku Daun Teh dan Susu. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mempelajari bagaimana caranya membuat bahan baku dan produk setengah jadi.

Langkah 1: Ketika membuat bahan-bahan baku, pastikan satuannya sudah menggunakan satuan terkecil (misalnya millimeter untuk susu, gram untuk daun teh).

Langkah 2: Selanjutnya, Anda juga harus mengatur Harga Pembelian sesuai dengan satuannya. Misalnya, kita memasukkan 1000 ml susu, maka masukkan Harga Pembelian nya untuk 1 ml susu.

Langkah 3: Setelah menyiapkan bahan baku, iSeller membutuhkan produk setengah jadi berisi kombinasi bahan yang dibutuhkan untuk membuat teh tarik. Untuk membuat produk tersebut, Anda bisa ke Katalog lalu klik sub menu Produk. Selanjutnya, Tambah Produk kemudian masukkan informasi produk seperti biasa.

Langkah 4: Arahkan pada section Inventaris, lalu pilih tipe produk Paket Komposit. Selanjutnya, nyalakan tombol Produk ini bisa dimanufaktur. Sebaiknya Anda kosongkan Jumlah terlebih dahulu berhubung teh tarik belum diproduksi.

Langkah 5: Silahkan masukkan bahan-bahan baku yang diinginkan pada section Termasuk Produk dengan mengklik tanda panah ke bawah pada bagian Select Product, lalu klik Add untuk memasukkan bahan baku. Ulangi sampai seluruh bahan dimasukkan. Jangan lupa juga untuk menentukan berapa banyak jumlah bahan baku yang akan digunakan. Ingat, jumlah bahan baku yang digunakan mengikuti satuan yang telah Anda tentukan sebelumnya (gram, ml, dll).

Langkah 6: Setelah Anda sudah selesai memasukkan bahan-bahan bakunya, klik Simpan.

Sesudah Anda selesai membuat bahan baku dan produk setengah jadi, selanjutnya Anda sudah siap untuk memulai proses manufaktur yang dapat Anda baca di artikel Proses Manufaktur.

Apakah Anda menemukan jawaban?