iSeller memungkinkan Anda untuk membuat barang jadi dari bahan mentah. Barang ini akan memiliki SKU, inventori, dan fitur lainnya yang dimiliki produk standar. Karena memiliki fitur selayaknya produk standar, barang tersebut tentunya bisa dijadikan bahan untuk produk lanjutan lainnya.

Memulai Proses Manufaktur

Setelah selesai membuat produk setengah jadi, sekarang saatnya kita ke sub menu Produksi untuk memulai proses manufaktur. Sub menu ini akan muncul setelah Anda melakukan pemasangan add-on Advanced Inventory Management. Anda bisa menemukan sub menu ini di bawah menu Katalog. Selanjutnya, ikuti langkah-lengkah berikut ini untuk mengetahui bagaimana caranya memulai proses manufaktur.

Langkah 1: Untuk memulai proses manufaktur, klik Tambah Produksi seperti gambar di bawah ini.

Langkah 2: Masukkan produk setengah jadi teh tarik pada kolom Cari Produk.

Langkah 3: Selanjutnya, Anda bisa memasukkan jumlah teh tarik yang ingin diproduksi pada kolom Jumlah.

Langkah 4: Lalu, Anda bisa menonaktifkan tombol Mulai produksi secara otomatis apabila Anda ingin menyimpan produk-produk setengah jadi yang sudah Anda masukkan sekarang untuk diubah nanti. Tetap nyalakan tombol jika Anda ingin langsung memulai produksi.

Langkah 5: Pada kolom Rincian, Anda bisa menentukan di outlet mana barang hasil produksi akan disimpan. Bahan baku juga akan diambil dari outlet yang telah Anda pilih.

Langkah 6: Untuk menyelesaikan proses produksi secara langsung, klik Simpan saat tombol Mulai produksi secara otomatis dalam kondisi menyala.

Langkah 7: Setelah Anda sudah menyimpan proses produksi, akan muncul pop-up konfirmasi untuk memperingatkan Anda bahwa proses produksi yang telah dilakukan tidak akan bisa diedit setelah dimulai. Silahkan klik Ya untuk melanjutkan.

Hasil: Setelah Anda mengkonfirmasi proses produksi, status Selesai akan muncul di samping nomor produksi. Anda bisa menggunakan nomor ini untuk melakukan pencarian histori produksi.

Lalu Anda juga bisa mengecek di sub menu Inventaris bahwa stok produk setengah jadi Anda telah bertambah dan bahan baku nya berkurang.

Fitur Lainnya yang Bisa Membantu Proses Produksi

Edit Produk Setengah Jadi

Di samping Biaya terdapat tombol pensil yang bisa Anda gunakan untuk mengedit produk setengah jadi dan logo sampah untuk menghapus produk tersebut.

Melihat Bahan Baku

Anda juga bisa melihat bahan-bahan baku yang digunakan dalam proses produksi dengan mengarahkan kursor ke tanda seru di samping nama produk setengah jadi seperti gambar berikut.

Duplikat dan Cetak

Di pojok kanan atas, tombol Duplikat akan muncul untuk mempermudah Anda melakukan proses produksi yang sama. Anda juga bisa mencetak bukti hasil proses produksi dengan klik logo titik tiga di pojok kanan atas, lalu klik Cetak

Timeline dan Pesan

Fitur Timeline dan Pesan akan muncul untuk diskusi internal setelah Anda menyimpan produksi.

Draft Produksi

Jika tombol Mulai produksi secara otomatis sebelum nya dalam keadaan nonaktif dan sudah ada simpan, maka status Tertunda akan muncul di samping nomor produksi. Anda bisa klik tombol Mulai Produksi untuk memulai proses produksi seperti gambar berikut.

Selamat! Anda telah menyelesaikan seluruh tahapan proses manufaktur dengan platform iSeller.
Apabila Anda masih bingung dengan seluruh tahapan pembuatan bahan baku dan proses manufaktur, Anda bisa menonton video ini.

Apakah Anda menemukan jawaban?