Pengaturan pembayaran pelanggan dikhususkan untuk pelanggan yang telah terdaftar pada sistem iSeller web admin Anda. Untuk mendaftarkan pelanggan silahkan lihat artikel Tambah/Ubah Pelanggan.
Untuk mengakses pengaturan pembayaran pelanggan, silakan klik menu Pengaturan> sub-menu Payments > Geser ke bawah sampai menemukan Panel Non Integrated Payments untuk POS.
Berikut adalah beberapa pengaturan pembayaran yang dapat diterapkan ketika pelanggan akan melakukan pembayaran.
Hutang untuk Pelanggan Terdaftar (On Account)
Ketika Anda mengaktifkan fitur ini, nantinya pelanggan yang sudah terdaftar pada toko Anda dapat membayar di kemudian hari.
Ketika Anda mengaktifkan fitur On Account, maka akan muncul tombol Require siganture. Require signature bisa diaktifkan atau tidak diaktifkan sesuai kebutuhan toko Anda, jika fitur ini diaktifkan pada saat pelanggan ingin melakukan pembayaran di kemudian hari, pelanggan harus memasukkan tanda tangan terlebih dahulu pada checkout POS seperti gambar berikut.
Poin Loyalti
Fitur ini memungkinkan pelanggan membayar dengan menukar poin loyalti yang dimiliki. Poin loyalti didapatkan dari setiap pelanggan melakukan transaksi pada toko Anda. Untuk mengatur pendapatan poin loyalti untuk setiap transaksi Anda, silahkan baca Pengaktifan Poin Loyalti.
Berikut tampilan jumlah poin loyalti yang dimiliki pelanggan pada halaman pemilihan metode pembayaran di POS.
Kredit Toko
Fitur ini memungkinkan pelanggan membayar menggunakan kredit toko mereka yang tersedia. Pengisian saldo kredit toko didapatkan dari pilihan pelanggan saat melakukan refund. Pelanggan dapat memilih untuk mengembalikan jumlah refund dalam bentuk uang atau masuk ke dalam kredit toko.
Anda juga dapat memilih kasir mana yang dapat menerima pembayaran dengan kredit toko dengan cara buka Settings lalu sub-menu Payments kemudian aktifkan / matikan Enable Store Credit seperti gambar berikut.
Berikut tampilan sisa kredit toko yang dimiliki pelanggan Anda pada halaman pemilihan metode pembayaran di POS.
Untuk membayar menggunakan kredit toko, kasir dapat memilih pembayaran Store Credit yang ada pada di pojok kanan bawah.
Hutang untuk Pelanggan Tidak Terdaftar (Layby / Layaway)
Jika fitur ini diaktifkan, maka pelanggan yang belum terdaftar pada toko Anda dapat melakukan penyelesaian pesanan dengan pembayaran di kemudian hari atau pembayaran sebagian.
iSeller tidak menyediakan sistem pengamanan untuk pembayaran hutang bagi pelanggan yang tidak terdaftar. Diharapkan penjual memberikan pilihan fitur pembayaran hutang ini kepada orang yang benar-benar Anda percayai. Semua pesanan yang belum dibayarkan dapat dilihat pada daftar pesanan.
Selamat! Anda telah berhasil mempelajari mengenai Peraturan Pembayaran Pelanggan pada POS. Semoga membantu.
Perlu bantuan lain?
Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.