Lewati ke konten utama
Pengaturan Umum

Pelajari pengaturan umum toko mulai dari tampilan toko, informasi dan pemilik toko, pengaturan mata uang, dan pengaturan harga beli.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari 3 tahun yang lalu

Pengaturan umum berguna untuk mengatur toko Anda dari tampilan, informasi toko dan pemilik toko, pengaturan mata uang, dan pengaturan harga beli. Untuk mengakses pengaturan umum, silahkan klik menu Pengaturan lalu sub-menu Umum.

Anda dapat memasukkan logo toko dengan cara mengunggahnya. Ukuran maksimum file adalah 250 KB.

Nama Toko / Logo Toko Anda yang Anda unggah akan tampil di bagian atas halaman toko online Anda seperti gambar berikut.

Nama Toko / Logo Toko Anda yang Anda unggah juga akan tampil di bagian Open Register pada aplikasi POS seperti gambar berikut.

Anda juga dapat memasukkan foto latar dengan cara klik pada bagian yang sudah kami tandai di bawah ini. Ukuran maksimum file adalah 250 KB. Foto latar hanya akan tampil pada halaman web admin Anda saja dengan tujuan mempercantik tampilan sesuai toko Anda.

Informasi Umum

Pada panel utama, Anda dapat menambahkan atau merubah informasi toko Anda pada bagian-bagian yang sudah kami tandai seperti gambar di bawah ini.

Berikut beberapa informasi yang dapat anda tambahkan atau rubah pada bagian pertama.

  • Nama Toko: Nama Toko yang Anda gunakan pada toko Anda. Nama toko akan tampil pada struk belanja POS atau pada toko online jika tidak ada logo yang diunggah.

  • URL Toko iSeller: Alamat situs yang digunakan untuk mengakses toko online Anda pada saat pertama kali melakukan register. Alamat toko ini sudah ditentukan dengan format tulisan nama toko anda dengan huruf kecil dan tanpa spasi. Alamat URL toko tidak dapat diubah. Untuk menggunakan domain yang Anda beli, silahkan baca Pengaturan Domain.

  • Tipe Bisnis: Tipe Bisnis yang pertama kali Anda pilih pada saat Register apakah Retail / Food and Beverages / Express. Tipe bisnis FnB dan Express memiliki fitur khusus tersendiri seperti Pengaturan Produk Komboset dan Pengaturan Denah Meja.

Berikut beberapa informasi yang dapat Anda tambahkan atau rubah pada bagian selanjutnya.

  • Nama Legal Bisnis: Nama legal bisnis yang sudah Anda daftarkan untuk toko Anda. Nama legal akan tampil dalam struk pembayaran melalui email pada bagian footer.

  • Telepon: Nomor telepon aktif pada toko Anda. Nomor telepon toko bisa dibedakan dengan nomor telpon pemilik toko.

  • Alamat: Alamat tempat toko Anda berjualan. Alamat ini akan tampil pada struk POS.

  • Alamat Tambahan: Alamat tambahan seperti nomor rumah / nama apartement / nama gedung toko Anda. Anda dapat memilih ingin mengisi kolom ini atau tidak.

  • Kota: Kota dimana toko Anda berada.

  • Kode Pos: Kode Pos untuk toko Anda.

  • Negara: Negara dimana toko Anda berasal.

  • Provinsi: Provinsi dimana toko Anda berasal.

  • Situs: Situs tambahan untuk toko Anda (jika ada).

  • Facebook: Situs Facebook yang Anda daftarkan untuk toko Anda (jika ada).

  • Twitter: Situs Twitter yang Anda daftarkan untuk toko Anda (jika ada).

Rincian Kontak

Anda dapat merubah rincian kontak yang sudah Anda daftarkan pada saat pertama kali mendaftar iSeller pada panel rincian kontak seperti gambar di bawah ini.

Berikut beberapa informas pada panel rincian kontak:

  • Nama Depan: Nama depan pemilik toko.

  • Nama Belakang: Nama belakang pemilik toko.

  • Email: Email yang Anda gunakan untuk pendaftaran, email ini merupakan email yang Anda gunakan untuk masuk ke dalam iSeller web admin sebagai pemilik toko. Untuk mengubah email pemilik toko, baca Ubah Email untuk Login Web Admin.

  • Email Pelanggan: Email pelanggan digunakan untuk promosi atau informasi kontak yang bisa digunakan untuk dihubungi pelanggan Anda.

  • Telepon: Telepon digunakan sebagai informasi kontak untuk dihubungi pelanggan Anda.

Facebook, Twitter, dan Email Pelanggan nantinya akan muncul di footer email yang masuk ke email pelanggan yang melakukan transaksi seperti gambar berikut. Email pelanggan termasuk dalam struk elektronik.

Standar dan Format

Anda dapat mengatur bahasa, mata uang, nomor SKU, dan format nomor pesanan pada toko online Anda pada panel standar dan format seperti gambar di bawah ini.

Berikut beberapa informasi yang dapat Anda atur pada panel standar dan format

  • Bahasa: Bahasa yang Anda pilih akan berpengaruh pada tampilan web admin (berpengaruh juga untuk checkout toko online).

  • Zona Waktu: Zona waktu yang Anda pilih untuk toko Anda. Waktu yang ditampilkan pada laporan, notifikasi email, pesanan, dan web admin akan menggunakan pengaturan zona waktu yang Anda pilih.

  • Sistem Unit: Sistem unit yang Anda pilih untuk produk pada toko Anda apakah Imperial atau Metric.

  • Satuan Berat: Satuan berat yang otomatis akan terpilih untuk produk pada toko Anda. Berat barang digunakan untuk pengiriman ketika Anda berjualan di toko online. Untuk melihat fungsi dari berat barang, silahkan baca Pengaturan Berat Produk.

  • Mata Uang: Untuk mengubah mata uang, Anda harus mengubah informasi negara toko Anda. Mata uang akan mengubah tampilan pada kasir POS, toko online, dan laporan. Anda juga dapat mengubah format mata uang yang ditampilkan dengan cara klik Tampilkan Format seperti gambar di bawah. Pada format, Anda dapat mengubah simbol mata uang dan format angka sesuai kebutuhan.

  • Kode Barang (SKU): Kode barang yang Anda pilih apakah Manual atau Otomatis. Jika otomatis maka Anda bisa mengatur nomor urutan dimulainya nomor SKU. Sebaliknya, jika manual maka harus memasukkan nomor SKU satu per satu pada halaman pengaturan produk. Untuk mengisi nomor SKU pada halaman produk baca Mengatur Stok Inventaris.

  • Format Nomor Pesanan: Pengaturan untuk nomor pesanan transaksi pada toko Anda dengan memasukkan Imbuhan Awal, Angka Dasar, dan Imbuhan Akhir yang Anda inginkan.

Pengaturan Tambahan

Pada pengaturan ini, Anda dapat mengaktifkan fitur pengaturan harga beli yang nantinya bisa Anda tinjau pada Laporan Laba & Rugi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur ini, silahkan baca Pengaturan Harga Pokok Penjualan.

Jam Beroperasi

Panel ini berguna untuk menentukan jam operasional pada toko Anda.

Jika toko Anda memiliki jam operasi seperti pada hari tertentu tidak beroperasi atau pada hari tertentu hanya buka di jam tertentu saja, silahkan klik logo pensil untuk mengatur jam operasi pada toko Anda.

  • Hari: Jadwal hari pada untuk operasional toko Anda.

  • Sepanjang Hari: Apabila ini diaktifkan, maka Rentang Waktu akan secara otomatis menjadi 24 jam. Jika di nonaktifkan, maka Anda dapat memilih waktu operasional yang diinginkan untuk toko Anda.

  • Rentang Waktu: Pada pilihan ini, Anda dapat menentukan rentang waktu yang diinginkan apabila operasional toko Anda tidak sepanjang hari.

  • Keterangan: Pada pilihan ini, Anda dapat menentukan di hari tersebut apakah toko Anda Buka / Tutup.

Jika pada toko Anda memiliki tanggal (atau periode tanggal) tertentu di mana toko Anda tidak beroperasional, maka Anda dapat mengaktifkan fitur Blackout Date.

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, maka akan muncul pengaturan berikut.

  • Tanggal Penutupan: Pada kolom ini, Anda dapat menentukan kapan toko Anda tidak beroperasional.

  • Alasan: Pada kolom ini, Anda dapat mengisi alasan toko Anda tidak beroperasional pada tanggal yang sudah di tentukan.

Anda juga dapat menambahkan tanggal (atau periode tanggal) blackout date lainnya dengan klik Tambah Lebih Banyak, kemudian akan muncul periode tanggal baru seperti gambar berikut.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?