Semua Koleksi
Add-On
Commission
Mengatur, Mengimplementasikan, dan Melihat Laporan Bonus
Mengatur, Mengimplementasikan, dan Melihat Laporan Bonus

Tentukan syarat dan ketentuan bonus, masukkan nama pelayan, dan kaji laporan nya.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Tingkatkan motivasi kerja pegawai Anda dengan sistem bonus yang terstruktur! Dengan sub-menu Komisi Karyawan, Anda bisa mengatur syarat dan ketentuan Bonus dan mengimplementasikan nya pada semua karyawan, beberapa karyawan, atau Grup Karyawan yang telah Anda buat. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana caranya melakukan pengaturan sistem bonus lewat sub-menu Komisi Karyawan. Setelah itu, Anda akan melihat bagaimana implementasi operasional dan laporan nya.

Mengatur Bonus

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memahami bagaimana cara melakukan pengaturan Bonus.

Langkah 1: Pada web admin Anda, klik menu Pengaturan, lalu klik sub-menu Komisi Karyawan

Langkah 2: Pada halaman yang terbuka, klik Add Bonus

Langkah 3: Berikan nama untuk sistem bonus Anda pada kolom Nama Bonus Karyawan. Sebagai contoh, kita akan memberikan nama Target 1 Juta untuk sistem bonus ini.

Langkah 4: Tentukan syarat sistem bonus pada kolom Kondisi.

Anda bisa memilih salah satu dari dua opsi di bawah ini:

  • Berdasarkan Jumlah Penjualan: bonus akan diberikan berdasarkan nominal penjualan

  • Berdasarkan Barang Terjual: bonus akan diberikan berdasarkan jumlah barang yang terjual

Sebagai contoh, kita akan memilih Berdasarkan Jumlah Penjualan.

Langkah 5: Tentukan jumlah penjualan minimal yang harus dipenuhi pegawai Anda agar bisa memperoleh bonus. Sebagai contoh, kita akan mengisi 1000000 pada kolom Nilai.

Langkah 6: Setelah menentukan minimal penjualan, tentukan tipe penjualan nya apakah Penjualan Bersih (Net Sales) atau Penjualan Kotor (Gross Sales).

Sebagai contoh, pilih Penjualan Kotor.

Langkah 7: Pilih tipe bonus pada kolom Bonus Amount Type.

Anda bisa memilih tipe bonus berdasarkan:

  • Jumlah Pasti: bonus yang diberikan adalah nominal yang sudah Anda tentukan

  • Harga per Barang: bonus yang diberikan adalah nominal yang sudah ada tentukan untuk masing-masing barang dikalikan dengan barang yang berhasil terjual

  • Presentasi dari Penjualan: bonus yang diberikan adalah persentase yang sudah ada tentukan dikalikan dengan jumlah penjualan yang berhasil dicapai

Sebagai contoh, pilih Presentasi dari Penjualan.

Langkah 8: Masukkan jumlah persentase yang diinginkan pada kolom Nilai, lalu tentukan tipe penjualan nya apakah Penjualan Bersih (Net Sales) atau Penjualan Kotor (Gross Sales).

Sebagai contoh, mari kita berikan 15 pada kolom Nilai dan pilih Penjualan Kotor

Langkah 9: Tentukan di outlet mana saja Anda ingin memberlakukan sistem bonus ini. Tetap aktifkan tombol Semua Outlet bila Anda ingin menerapkan sistem ini ke seluruh outlet Anda. Non-aktifkan tombol untuk memilih di outlet mana saja Anda ingin mengimplementasikan sistem bonus ini. Setelah memilih jangan lupa untuk klik simbol "+"

Sebagai contoh, tetap aktifkan tombol Semua Outlet.

Sebagai contoh, tetap aktifkan tombol Semua Outlet.

Anda bisa memilih:

-Semua Karyawan: Sistem komisi ini berlaku untuk setiap pengguna

-Kelompok Karyawan: Sistem komisi ini berlaku untuk kelompok pengguna

-Karyawan: Sistem komisi ini berlaku untuk karyawan yang Anda pilih

Sebagai contoh, mari kita pilih Kelompok Karyawan, lalu isi dengan Senior Employees.

Langkah 11: Tentukan angka prioritas dari sistem bonus yang Anda buat pada kolom Utama. Jika Anda memiliki banyak sistem bonus, angka ini berguna untuk menentukan sistem yang mana yang terlebih dahulu diberlakukan sebelum sistem lain diterapkan. Oleh sebab itu, semakin kecil angka yang Anda masukkan (paling kecil adalah angka "1"), sistem tersebut akan semakin diprioritaskan.

Sebagai contoh, berikan angka 1.

Langkah 12: Tetapkan masa berlangsung bonus yang Anda buat pada kolom Rentang Waktu. Anda bisa klik kotak di samping Tidak ada Kadaluarsa untuk menentukan tanggal berakhirnya masa bonus. Sebagai contoh, kita akan menentukan masa berlangsung selama satu bulan mulai dari awal - akhir Bulan April 2021 lalu klik Simpan.

Dari contoh di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Senior Employees di seluruh outlet akan menerima bonus ketika sudah melakukan penjualan kotor sebesar Rp. 1.000.000,-. Bonus yang diterima adalah sebesar 15% dari penjualan kotor yang berhasil dicapai selama satu bulan.

Mengimplementasikan Bonus

Setelah menetapkan sistem bonus, sekarang saat nya kita melihat bagaimana praktik operasional nya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memahami bagaimana caranya memasukkan nama pegawai Anda di setiap produk agar memperoleh bonus yang sudah Anda tetapkan di atas.

Langkah 1: Pada Cart POS Anda, ketuk nama produk yang diinginkan.

Langkah 2: Halaman pop-up akan terbuka lalu ketuk Edit Server.

Langkah 3: Anda akan diarahkan ke halaman Daftar Pengguna. Pilih pegawai yang melayani pesanan tersebut. Sebagai contoh, mari kita masukkan nama Jane Doe sebagai anggota grup karyawan Senior Employees.

Langkah 4: Lanjutkan proses pemesanan seperti biasa.

Melihat Laporan Bonus

Anda bisa melihat Laporan Bonus pada sub-menu Laporan Komisi di web admin Anda. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk detail nya.

Langkah 1: Kita akan melihat bagaimana performa Jane Doe pada Laporan Komisi. Pada web admin Anda, klik Laporan, kemudian klik Laporan Komisi.

Langkah 2: Pada halaman laporan, cari nama Jane Doe. Seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini, Jane menerima bonus karena sudah melakukan penjualan sebesar Rp 1.000.000,-. Bonus yang diterima Jane, dengan demikian adalah sebesar 15% dari Rp 1.000.000,-. Anda bisa melihat besar bonus yang diterima pada kolom Total Bonus.

Setelah memahami bagaimana caranya mengatur, mengimplementasikan, dan melihat laporan Bonus, Anda bisa cek artikel-artikel berikut yang relevan.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?