Aturan komisi yang jelas dan teratur tentu akan menambah semangat kerja pegawai Anda. Dengan sub-menu Komisi, Anda bisa mengatur syarat dan ketentuan Komisi dan mengimplementasikan nya pada semua karyawan, beberapa karyawan, atau Grup Karyawan yang telah Anda buat**.** Pada artikel ini, Anda akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat aturan komisi yang terstruktur lewat sub-menu Komisi. Setelah itu, Anda akan melihat bagaimana implementasi operasional dan laporan nya.

Mengatur Komisi

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memahami bagaimana cara melakukan pengaturan Komisi.

Langkah 1: Pada web admin Anda, klik menu Pengaturan, lalu klik sub-menu Komisi

Langkah 2: Pada halaman yang terbuka, klik Add Commission

Langkah 3: Berikan nama untuk aturan komisi Anda pada kolom Nama Komisi. Sebagai contoh, kita akan memberikan nama Komisi Super Pedas untuk aturan komisi ini.

Langkah 4: Tentukan pegawai yang ingin Anda masukkan ke dalam aturan komisi ini pada kolom Pengaturan Karyawan.

Anda bisa memilih:

-Semua Karyawan: Aturan komisi ini berlaku untuk setiap pengguna

-Kelompok Karyawan: Aturan komisi ini berlaku untuk kelompok pengguna

-Karyawan: Aturan komisi ini berlaku untuk karyawan yang Anda pilih

Sebagai contoh, mari kita pilih Kelompok Karyawan, lalu isi dengan Junior Employees.

Langkah 5: Pilih tipe produk yang Anda ingin masukkan pada kolom Pilih tipe.

Anda bisa memilih tipe produk berdasarkan

-Produk: Pilih produk-produk yang Anda miliki untuk dimasukkan ke dalam aturan komisi

-Kategori: Pilih tipe produk yang Anda miliki untuk dimasukkan ke dalam aturan komisi

-Koleksi: Pilih koleksi yang Anda miliki untuk dimasukkan ke dalam aturan komisi

Sebagai contoh, isi tipe produk dengan koleksi lalu pilih koleksi Super Pedas

Langkah 6: Pilih tipe komisi pada kolom Tipe Komisi.

Anda bisa memilih tipe komisi berdasarkan:

-By Amount: Masukkan langsung nominal yang diperoleh oleh pegawai Anda saat penjualan terjadi

-By %: Masukkan persentase dari harga jual produk yang akan menjadi komisi pegawai Anda

Sebagai contoh, kita akan memasukkan tipe Persen sebesar 10%.

Langkah 7: Tentukan di outlet mana saja Anda ingin memberlakukan aturan komisi ini. Tetap aktifkan tombol Semua Outlet bila Anda ingin menerapkan aturan ini ke seluruh outlet Anda. Non-aktifkan tombol untuk memilih di outlet mana saja Anda ingin mengimplementasikan aturan komisi ini. Setelah memilih jangan lupa untuk klik simbol "+"

Sebagai contoh, tetap aktifkan tombol Semua Outlet.

Langkah 8: Tetapkan masa berlangsung komisi yang Anda buat pada kolom Tanggal Mulai. Anda bisa klik kotak di samping Tidak ada Kadaluarsa untuk menentukan tanggal berakhirnya masa komisi. Sebagai contoh, kita akan menentukan masa berlangsung selama satu bulan mulai dari tanggal 22 Maret 2021 - 22 April 2021.

Langkah 9: Tentukan angka prioritas dari aturan komisi yang Anda buat pada kolom Utama. Jika Anda memiliki banyak aturan komisi, angka ini berguna untuk menentukan aturan mana yang terlebih dahulu diberlakukan sebelum aturan lain diterapkan. Oleh sebab itu, semakin kecil angka yang Anda masukkan (paling kecil adalah angka "1"), aturan tersebut akan semakin diprioritaskan.

Sebagai contoh, berikan angka 1 lalu klik Simpan untuk memberlakukan aturan komisi Anda.

Dari contoh di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Junior Employees di seluruh outlet akan menerima komisi ketika sudah melakukan penjualan dari koleksi Super Pedas. Komisi yang diterima adalah sebesar 10% dari harga jual setiap item koleksi Super Pedas yang berhasil dijual selama satu bulan.

Mengimplementasikan Komisi

Setelah menetapkan aturan komisi, sekarang saat nya kita melihat bagaimana praktik operasional nya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memahami bagaimana cara memasukkan nama pegawai Anda di setiap produk agar memperoleh komisi yang sudah Anda tetapkan di atas.

Langkah 1: Pada Cart POS Anda, ketuk nama produk yang diinginkan.

Langkah 2: Halaman pop-up akan terbuka lalu ketuk Edit Server.

Langkah 3: Anda akan diarahkan ke halaman Daftar Pengguna. Pilih pegawai yang melayani pesanan tersebut. Sebagai contoh, mari kita masukkan nama John Doe sebagai anggota grup karyawan Junior Employees.

Langkah 4: Lanjutkan proses pemesanan seperti biasa.

Melihat Laporan Komisi

Anda bisa melihat Laporan Komisi pada menu Laporan di web admin Anda. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk detail nya.

Langkah 1: Kita akan melihat bagaimana performa John Doe pada Laporan Komisi. Pada web admin Anda, klik Laporan, kemudian klik Laporan Komisi.

Langkah 2: Pada halaman laporan, cari nama John Doe. Seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini, John menerima komisi karena sudah melakukan penjualan dari koleksi Super Pedas. Komisi yang diterima John, dengan demikian adalah sebesar 10% dari harga jual setiap item koleksi Super Pedas yang ia berhasil jual. Anda bisa melihat besar komisi yang diterima pada kolom Total Commission.

Tips Memanfaatkan Add-on Commission dengan maksimal

Agar Anda bisa memaksimalkan penggunaan add-on commission, simak tips-tips di bawah ini!

Assign Server dari menu Order

Jangan khawatir bila Anda lupa memasukkan nama pegawai di setiap produk. Anda bisa memasukkan nama pegawai Anda dari menu Order. Caranya adalah sebagai berikut.

Langkah 1: Klik tombol menu di pojok kiri layar POS Anda

Langkah 2: Klik Menu Orders

Langkah 3: Pada halaman Orders, pilih pesanan yang diinginkan

Langkah 4: Pilih produk yang diinginkan

Langkah 5: Pilih pegawai yang melayani pesanan tersebut

Pengaturan Tambahan Komisi di POS

Agar mempermudah penambahan nama pegawai pada pesanan, 2 pengaturan baru akan muncul pada Settings POS Anda:

1. Server required for every cart item

Jika pengaturan ini aktif, maka kasir tidak bisa masuk ke layar pembayaran apabila ada produk di cart yang belum dimasukkan nama server. Kasir juga tidak bisa melakukan close shift jika masih ada order yang itemnya belum dimasukkan nama pegawai.

2. Auto assign server

Pengaturan ini berguna jika merchant menggunakan POS for Service dan setting "Server required for every cart item" aktif. Dengan pengaturan ini, Anda bisa langsung memasukkan satu nama pegawai Anda untuk setiap produk. Misalnya, terdapat 3 produk pada cart POS. Dibandingkan memasukkan nama pegawai satu per satu, Anda bisa klik tombol tiga titik di samping tombol Printer.

Lalu klik Add Server.

Pilih Pegawai yang Anda ingin masukkan namanya.

Klik Pay. Anda akan diminta konfirmasi untuk menambahkan nama pegawai Anda pada setiap item di dalam cart yang belum memiliki nama pegawai.

Klik Yes, lalu lanjutkan order seperti biasa.

Split Item yang sama dengan Server Berbeda

Secara default, POS F&B iSeller akan memasukkan item satu per satu ke dalam cart. Karena itu Anda dapat dengan mudah memasukkan nama-nama pegawai ke masing-masing item. Berbeda halnya dengan POS Retail iSeller. Secara default, item akan ditumpuk di dalam cart. Oleh karena itu, jika dalam 1 order ada 2 item yang sama dengan server yang berbeda, maka lakukan split item terlebih dahulu agar Anda bisa memasukkan nama pegawai ke masing - masing item.

Split Item dari FnB Online Ordering

Jika menerima order dari F&B Online Ordering dan ada kemungkinan produk yang sama memiliki server yang berbeda, Anda bisa menggunakan setting "Split items at checkout" di halaman pengaturan F&B Online Ordering

Setelah memahami bagaimana caranya mengatur, mengimplementasikan, dan melihat laporan Komisi, Anda bisa cek artikel-artikel berikut yang relevan.

  1. Commission

  2. Membuat Grup Karyawan

  3. Mengatur, Mengimplementasikan, dan Melihat Laporan Bonus

  4. Laporan Komisi

Apakah Anda menemukan jawaban?