Semua Koleksi
Pemasaran
Pengenalan Price Book
Pengenalan Price Book

Pelajari pengenalan Price Book secara umum mulai dari menambahkan Price Book baru, mencari Price Book, dan menyaring Price Book.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Price Book adalah salah satu fitur pemasaran yang dimana Anda dapat mengatur harga dasar produk secara otomatis berdasarkan tipe dan kondisi yang telah ditentukan, misalkan outlet, customer, jumlah pesanan atau tipe order tertentu. Dengan fitur ini, mengatur harga produk secara bulk menjadi mudah, cepat, fleksibel, dan bisa Anda lakukan kapan saja.

Pada sistem iSeller, Anda dapat mengakses fitur Price Book dengan klik menu Marketing lalu klik sub-menu Price Book. Maka tampilan selanjutnya yang akan Anda lihat adalah seperti berikut.

Bagian Utama Price Book

Pada halaman utama, Anda akan melihat daftar Price Book yang telah Anda buat. Berikut tampilannya:

Pada Daftar Price Book, kita bisa melihat beberapa kolom seperti:

  • Details: Nama dan informasi kondisi mengenai Price Book yang telah Anda buat.

  • Start Date: Kapan Price Book tersebut mulai atau dapat digunakan.

  • End Date: Kapan Price Book tersebut berakhir dan tidak dapat digunakan.

  • Tombol Active: Jika dinonaktifkan, maka Price Book tersebut tidak dapat digunakan pada POS dan Toko Online Anda.

Mencari Price Book

Untuk mencari Price Book tertentu silahkan tulis nama Price Book yang ingin Anda cari ke dalam kotak berwarna merah, maka secara otomatis sistem iSeller akan memilah daftar Price Book yang memiliki nama tersebut.

Menyaring Price Book

Jika Anda ingin menyaring daftar Price Book Anda, silahkan klik pada logo corong yang berada pada bagian kiri atas dari halaman utama Price Book, maka Anda akan menemukan tipe penyaringan Price Book yang telah kami sediakan. 

Anda dapat menyaring Price Book menurut tipe aktif atau tidaknya Price Book tersebut. Setelah Anda memilih metode penyaringan, Anda akan menemukan form penyaringan sebagai berikut:

Setelah memilih kolom untuk disaring (dalam contoh ini adalah Aktif), silahkan isi bagian operator dan nilai dengan penjelasan seperti berikut:

  • Operator: Cara bagaimana Price Book akan disaring, dalam contoh ini operator yang dipilih adalah Sama Dengan.

  • Nilai: Nilai dari status aktif yang ingin Anda saring, dalam contoh ini nilai yang dipilih adalah True.

Setelah semua dimasukkan, silahkan klik Tambah Filter maka hasil dari penyaringan Price Book akan seperti berikut.

Menyimpan Hasil Penyaringan Price Book

Hasil dari penyaringan yang telah Anda lakukan bisa disimpan untuk digunakan nanti. Cukup klik tombol My Filter untuk menyimpan hasil penyaringan tersebut.

Anda cukup memasukkan nama dari hasil penyaringan. Price Book tersebut dan tekan tombol Save maka hasil penyaringan Price Book Anda akan tersimpan.

Anda dapat mengakses setiap hasil penyaringan Price Book Anda dengan klik logo Tiga Titik yang berada di kanan atas bagian utama Price Book.

Menambahkan Price Book Baru

Untuk menambahkan Price Book baru, cukup klik tombol Tambah Price Book yang berada pada bagian kanan atas seperti tampilan berikut.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penambahan Price Book silahkan baca artikel Fitur Utama (Tambah/Ubah Price Book).

Fitur Tambahan - Checklist

iSeller juga menyediakan fitur tambahan checklist pada modul ini, yaitu ketika Anda mencentang data yang tersedia maka akan muncul fitur tambahan yang dapat membantu Anda lebih cepat dalam pengolahan data.

Ketika Anda sudah melakukan checklist, maka akan muncul fungsi tambahan pada bagian atas.

  • Activate: Fitur ini akan mengaktifkan semua list Price Book yang sudah Anda checklist. Jika Price Book aktif, maka Price Book yang bersangkutan dapat digunakan pada saat checkout POS atau toko online dengan periode waktu yang sudah ditentukan,

  • Deactivate: Fitur ini akan menonaktifkan semua list Price Book yang sudah Anda checklist. Jika Price Book mati, maka Price Book yang bersangkutan tidak dapat digunakan pada saat checkout POS atau toko online,

  • Delete: Fitur ini akan menghapus semua list Price Book yang sudah Anda checklist. Data Price Book yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi, jika Anda ingin mematikan sementara, silahkan pilih fitur deactivate.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?