Artikel ini menjelaskan detail pesanan yang dapat Anda lihat pada Web Admin. Anda dapat melihat catatan khusus dari / untuk pelanggan, catatan khusus untuk operasi internal yang tidak bisa dilihat oleh pelanggan, mengganti alamat pengiriman secara manual, serta melihat timeline dari pesanan tersebut.

Tampilan Detail Pesanan

Untuk melihat detal pesanan, silahkan buka Halaman Pesanan dan klik Nomor Pesanan yang ingin Anda lihat secara detail. Berikut adalah tampilan detail pesanan.

Detail Pemesanan

Pada panel ini, Anda dapat melihat produk yang dijual beserta total harga yang harus dibayarkan. Anda juga dapat melihat status pembelian  dan melihat catatan yang dibuat pelanggan pada saat checkout di POS atau toko online. Catatan yang ditambah bisa bermacam-macam, biasa terkait dengan pesanan yang dibuat pelanggan, contoh: extra bubble wrap packing, extra pedas, dll.

Konfigurasi lain yang bisa Anda lakukan di sini antara lain, Menerima Pembayaran pada channel Toko Online, Memenuhi Pesanan (Fulfillment) pada channel POS dan Toko Online, Mengembalikan Pesanan pada channel POS dan Toko Online, serta Membatalkan Pesanan pada channel POS dan Toko Online.

Melihat Catatan Khusus dari / untuk Pelanggan

Anda dapat melihat catatan khusus yang ditambahkan pelanggan saat checkout di POS atau Toko Online. iSeller juga memberikan kebebasan untuk Anda mengganti catatan yang ditambah jika Anda rasa catatan yang diberikan pelanggan kurang jelas.

Informasi Umum

Pada panel ini, Anda dapat melihat tanggal pesanan terjadi, nomor referensi dari pesanan, status dari pesanan, dan channel penjualan (dijual di POS atau Toko Online).

Pada penjualan menggunakan POS akan muncul informasi nama outlet dan nama kasir POS di sub panel Informasi Umum.

Sedangkan pada penjualan di Toko Online, akan muncul informasi metode pembayaran dan kurir pengiriman yang dipilih saat checkout.

Pelanggan

Panel ini berisikan nama pelanggan, Email pelanggan, nomor kontak pelanggan serta alamat dimana pesanan akan diantar.

Mengganti Alamat Pengiriman

Pada kolom ini, Anda dapat mengganti alamat pengiriman dengan klik logo Pena seperti yang sudah ditandai.

Ketika Anda klik logo Pena, Anda akan menemukan tampilan pengisian alamat baru seperti berikut.

Silahkan isi alamat pengiriman lalu klik Simpan untuk menerapkan pergantian alamat pengiriman.

Catatan Khusus untuk Operasi Internal 

Anda dapat menulis pesan internal yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang memiliki akses halaman pesanan.

Timeline Pesanan

Anda dapat melihat timeline pesanan pada kolom yang sudah kami tandai. Kolom timeline ini berisikan Waktu Pembuatan Pesanan, Waktu Pembayaran, serta semua Pesan Internal yang sudah ditulis.

Mencetak Detail Pesanan

Untuk mencetak / print detail pesanan Anda silahkan tekan tombol Print yang ada di pojok kanan atas.

Setelah menekan tombol, akan muncul tampilan baru seperti gambar di atas untuk konfigurasi cetakan detail pesanan. Ada 4 pengaturan yang bisa Anda ubah:

  • Use Outlet Info: Jika diaktifkan maka akan muncul alamat, nomor telepon, dan lokasi outlet dimana pesanan dibuat. Jika dinonaktifkan, akan menampilkan informasi lokasi dari store Anda.
  • Show Logo: Pilihan untuk menampilkan logo pada cetakan hasil print.
  • Tampilkan Tanda Tangan: Pilihan untuk menampilkan kolom tanda tangan pada cetakan hasil print. Anda juga dapat menambahkan nama / jabatan untuk masing-masing kolom penanda tangan.
  • Teks Bagian Footer: Konten tekstual tambahan yang akan tampil pada bagian bawah cetakan hasil print.
Apakah Anda menemukan jawaban?