Lewati ke konten utama
Semua KoleksiPengaturan Pengguna
Pengaturan Pemberitahuan / Notifikasi
Pengaturan Pemberitahuan / Notifikasi

Artikel ini akan menjelaskan cara menambahkan notifikasi baru dan mengatur notifikasi untuk aktivitas yang terjadi pada toko Anda.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui minggu ini

Notifikasi digunakan untuk menerima informasi aktivitas yang terjadi di toko Anda. Notifikasi yang kami sediakan antara lain, pemberitahuan ketika pesanan terbuat, pemberitahuan stok yang sisa sedikit, dan pemberitahuan ketika pesanan siap dikirim (pemenuhan / fulfillment).

Pemberitahuan akan dikirimkan ke email yang Anda pilih di pengaturan. Untuk pemberitahuan menggunakan push-notification silahkan download iSeller Admin App di Playstore.

Untuk mengakses halaman pemberitahuan, silahkan klik menu pengaturan lalu sub-menu pemberitahuan. Lalu klik Tambah Notifikasi untuk menambah notifikasi yang ingin dikirimkan.

Anda akan melihat tampilan pengaturan pemberitahuan seperti berikut.

Jenis

Pada pilihan ini, Anda dapat memilih jenis pemberitahuan yang ingin Anda terima.

Berikut adalah jenis pemberitahuan yang tersedia.

  • Semua Pemberitahuan: Semua pemberitahuan akan dikirim ke Email Anda, semua pemberitahuan mencakup pesanan yang dibuat, stok yang tersisa sedikit, dan pemberitahuan pemenuhan / fulfillment.

  • Pemberitahuan Pesanan: Dikirimkan ketika ada pesanan yang terbuat di POS dan/atau Toko Online.

  • Pemberitahuan Stok Rendah: Dikirimkan ketika stok barang menyamai atau lebih kecil dengan nilai yang Anda pasang di halaman Pengaturan Produk.

  • Pemberitahuan Pemenuhan: Dikirimkan ketika ada pesanan yang dipenuhi / siap kirim.

Pemicu Pemberitahuan

Jika Anda memilih jenis Semua Pemberitahuan atau Pemberitahuan Pesanan maka Anda akan menemukan panel pemicu yang memungkinkan Anda menetapkan kapan pemberitahuan tersebut dikirim ke email Anda.

Pemicu pemberitahuan dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

  • Waktu Sebenarnya: Dikirimkan secara langsung ketika pesanan sudah terjadi. Email yang dikirimkan memiliki rincian produk dan informasi lengkap mengenai pesanan yang dibuat.

  • Setiap 1 jam: Dikirimkan setiap 1 jam. Email yang dikirimkan memiliki total penjualan tiap pesanan tapi tidak memiliki rincian produk yang dibeli pada tiap produk.

  • Penutupan Register: Dikirimkan ketika penutupan register dilakukan. Notifikasi ini khusus untuk POS.

Metode Pemberitahuan

Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk memilih kemana email pemberitahuan akan dikirim. Ada dua tipe metode pemberitahuan yaitu:

Pemberitahuan ke Alamat Email

Jika Anda memilih metode ini, pemberitahuan akan dikirimkan ke email yang Anda isi pada form Email.

Pemberitahuan ke Akun Pengguna

Jika Anda memilih metode ini, Anda dapat memilih pengguna web admin yang akan menerima email pemberitahuan. Untuk menambahkan pengguna, silahkan baca Tambah Pengguna Baru.

Channel

Anda dapat menentukan informasi penjualan dari channel yang ingin Anda terima.

Ada 4 jenis channel yang bisa anda pilih yaitu:

  • Semua: Dikirimkan dari semua channel penjualan, termasuk POS dan Toko Online.

  • POS: Dikirimkan ketika terjadi penjualan (berhasil checkout) di aplikasi POS iSeller.

  • Online: Dikirimkan ketika terjadi penjualan (berhasil checkout) di Toko Online iSeller.

Outlet

Informasi outlet dibutuhkan ketika channel yang Anda pilih adalah semua channel atau POS. Pengaturan ini biasa digunakan jika Anda ingin memantau penjualan salah satu outlet saja.

Setelah semuanya sudah Anda isi, silahkan klik tombol Save untuk mengaktifkan pemberitahuan yang sudah Anda atur. Setelah disimpan, Anda bisa melakukan testing pengiriman notifikasi email dengan melakukan klik ke tombol lonceng yang ada di daftar notifikasi.

Model Notifikasi

Panel ini digunakan untuk untuk mengubah model notifikasi pada Email atau Mobile, sekaligus dapat mengatur ulang model notifikasi tersebut kembali seperti awal.

Ada total 5 model notifikasi yang otomatis dikirimkan ke email atau pengguna yang didaftarkan.

  • Notifikasi Pemesanan (Waktu Sebenarnya): Dikirimkan ke pelanggan secara langsung ketika pesanan sudah terjadi.

  • Notifikasi Pemesanan (Semua Jam): Dikirimkan ke pelanggan setiap 1 jam.

  • Notifikasi Pemesanan (Tutup Register): Dikirimkan ke pelanggan ketika penutupan register dilakukan.

  • Pemberitahuan Stok Rendah: Dikirimkan ke pelanggan ketika stok barang menyamai atau lebih kecil dengan nilai yang sudah Anda atur.

  • Pemberitahuan Pemenuhan: Dikirimkan ke pelanggan ketika ada pesanan yang dipenuhi / siap kirim.

Anda juga dapat mengubah model notifikasi yang diinginkan dalam bentuk CSHTML dengan klik logo pena seperti gambar berikut.

Setelah itu Anda dapat mengubah Email Penerima, Model Body(Email) yang diinginkan pada Email maupun Mobile. Anda juga dapat mengatur ulang model notifikasi balik ke aturan awal dengan klik Reset Template.

Selamat! Kini Anda telah berhasil mempelajari mengenai Pengaturan Pemberitahuan / Notifikasi. Semoga membantu.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?