Lewati ke konten utama
Kondisi Promosi

Artikel ini menjelaskan tentang cara mengatur kondisi promosi berdasarkan tipe promosi yang dipilih.

iSeller Team avatar
Ditulis oleh iSeller Team
Diperbarui lebih dari 2 minggu yang lalu

Ada total 4 Tipe Promosi yang dapat Anda pilih. Pemilihan Tipe Promosi tergantung pada jenis promosi yang Anda terapkan. Masing-masing tipe promosi memiliki pengaturan Kondisi yang berbeda-beda.

Diskon berdasarkan Produk

Tipe Promosi ini memberikan Diskon kepada Produk yang akan pelanggan beli. Format dari Kondisi untuk Tipe ini adalah sebagai berikut:

Berikut masing-masing penjelasannya:

  • Beli: Jumlah Produk yang harus dibeli agar promosi dapat diterapkan.

  • Pilih Tipe: Tipe kelompok yang akan dikenakan Kondisi Promosi tersebut. Anda dapat memilih Produk, Kategori, atau Koleksi pada Tipe untuk menentukan kelompok yang ingin dikenakan Promosi.

  • Pilih Produk / Kategori / Koleksi: Kelompok spesifik yang akan dikenakan Kondisi Promosi tersebut. Pilihan yang muncul tergantung pada pilihan tipe yang Anda pilih, tipe produk akan menampilkan daftar produk, tipe kategori menampilkan pilihan kategori yang dibuat, dan tipe koleksi menampilkan daftar koleksi yang ada.

  • Diskon: Jumlah Diskon yang akan diterapkan dalam Kondisi Promosi ini. Anda dapat memilih Diskon oleh % (potongan berdasarkan persentase dari harga jual produk), dengan Jumlah (potongan berdasarkan jumlah tertentu), atau Harga Spesial (perubahan harga jual produk menjadi harga baru).

  • Untuk Diskon Oleh %, Anda dapat langsung mengisi jumlah persentase dari harga jual produk dan Jumlah Maksimum Diskon yang bisa terpasang. Jika Anda tidak ingin ada jumlah maksimum diskon, bisa mengosongkan informasi Jumlah Maksimum Diskon.

  • Untuk Diskon Dengan Jumlah, Anda dapat langsung menentukan nominal potongan harga yang ingin diterapkan.

  • Untuk Harga Spesial, Anda dapat langsung mengubah harga dari Produk tersebut dengan nominal yang ditentukan.

Diskon Menurut Pesanan

Tipe promosi ini memberikan diskon sesuai dengan jumlah total pesanan belanja yang pelanggan Anda beli.

Berikut penjelasan singkatnya.

  • Tetapkan Minimal Pesanan: Jumlah total pesanan yang agar promosi dapat diterapkan ketika sudah mencapai nilai yang sudah diterapkan.

  • Diskon: Jenis Diskon yang akan diterapkan dalam Kondisi Promosi ini. Anda dapat memilih Diskon Oleh % (potongan berdasarkan persentase dari harga jual produk), dan dengan Jumlah (potongan berdasarkan jumlah tertentu).

  • Jumlah: Nilai Diskon yang diterapkan sesuai Tipe Diskon yang Anda pilih. Jika Anda memilih Diskon Oleh %, maka Anda diminta untuk mengisi jumlah persentase potongan. Jika memilih tipe dengan Jumlah, maka Anda diminta untuk mengisi nominal potongan harga.

Beli A dapat B

Kondisi promosi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan gratis produk ketika Anda membeli produk tertentu.

Berikut penjelasan singkatnya:

  • Beli: Jumlah Produk yang harus dibeli agar promosi dapat diterapkan.

  • Pilih Tipe: Tipe kelompok yang akan dikenakan Kondisi Promosi tersebut. Anda dapat memilih Produk, Kategori, atau Koleksi pada Tipe untuk menentukan kelompok yang ingin dikenakan Promosi.

  • Pilih Produk / Kategori / Koleksi: Kelompok spesifik yang akan dikenakan Kondisi Promosi tersebut. Pilihan yang muncul tergantung pada pilihan tipe yang Anda pilih, tipe produk akan menampilkan daftar produk, tipe kategori menampilkan pilihan kategori yang dibuat, dan tipe koleksi menampilkan daftar koleksi yang ada.

  • Hadiah: Tentukan Hadiah Promosi yang didapatkan. Hadiah bisa berupa Produk Gratis, Dapat Produk B dengan Diskon (persentase atau nominal), serta Dapat Produk B dengan Harga spesial.

  • Sumber Hadiah: Tipe barang yang menjadi hadiah dari kondisi promosi tersebut. Sumber Hadiah bisa berupa Produk, Kategori dari Produk, atau Koleksi Produk.

  • Dapatkan: Jumlah hadiah yang didapatkan dari kondisi promosi tersebut.

  • Pilih Produk / Kategori / Koleksi: Kelompok spesifik yang akan menjadi hadiah Kondisi Promosi tersebut.

Untuk tipe Hadiah Dapat Produk B dengan Diskon dan Dapat Produk B, Anda dapat memasukkan nominal yang diinginkan sesuai tipe yang dipilih. Contoh Dapat Produk B dengan Diskon Persentase akan menampilkan informasi tambahan mengenai berapa % potongan yang ingin diterapkan untuk Produk B; Dapat Produk B dengan Diskon Nominal membutuhkan informasi potongan harga untuk Produk B; dan Dapat Produk B dengan Harga Spesial membutuhkan harga baru untuk Produk B.

Diskon Berdasarkan Pengiriman

Promosi ini di khususkan untuk promosi Toko Online.

Berikut penjelasannya:

  • Pilih Jasa Pengiriman: Jasa Pengiriman yang ingin dipasang harga Promosi. Untuk mengatur jasa pengiriman di toko Anda silahkan baca Pengaturan Pengiriman.

  • Servis: Servis dari Jasa Pengiriman yang sudah Anda pilih yang ingin dipasang harga Promosi.

  • Diskon: Jenis Diskon yang akan diterapkan dalam Kondisi Promosi ini. Anda dapat memilih Diskon oleh % (potongan berdasarkan persentase dari harga jual produk), dengan Jumlah (potongan berdasarkan jumlah tertentu), atau Harga Spesial (gratis biaya pengiriman selama biaya masih di bawah nominal yang ditentukan).

  • Jumlah: Jumlah Diskon yang akan diterapkan dalam Kondisi Promosi ini. Anda dapat memilih Diskon oleh % (potongan berdasarkan persentase dari harga jual produk), dengan Jumlah (potongan berdasarkan jumlah tertentu), atau Harga Spesial (perubahan harga jual produk menjadi harga baru).

  • Untuk Diskon Oleh %, Anda dapat langsung mengisi jumlah persentase dari biaya pengiriman dan Jumlah Maksimum Diskon yang bisa terpasang. Jika Anda tidak ingin ada jumlah maksimum diskon, bisa mengosongkan informasi Jumlah Maksimum Diskon.

Tampilan Diskon Berdasarkan Pengiriman pada Toko Online

Diskon Berdasarkan Pengiriman pada Toko Online akan langsung terpasang pada jasa pengiriman dan servis pengiriman yang sudah Anda atur. Dapat dilihat seperti contoh gambar di atas, jasa pengiriman dan servis yang sudah di atur akan memiliki informasi total harga jasa pengiriman setelah potongan.

Selamat! Kini Anda telah memahami cara mengatur kondisi promosi berdasarkan tipe promosi yang dipilih. Semoga membantu.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?