Semua Koleksi
Pengaturan Toko
Point of Sale
Pengaturan POS Terpusat di Web Admin
Pengaturan POS Terpusat di Web Admin

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara membuat pengaturan POS menjadi terpusat di web Admin iSeller

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Pernahkah Anda mengalami masalah di mana kasir mengubah pengaturan di mesin POS tanpa izin atau tanpa sepengetahuan Anda? Jika iya, iSeller kini punya kabar baik! Dengan fitur Centralized POS, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

Fitur ini memungkinkan semua merchant untuk membuat pengaturan POS menjadi terpusat di satu web admin. Sehingga, Anda tidak perlu melakukan konfigurasi satu-satu. Hal ini bukan hanya menjaga keamanan sistem, tetapi juga tentang menyederhanakan proses bisnis Anda.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur ini dan bagaimana cara kerjanya? Simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan jawabannya.

Langkah 1: Masuk ke akun iSeller Anda. Klik menu Apps > Enterprise Features Pack

Langkah 2: Kemudian, geser tombol aktivasi Pengaturan POS Terpusat pada bagian Pengaturan, dan akan muncul pop up konfirmasi > Klik Proses.

Langkah 3: Ketika fitur pemusatan aturan POS sudah aktif,. Anda dapat melakukan penyesuaian aturan di web admin secara langsung. Klik Konfigurasi Pengaturan POS.

Langkah 4: Lalu, akan muncul pop up seluruh pengaturan yang ada di POS. Lakukan pengaturan sesuai kehendak Anda, kemudian klik Simpan.

📌 Note: Secara bawaan, jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka pemusatan aturan POS di seluruh outlet dan register yang terintegrasi akan aktif. Sehingga, outlet dan register tersebut tidak bisa mengubah pengaturan di POS langsung, harus mengikuti aturan yang dibuat di web admin.

Namun, Anda bisa mematikan fitur ini di outlet atau register tertentu sesuai keinginan Anda. Perhatikan langkah di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Ketika fitur ini aktif, akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah. Ini berarti kasir harus menutup paksa (force close) POS agar fitur ini terimplementasikan.

Aktivasi Per Outlet dan Register

Langkah 1: Setelah Anda mengaktifkan fitur pemusatan aturan POS di Enterprise Features Pack, Anda bisa mematikan aktivasinya jika Anda ingin beberapa outlet tetap bisa mengubah aturan di POS sendiri. Caranya, klik menu Sales Channel > POS

Langkah 2: Lalu, geser tombol aktivasi Pengaturan POS Terpusat di bagian outlet yang Anda inginkan. Perhatikan gambar berikut.

Langkah 3: Untuk nonaktifkan fitur ini di register tertentu, klik Register yang Anda inginkan > geser tombol aktivasi untuk mematikan fiturnya > lalu klik Proses.

Langkah 4: Pada bagian register, pilih register yang ingin Anda atur aktivasi Pemusatan Aturan POSnya.

Langkah 5: Lalu, akan muncul pop-up seperti gambar di bawah. Geser tombol pada Pengaturan POS Terpusat untuk menon-aktifkan atau mengaktifkannya kembali.

Langkah 6: Terakhir, klik Proses pada pop-up konfirmasi yang muncul, lalu klik Simpan.

📌 Catatan: Anda bisa mengaktifkan kembali fitur ini di outlet atau register kapan pun sesuai keinginan Anda.

Batasi Akses Pengguna

Anda bisa membatasi pengguna mana saja yang bisa mengatur aktivasi Pemusatan Aturan POS ini. Caranya, perhatikan langkah berikut.

Langkah 1: Pilih menu Pengaturan > Pengguna

Langkah 2: Klik bagian pengguna yang ingin Anda batasi, lalu akan muncul pop up dan aktifkan Batasi Akses Admin untuk pengguna tersebut.

Langkah 3: Geser ke bawah hingga bagian “Pengaturan Sekuritas Lanjutan” dan centang bagian Larang Pengaturan POS Terpusat.

Langkah 4: Kemudian, klik Simpan untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Sekian artikel tentang Pengaturan POS Terpusat di web admin. Semoga artikel ini bermanfaat!


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?