[Getting Started] Pengaturan Halaman Checkout

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengaturan halaman checkout pada toko online Anda saat pelanggan melakukan transaksi.

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Di iSeller, Anda dapat mengatur dan melakukan personalisasi halaman checkout untuk beri kepuasan dan kenyamanan pada pelanggan saat melakukan transaksi di toko online Anda.

Simak langkah-langkah di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Langkah 1: Pada menu Sales Channels > Toko Online, geser ke bawah hingga ke bagian panel Checkout.

Langkah 2: Kemudian, di panel checkout terdapat dua pilihan untuk alur dan tampilan antarmuka pengguna saat melakukan checkout. Mode Checkout Classic dan Checkout Express.

Pilih mode klasik jika Anda ingin tampilan antarmuka pengguna terdiri dari beberapa halaman yang berbeda.

Pilih mode Express jika Anda ingin alur dan tampilan checkout tersedia dalam satu halaman sekaligus.

Langkah 3: Selain itu, Anda juga bisa mengatur warna utama dan logo checkout-nya.

Pengisian Data Pelanggan

Pada bagian Pengisian Data Pelanggan, Anda dapat mengatur informasi apa saja yang Anda perlukan dari pelanggan saat pelanggan melakukan checkout. Anda dapat mengatur apakah pelanggan harus mengisi nama depan dan belakang mereka, alamat tambahan dan nomor telepon mereka, alamat utama hingga alamat tambahan.

📌 1. Pilihan Nama Pelanggan:

  • “Nama depan dan nama pelanggan harus diisi”

  • “Membutuhkan nama depan saja”

  1. Preferensi Telepon:

    • “Tersembunyi”

    • “Pilihan”

    • “Wajib”

  2. Alamat:

    • “Tersembunyi”

    • “Wajib”

  3. Alamat Tambahan:

    • “Tersembunyi”

    • “Pilihan”

    • “Wajib”

Preferensi Pemesanan

Untuk mengatur tipe pelanggan apa saja yang dapat melakukan checkout atau membuat pesanan pada toko online Anda, silakan lihat bagian Pengaturan Tambahan.

Pada bagian Pilihan Pelanggan, Anda dapat mengatur apakah pelanggan hanya bisa memesan sebagai tamu, atau harus memilik akun di Toko Online Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengatur agar pemesanan bisa dilakukan oleh pelanggan baik sebagai tamu maupun bagi yang memiliki akun.

📌 1. Pilihan Pelanggan:

  • “Nama depan dan nama pelanggan harus diisi”

  • “Membutuhkan nama depan saja”

  1. Setelah pemesanan dibayar:

    • “Secara otomatis memenuhi item baris pesanan”

    • “Secara otomatis hanya memenuhi kartu hadiah pesanan”

    • “Jangan secara otomatis memenuhi salah satu item baris pesanan”

  2. Tampilkan informasi kode kupon

  3. Tampilkan catatan tambahan

Tampilan di Halaman Toko Online

Berikut adalah tampilan di halaman checkout klasik di Toko Online Anda. Dengan halaman checkout seperti ini, pelanggan dapat melengkapi data dalam 3 halaman.

Jika Anda mengatur agar pemesanan bisa dilakukan baik sebagai tamu atau bagi yang memiliki akun. Pelanggan dapat memilih untuk membuat akun baru, masuk dengan menggunakan akun yang ada, atau hanya perlu mengisi data diri mereka untuk melakukan pemesanan sebagai tamu.

Jika Anda memilih Pelanggan Melengkapi Pesanan Sebagai Tamu, maka pada halaman checkout Toko Online Anda, Pelanggan hanya bisa mengisi data diri mereka sebagai tamu dan tidak dapat membuat akun baru maupun masuk ke akun yang sudah ada.

Dan berikut adalah tampilan ketika Anda mengharuskan Pelanggan untuk melakukan pesanan dengan akun mereka. Pada halaman checkout Toko Online Anda tidak akan ada pilihan untuk mengisi data diri sebagai tamu. Jadi Pelanggan harus masuk ke akun yang sudah ada atau membuat akun baru. Jika membuat akun baru, Pelanggan harus mengisi data diri mereka untuk didaftarkan.

Berikut adalah tampilan di halaman checkout Express di Toko Online Anda dengan alur dan tampilan checkout tersedia pada satu halaman sekaligus.

Sekian artikel tentang pengaturan halaman checkout pada toko online Anda saat pelanggan melakukan transaksi.

Kemudian, setelah mengatur konfigurasi checkout untuk berjualan, Anda dapat mempercantik tampilan website sesuai kebutuhan Anda dengan Editor Tema iSeller. Pada tema yang Anda pilih, Anda dapat mengatur widget apa yang ingin ditampilkan pada halaman beranda dan memilih tampilan header dan footer. Baca langkah selanjutnya pada artikel Pemilihan Tema dan Publikasi.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?