Semua Koleksi
Pesanan
Pembuatan Pesanan Melalui Web Admin
Pembuatan Pesanan Melalui Web Admin

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara membuat pesanan langsung dari web admin iSeller

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Setelah melakukan instalasi pada add on Advanced Order Management, Anda bisa langsung menggunakan fitur ini untuk membuat dan memproses pesanan di web admin.

Simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui bagaimana cara penggunaannya.

Langkah 1: Masuk ke akun web admin iSeller Anda > pilih menu Pesanan

Langkah 2: Pada sisi kanan atas menu pesanan, klik tombol Buat Pesanan.

šŸ“Œ Catatan: Tombol Buat Pesanan hanya muncul jika Anda sudah menginstal dan mengaktifkan add-on Advanced Order Management

Langkah 3: Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman pesanan, seperti gambar di bawah ini. Lalu, pilih produk yang dipesan pelanggan.

Langkah 4: Kemudian, akan muncul pop up untuk kustomisasi harga produk. Anda bisa memasukkan harga sesuai keinginan Anda ataupun membiarkan kolom kosong jika ingin menggunakan harga asli produk. Lalu klik Terapkan

šŸ“Œ Catatan: Pastikan Anda sudah menginstal add on Price Overwrite dan mengaktifkannya agar bisa mengubah harga produk saat membuat pesanan seperti gambar di atas.

Langkah 5: Selanjutnya, pilih outlet untuk penyesuaian inventaris dan harganya. Klik ikon panah ke bawah atau ketik nama outletnya.

Langkah 6: Lalu, pilih pelanggan yang melakukan pemesanan. Bagi pelanggan yang sudah terdaftar, klik ikon panah ke bawah atau ketik dan cari nama pelanggan tersebut. Bagi pelanggan baru, Anda bisa masukkan nama pelanggan tersebut dan tekan tombol Enter pada keyboard.

Jika Anda memasukkan nama pelanggan baru, akan muncul pop-up untuk mengisi data pelanggan tersebut. Isi data yang diminta, lalu klik Simpan.

Langkah 7: Setelah itu, jika pelanggan ingin menggunakan pembayaran dengan On Account, aktifkan Pembayaran Hutang untuk Pelanggan Terdaftar dengan menggeser tombol aktivasi berikut.

Lalu, atur jangka waktu pembayarannya.

šŸ“Œ Jika Anda mengaktifkan metode pembayaran hutang untuk pelanggan terdaftar ini, maka hasil akhir pesanan hanya bisa dipublikasi dan tidak bisa disimpan sebagai draft.

Langkah 8: Edit Alamat Penagihan dengan klik ikon pensil, seperti gambar berikut.

Isi data-data yang diminta, dan Anda bisa mengatur alamat sebagai alamat bawaan dengan geser tombol aktivasi di sisi kiri bawah. Setelah itu, klik Terapkan.

Ringkasan Pesanan

Pada bagian ini, Anda dapat mengatur Promosi, Diskon, Pengiriman, Pajak dan biaya tambahan lainnya untuk pesanan yang sedang dibuat.

Langkah 1: Atur penggunaan promosi dengan klik Edit Promosi

Masukkan kode promosi yang ingin digunakan. Anda juga bisa menghapus penggunaan promosi dengan klik ikon tempat sampah di sisi kanan kode promosi tersebut.

Kemudian, klik Terapkan.

Langkah 2: Selanjutnya, ubah penggunaan diskon dengan klik Edit Diskon.

Geser tombol aktivasi dan pilih diskon yang ingin digunakan.

Terdapat pilihan Diskon Tersedia atau Kustom Diskon yang bisa Anda pilih.

Jika Anda pilih Diskon Tersedia, akan muncul daftar diskon tersedia yang bisa digunakan

Jika Anda pilih Kustom Diskon, akan muncul pengaturan diskon yang ingin dibuat. Pilih diskon berdasarkan persentase atau berdasarkan jumlah, lalu masukkan nominalnya.

Selanjutnya, masukkan nominalnya dan Anda juga bisa menambahkan deskripsi untuk diskon tersebut.

Setelah itu, klik Terapkan.

Langkah 3: Anda juga bisa mengubah metode pengiriman dengan klik Edit Pengiriman.

Kemudian, akan muncul pop up seperti gambar di bawah. Jika pesanan tidak memerlukan pengiriman, pilih ā€œTidak Perlu Pengirimanā€

Jika pesanan memerlukan pengiriman, pilih ā€œProduk Memerlukan Pengirimanā€

Lalu, klik ikon pensil di samping Ubah Alamat jika Anda menggunakan pelanggan baru dan ingin mengubah alamatnya.

Akan muncul pop up Tambah Detail Penerima. Klik ā€œTambah Baruā€ > masukkan detail alamat penerima > klik ā€œTerapkanā€.

Kemudian, pilih metode pengirimannya. Terdapat 4 metode pengiriman yaitu Pengiriman Gratis, Pengiriman Kustom, Pengiriman Manual, dan Pengiriman Terintegrasi.

Jika Anda memilih Pengiriman Kustom, Anda akan diminta memasukkan nama kurir dan jumlah biaya pengirimannya.

Jika Anda memilih Pengiriman Manual > pilih standar kurir (Pengiriman Standar atau Pengiriman Internasional).

Jika Anda memilih pengiriman terintegrasi > pilih kurir yang sudah terintegrasi. Anda juga bisa mengaktifkan asuransi pada pengiriman ini.

Setelah itu, klik Terapkan.

Langkah 4: Anda juga bisa menyesuaikan penggunaan pajak dengan klik Edit Pajak pada bagian Ringkasan Pesanan

Lalu muncul pop-up pengaturan pajak seperti gambar berikut. Geser tombol aktivasi pada salah satu aturan pajak sesuai kebutuhan Anda > lalu klik Terapkan.

Setelah selesai mengatur semuanya, klik Simpan Draft jika Anda masih ingin melakukan perubahan pada pesanan.

Anda dapat mengubah draft pesanan yang sudah disimpan.

Klik Publikasi > Proses jika Anda ingin langsung mempublikasi dan memproses pesanannya.

Terakhir, setelah berhasil dipublikasi, Anda bisa mengirim invoice ke pelanggan dengan cara klik Kirim Invoice atau Dapatkan Link

Sekian artikel tentang Pembuatan Pesanan Melalui Web Admin, semoga artikel ini bermanfaat.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?