Semua Koleksi
Pemasaran
Pengaturan Poin Loyalti
Pengaturan Penukaran Poin Loyalti Sebagai Promosi
Pengaturan Penukaran Poin Loyalti Sebagai Promosi

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara mengatur poin loyalti pelanggan agar bisa ditukarkan dalam bentuk promosi di POS

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Poin loyalti merupakan bentuk hadiah dari Anda untuk pelanggan terdaftar yang sudah setia berbelanja di toko Anda. Penggunaan poin loyalti bisa dimanfaatkan sebagai metode pembayaran jika sudah memenuhi syarat yang telah dibuat.

Tak hanya itu, poin loyalti juga bisa ditukarkan dalam bentuk promosi, lho!

Untuk mengetahui bagaimana pengaturannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Masuk ke web admin iSeller Anda > Pilih menu Marketing > sub-menu Loyalti

Langkah 2: Pada bagian Tukar Poin Loyalti > Pilih Pengaturan Penukaran Poin Loyalti > Promosi.

📌 Catatan: Pengaturan ini akan mengizinkan pelanggan untuk menukar Poin Loyalti sebagai promo diskon. Pelanggan Anda dapat menukarkan poin mereka berdasarkan pesanan (berupa diskon menurut persen (%) atau nominal tertentu) dan juga promosi berdasarkan produk gratis.

Langkah 3: Pilih kondisi promosi yang Anda inginkan untuk bisa ditukar dengan loyalti poin. Terdapat 2 pilihan, yaitu:

Promosi Berdasarkan Pesanan

Langkah 1: Pilih Promosi Berdasarkan Pesanan jika Anda ingin pelanggan mendapatkan promosi berupa potongan harga pada pesanannya, kemudian atur ketentuan yang akan diaplikasikan

Langkah 2: Masukkan jumlah poin yang bisa ditukarkan untuk mendapatkan potongan harga dan tentukan jumlah penukaran yang akan didapatkan. Bisa dalam bentuk persen ataupun jumlah nominal tertentu.

Langkah 3: Anda bisa memasukkan ketentuan minimum pembelian dan maksimum diskon yang akan diberikan.

📌 Contoh kasus 1: Anda ingin pelanggan yang telah memiliki 20 poin loyalti dapat menukarkan poin tersebut menjadi promosi. Promosi ini berupa potongan harga 10% dengan minimum pembelian Rp200.000 dan maksimum diskon Rp50.000. Perhatikan gambar di bawah ini.

📌 Contoh kasus 2: Anda ingin pelanggan yang telah memiliki 20 poin loyalti dapat menukarkan poin tersebut menjadi promosi berupa potongan harga sejumlah Rp20.000 dengan minimum pembelian sebesar Rp150.000.

Promosi dengan Mendapatkan Produk Gratis

Selain dengan promosi berdasarkan pesanan, Anda juga bisa pilih Promosi Gratis Produk jika Anda ingin pelanggan mendapatkan promosi berupa produk gratis.

Langkah 1: Atur ketentuan yang akan diaplikasikan > Masukkan jumlah poin loyalti yang bisa ditukar, masukkan jumlah produk yang akan didapatkan dan pilih produknya. Perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar di atas menjelaskan pengaturan jika Anda ingin pelanggan dengan 20 poin loyalti bisa ditukar dalam bentuk promosi mendapatkan 1 produk Cypruz Candy Baking Set (Hitam) secara gratis.

Note: Opsi promosi dengan mendapatkan produk gratis ini hanya bisa diaplikasikan di POS.

Langkah 2: Terakhir, setelah selesai melakukan pengaturan, klik Simpan agar pengaturan tersebut dapat diaplikasikan.

Sekian penjelasan mengenai Pengaturan Poin Loyalti Menjadi Promosi. Silakan klik link ini untuk mengetahui bagaimana implementasi aturan penukaran poin loyalti menjadi promosi di POS.

Anda juga bisa tonton Tutorial Penggunaan Poin Loyalti Menjadi Promosi dalam bentuk video berikut.


Perlu bantuan lain?

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?