Halaman Pesanan berisikan daftar pesanan dari toko Anda. Anda dapat melihat nomor pesanan, tanggal pesanan terjadi, nama pelanggan, status pembayaran, dan lain-lain.
Untuk mengakses halaman Pesanan, silakan masuk ke dalam web admin iSeller dari toko Anda, lalu, klik menu Pesanan yang berada pada bagian kiri layar, seperti gambar di bawah ini.
Daftar Pesanan
Semua daftar pesanan akan Anda lihat pada halaman awal menu Pesanan.
Pada Daftar Pesanan, Anda dapat melihat beberapa kolom seperti:
Order Reference: Nomor pesanan yang otomatis terbuat berdasarkan pengaturan yang Anda buat di Pengaturan Umum.
Date: Tanggal pesanan terbuat
Customer: Pelanggan yang memesan pesanan tersebut. Pelanggan yang tidak muncul berarti informasi pelanggan tidak dimasukkan pada saat checkout di POS atau pelanggan melakukan checkout as guest pada toko online.
Payment Status: Status pembayaran, yang dapat berisikan Pending (Belum dibayar) / Partially Paid (Lunas Sebagian) / Paid (Lunas) / Partially Refunded (Uang dikembalikan sebagian) / Refunded (Uang dikembalikan)
Fulfillment Status: Status pemrosesan / status pemenuhan dapat berisikan Not Fulfilled (Belum diproses) / Partially Fulfilled (Sudah diproses sebagian) / Fulfilled (Selesai diproses). Pemrosesan yang dimaksud adalah status barang sudah sampai di agen kurir untuk dikirim atau sudah melakukan permintaan pengembalian barang.
Total: Total penjualan dari pesanan tersebut.
Ekspor Daftar Pesanan
Untuk melakukan ekspor pesanan, silakan pilih menu Pesanan, lalu, klik tombol Ekspor yang berada di kanan atas.
Selanjutnya, akan muncul pop-up berisikan pilihan Ekspor Pesanan, seperti gambar berikut.
Note: Tampilan pesanan sesuai dengan pengaturan tampilan yang sudah Anda atur. Tampilan yang akan muncul pada current view bukanlah tampilan semua pesanan, melainkan tampilan yang sudah Anda atur dengan segala penyaringan (filter).
Selanjutnya, pada ekspor daftar pesanan, terdapat 3 pilihan opsi, yaitu
Ekspor Pesanan,
Ekspor Detail Pesanan,
Ekspor Pesanan dengan Detail Pesanan.
Ekspor Pesanan
Fitur ini digunakan untuk menentukan hasil ekspor yang akan terjadi. Jika Anda pilih Ekspor Pesanan, hasil data ekspor adalah informasi mengenai pesanan tersebut seperti Nama Pelanggan, Biaya Pengiriman, dan lain-lain. (Tidak termasuk keterangan detail seperti nama produk, SKU, Modifier, Variant, dan lainnya).
Berikut contoh hasil dari pilihan Ekspor Pesanan
Ekspor Detail Pesanan
Fitur ini digunakan untuk menentukan ekspor daftar pesanan dengan hasil data berupa informasi mengenai rincian produk dari pesanan tersebut seperti, nama pesanan, modifier, SKU, varian, dan lain-lain.
Berikut contoh hasil dari pilihan Ekspor Detail Pesanan
Ekspor Pesanan dengan Detail Pesanan
Fitur ini digunakan untuk menentukan hasil ekspor dengan informasi mengenai pesanan beserta rincian produk dari pesanan tersebut.
Berikut contoh hasil dari pilihan Ekspor Pesanan dengan Detail Pesanan
Mencari Pesanan
Untuk mencari pesanan tertentu, silakan tulis nomor pesanan yang Anda ingin cari ke dalam kotak yang sudah kami tandai dengan warna merah, maka, secara otomatis sistem iSeller akan memilah daftar pesanan yang memiliki Order Reference yang Anda cari.
Menyaring Daftar Pesanan
Jika Anda ingin menyaring daftar pesanan Anda, silakan klik pada logo corong yang berada pada kiri atas dari bagian utama halaman pesanan, maka, Anda akan menemukan berbagai tipe penyaringan pesanan yang telah kami sediakan.
Ada total 12 tipe penyaringan yang bisa Anda lakukan kepada daftar pesanan Anda:
Status: Status dari pesanan. Apakah Status Pesanan Draft, Selesai, Reserved, atau Void.
Status Pembayaran: Penyaringan pesanan berdasarkan status pembayaran dari pesanan tersebut.
Status Pemenuhan: Penyaringan pesanan berdasarkan status pemenuhan dari pesanan tersebut
Saluran: Penyaringan pesanan berdasarkan saluran penjualan. Apakah dari POS (Point of Sale) atau toko online
Metode Pembayaran: Penyaringan pesanan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan untuk memenuhi pesanan.
Kasir: Penyaringan pesanan berdasarkan kasir yang bertanggung jawab terhadap pesanan yang terjadi.
Dilayani oleh: Penyaringan pesanan berdasarkan karyawan yang mengirim pesanan ke bagian dapur untuk dikelola. Kolom ini biasa digunakan untuk bisnis F&B.
Outlet: Penyaringan pesanan berdasarkan outlet di mana pesanan tersebut terjadi.
Tanggal: Penyaringan pesanan berdasarkan tanggal pesanan tersebut terjadi
Pelanggan: Penyaringan pesanan berdasarkan nama pelanggan yang sudah mendaftar anggota toko Anda.
Jatuh Tempo Pembayaran (Hari): Penyaringan pesanan berdasarkan jatuh tempo pembayaran yang telah disepakati bersama pelanggan
Akun Marketplace: Penyaringan pesanan berdasarkan akun marketplace yang Anda miliki dan terhubung ke web admin iSeller.
Lalu, setelah Anda memilih metode penyaringan, Anda akan menemukan form penyaringan sebagai berikut:
= menyaring semua pesanan yang menggunakan metode pembayaran tunai.
Setelah semua dimasukkan, silakan klik Tambah filter, maka, hasil dari penyaringan akan terimplementasikan, seperti contoh di bawah ini.
Menyimpan Hasil Penyaringan Pesanan
Hasil dari penyaringan yang telah Anda lakukan bisa disimpan untuk digunakan nanti. Cukup klik tombol My Filter untuk menyimpan hasil penyaringan tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini.
Anda cukup memasukkan nama dari hasil penyaringan pesanan tersebut dan tekan tombol Simpan maka, hasil penyaringan pesanan Anda akan tersimpan.
Anda dapat mengakses setiap hasil penyaringan pesanan Anda dengan klik logo Tiga Titik yang berada di samping kanan tombol My Filter.
Sekian pengenalan terkait menu pesanan. Semoga membantu Anda dalam memroses pesanan Anda di Web Admin iSeller. Semoga membantu.
Perlu bantuan lain?
Jika Anda tidak dapat menyelesaikan langkah-langkah di atas, masih terdapat kendala, atau memerlukan bantuan lain, hubungi Tim Support iSeller.