Pengaturan Varian

Artikel ini menjelaskan tentang cara menambahkan varian produk dan pengaturan lainnya pada varian produk.

Bazlin Fadilah avatar
Ditulis oleh Bazlin Fadilah
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Ada kemungkinan produk yang Anda miliki memiliki berbagai varian mulai dari ukuran, warna, rasa, dan sebagainya. iSeller menyediakan fitur bagi Anda untuk menambahkan berbagai varian pada setiap produk Anda yang dapat memudahkan pelanggan untuk memilih produk dengan varian yang mereka inginkan. Untuk dapat membuat produk varian, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Membuat Produk Baru Dengan Varian

Langkah 1 : Pada Menu Catalog > Pilih Sub Menu Products > Add Product

Langkah 2 : Isilah deskripsi produk baru yang ingin Anda buat mulai dari general information, visibility, organization, pricing, loyalty, inventory dan lain-lain sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 3 : Pada panel Inventaris, aktifkan tombol This Product Has Variants menjadi berwarna biru.

Langkah 4 : Akan muncul panel baru yaitu Product Variants.

Berikut adalah penjelasan dari kolom Product Variants.

  • Option: Pilihan varian dari produk tersebut, contohnya ukuran, warna, rasa, dll. Pilihan bisa dikatakan pengelompokkan nilai-nilai varian.

  • Value : Nilai yang dimiliki dari opsi varian tersebut. Jika opsi varian adalah Warna, maka nilai dari varian adalah Merah, Hijau, Putih, dll. Disesuaikan kembali dengan produk varian yang Anda buat.

    Notes : Setiap nilai varian dipisah dengan tanda koma

  • Trash Button : Berfungsi untuk membuang varian yang tidak digunakan.

  • Add Button : Menambah varian

Berikut adalah tampilan pengisian produk varian untuk produk Sepatu Converse dengan varian warna.

Pada gambar di atas Anda dapat mengatur Harga, SKU, dan Barcode yang berbeda untuk setiap Varian.

Langkah 5 : Pilih tombol Save untuk menerapkan varian produk.

Mengedit Varian

Anda dapat mengatur atau mengedit varian dari produk yang Anda miliki dengan pilih logo Pena yang ada pada bagian paling kanan dari kolom Produk Varian.

Halaman pengaturan varian memiliki kemiripan dengan pengaturan produk. Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengubah nilai varian Anda.

Dalam pengaturan varian, Anda dapat:

  • Mengubah nilai dari opsi varian dari produk varian tersebut

  • Menambahkan gambar pada varian produk tersebut yang nantinya akan muncul di pilihan pesanan pada saat pelanggan memilih produk.

    Anda dapat menambahkan gambar varian dengan pilih tanda plus atau drag and drop gambar tersebut. Berikut adalah contoh tampilan gambar produk varian di POS.

  • Mengatur harga dan pengaturan biaya pajak dari produk varian tersebut

  • Mengatur loyalti poin dari produk varian tersebut

  • Mengatur Stok Opname dari produk varian tersebut

Penambahan Varian Baru

Untuk menambah opsi varian baru, ada beberapa opsi penambahan varian yang perlu Anda ketahui.

Menambah Varian kepada Semua Opsi Varian

Jika Anda ingin menambah varian tambahan yang berlaku untuk semua varian yang sudah ada, ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1 : Pilih Edit Options > Add Options.

Langkah 2 : Jika varian baru adalah ukuran, masukkan nilai varian ukuran yang memiliki semua varian warna. Dalam contoh, kita akan memasukkan varian ukuran sepatu 40,41,42.

Pilih Save untuk menerapkan penambahan varian baru.

Menambah Varian kepada Sebagian Opsi Varian

Jika Anda ingin menambah sebagian Varian yang ada, silahkan ikuti langkah berikut.

Langkah 1: Gambar dibawah ini akan menambah nilai varian ukuran 39 yang hanya dimiliki oleh sepatu berwarna Biru dan Putih, silahkan centang nilai varian warna

Langkah 2 : Pilih logo "Tiga Titik" yang ada di judul tabel > Duplicate Variants

Langkah 3: Silahkan masukkan nilai varian ukuran yang Anda inginkan, dalam contoh ini nilai varian yang dimasukkan ukuran 39.

Langkah 4: Pilih tombol Save untuk menerapkan penambahan varian. Pada daftar varian, Anda akan melihat bahwa hanya nilai varian biru dan putih memiliki ukuran baru 39.

Mengatur Urutan Varian

Anda dapat mengatur urutan varian dengan mudah. Urutan varian akan berpengaruh pada tampilan POS dan Toko Online saat memilih produk dengan varian. Untuk Mengatur Urutan Varian, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Pilih tombol Reorder Variants

Langkah 2: Pada tambilan berikutnya, silahkan tarik Opsi Varian atau Nilai Varian yang ingin Anda urutkan, lalu taruh di posisi yang Anda inginkan.

Langkah 3: Pilih Apply untuk menerapkan pergantian urutan varian.

Mengubah Harga Relatif

iSeller memberikan fitur Harga Relatif untuk Varian Anda, dimana setiap pembelian varian yang berbeda, akan ditambahkan harga dari harga asli. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat harga relatif dari sebuah varian.

Langkah 1: Pada halaman produk bagian produk varian > Pilih Edit Variants

Langkah 2: Aktifkan tombol Use Relative Price. Ketika diaktifkan, akan ada form tambahan di setiap produk varian. Silahkan masukkan harga relatif dari produk varian tersebut.

Jika Pelanggan Anda membeli Sepatu Converse dengan Varian berwarna Biru, maka harga untuk produk tersebut adalah Harga Dasar (Rp 800,000) ditambah dengan harga relatif (Rp 10,000) dari produk varian tersebut. Maka harga dari produk Sepatu Converse Berwarna Biru tersebut adalah Rp 810. 000. Sedangkan dari contoh gambar di atas, harga dari produk Sepatu Converse Berawarna Putih adalah Rp 820.000.

Langkah 3: Pilih Apply untuk menerapkan harga relatif dari produk varian tersebut. Kemudian, Pilih Save pada pojok kanan atas untuk menyimpan perubahan Anda.

Mengubah Harga Secara Bersamaan

Selain bisa mengubah harga relatif, Anda bisa juga mengubah harga secara bersamaan. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Pilih semua atau beberapa varian dengan mencentang kotak kecil di setiap pilihan varian yang akan dirubah harganya.

Langkah 2 : Masukkan harga baru yang akan diaplikasikan ke varian yang dipilih > Save.

Berikut adalah hasil varian yang diubah harganya.

Mengubah Inventaris Secara Bersamaan

Selain bisa mengubah harga secara bersamaan, Anda juga bisa memperbaharui inventori secara bersamaan juga. Ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Pilih semua atau beberapa varian dengan mencentang kotak kecil di setiap pilihan varian > Update Inventory.

Langkah 2: Pilih jenis perubahan yang ingin dilakukan.

  • Pilih Add untuk menambahkan jumlah persediaan ke semua pilihan varian.

  • Pilih Set untuk mengubah seluruh jumlah masing-masing persediaan varian ke jumlah tertentu.

Langkah 4 : Pilih Save untuk menyimpan perubahan. Berikut adalah tampilannya.

Menambahkan varian produk, mengubah susunan varian, menentukan harga relatif varian, mengubah harga dan inventaris pada produk varian sudah selesai.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?