Seperti yang diketahui, ketika Anda sudah melakukan proses integrasi antara iSeller dengan Accurate, Anda dapat melakukan berbagai proses bisnis yang dapat dilakukan baik melalui iSeller ataupun Accurate.

Berikut adalah penjelasannya :

  1. Pembelian / Retur Pembelian Barang dari Supplier dilakukan melalui Accurate.

  2. Penerimaan Pembelian Barang dari Supplier dilakukan melalui Accurate.

  3. Transfer Barang dari Outlet ke Outlet / Gudang dilakukan melalui iSeller.

  4. Stock Opname dilakukan melalui iSeller.

  5. Penjualan dilakukan melalui iSeller.

Pembelian Barang Dari Supplier

Ketika Anda melakukan pembelian barang dari supplier untuk persediaan stok barang, Anda perlu melakukan proses pembelian sampai penerimaan barang dari supplier yang diproses melalui Accurate.

Berikut adalah contoh barang yang sudah diterima dari proses pembelian terhadap supplier.

Gambar diatas menunjukan penerimaan barang dari supplier untuk pembelian produk Converse sebanyak 5 buah dan Vans sebanyak 10 buah.

Ketika barang sudah diterima oleh Anda, maka tentunya persediaan barang akan bertambah. Di Accurate, silahkan pergi ke menu Persediaan > sub menu Gudang.

Berikut adalah gambar sebelum persediaan bertambah.

Berikut adalah gambar sesudah persediaan bertambah.

Sementara itu, di iSeller, persediaan barang akan bertambah secara real time sebagai Transfer In. Anda dapat melihatnya pada menu Catalog > sub menu Transfers.

Retur Pembelian Barang dari Supplier

Ketika Anda melakukan pembelian barang dari supplier, tetapi setelah menerima barang tersebut Anda ingin melakukan retur pembelian karena terdapat barang yang rusak atau kondisi lainnya, Anda dapat melakukan retur pembelian melalui Accurate yang nantinya akan tersinkronisasi secara real time di iSeller.

Setelah Anda melakukan retur pembelian pada menu Pembelian > sub menu Retur Pembelian di Accurate seperti gambar berikut.

Gambar diatas menunjukan jika produk Converse akan diretur sebanyak 5 buah.

Retur Pembelian tersebut akan tercatat secara real time di iSeller menjadi Transfer Out. Anda dapat melihatnya pada menu Catalog > sub menu Transfers.

Transfer Barang Dari Outlet ke Outlet

Ketika Anda ingin melakukan transfer barang dari outlet ke outlet atau gudang (Transfer Out), Anda perlu melakukan proses transfer tersebut melalui iSeller. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1 : Lakukan transfer out antar outlet ke outlet di iSeller dengan mengikuti langkah di artikel Transfer Out Antar Outlet.

Gambar diatas menunjukkan jika outlet di Cabang Kelapa Gading akan melakukan transfer barang ke Main Outlet sebanyak 5 buah.

Langkah 2 : Setelah transfer barang tersebut berhasil tercatat di Accounting Sync iSeller dan status sinkronisasinya Success, maka stok pemindahan barang tersebut akan tercatat pada saldo Transit (AOL System) di Accurate seperti gambar berikut.

Sedangkan, jika proses transfer barang antar outlet tersebut berhasil diterima dan status sinkronisasinya Success.

Maka di Accurate, saldo Transit (AOL System) nya akan hilang, sementara Cabang Kelapa Gading stok persediaannya akan berkurang, dan Main Outlet stok persediaannya akan bertambah.

Penjualan

Sinkronisai penjualan bertujuan untuk menghubungkan pesanan atau transaksi penjualan yang ada di iSeller dengan Accurate. Ketika terdapat pesanan yang dilakukan oleh pelanggan, maka proses penjualan tersebut dilakukan melalui iSeller.

Sinkronisasi data transaksi penjualan tersebut akan tercatat di Accurate sesuai dengan mode Sync yang Anda gunakan sebelumnya. Silahkan baca kembali artikel Sinkronisasi.

Ketika sudah ternsinkronisasi dengan Accurate. Silahkan pergi ke database Accurate, pilih menu Penjualan > sub menu Faktur Penjualan.

Jika pelanggan sudah melakukan pembayaran pesanannya, maka statusnya adalah Lunas. Namun, jika pelanggan belum melakukan pembayaran, maka statusnya Belum Lunas di Accurate.

Untuk melihat detail rincian penjualan, Anda dapat pilih salah satu faktur penjualan dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

Anda pun dapat melihat daftar pelanggan yang memiliki hutang dengan Anda atau belum melunasi pembayaran pesanan dengan memilih menu Penjualan > sub menu Pelanggan.

Apabila pelanggan terdaftar tersebut sudah melakukan pembayaran di kemudian hari maka status di faktur penjualan akan berubah menjadi Lunas dan saldo hutang pelanggan akan berkurang seperti gambar berikut.

Payout Integration

Ketika terjadi penyelesaian setoran dari iSeller, maka setoran tersebut juga akan tercatat di Accurate.

Untuk melihat pencatatan setoran tersebut, Anda bisa melihatnya pada menu Kas & Bank > sub-menu Transfer Bank seperti gambar berikut.

Jika Anda mengaktifkan iSeller Payout Express pada toko Anda, maka akan dikenakan biaya admin tambahan dan akan masuk ke akun perkiraan pada Accurate secara default dengan nama Beban Payout iSeller seperti gambar berikut.

Proses Bisnis antara iSeller dengan Accurate sudah selesai.

Untuk lebih memahami Proses Bisnis antara iSeller dengan Accurate, Anda dapat melihat video di bawha ini.

Apakah Anda menemukan jawaban?