Semua Koleksi
iSeller POS App
iSeller Stock Count
iSeller Stock Count

Artikel ini akan menjelaskan fitur-fitur dan langkah-langkah melakukan perhitungan stok produk pada aplikasi iSeller Stock Count.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Aplikasi iSeller Stock Count memungkinkan Anda memanfaatkan kamera handphone untuk membantu Anda menghitung inventaris stok fisik melalui scan barcode dengan mudah, efektif dan efisien kapan saja, di mana saja.

Sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi ini, pastikan Anda sudah mengaktifkan add-on Stock Controls di web admin toko Anda.

Beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi iSeller Stock Count.

  • Scan barcode pada produk Anda dengan menggunakan kamera handphone Anda

  • Perhitungan stok akan di submit ke iSeller Cloud secara realtime

  • Tentukan catatan atau alasan ketidakcocokan inventaris

  • Mendukung beberapa sesi perhitungan, sehingga Anda dapat mengelola dan membandingkan hasilnya dengan mudah

  • Support grup stok opname yang berguna untuk pengusaha retaill dengan bisnis unit dalam jumlah besar

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pencocokan stok antara stok gudang dengan stok sistem iSeller dengan aplikasi iSeller Stock Count.

Langkah 1

Pertama, Anda harus membuat satu session stok opname untuk rincian barang yang ingin dihitung, siapa yang melakukan perhitungan, dan outlet atau gudang mana yang produknya ingin dihitung. Silahkan klik tombol tambah pada pojok kanan atas.

Langkah 2

Setelah Anda klik tombol tambah, maka akan muncul halaman baru seperti gambar berikut.

Pada halaman ini Anda dapat menentukan tanggal dan waktu untuk membuat stok opname, menentukan nama dari dari stok opname tersebut, dan memilih tim atau grup yang ingin melakukan perhitungan produk.


Setelah Anda mengisi semua informasi diatas, silahkan klik tombol centang pada pojok kanan atas untuk menyimpan session stok opname Anda.

Langkah 3

Lalu, silahkan pilih session stok opname yang tadi sudah Anda buat. Kemudian Anda dapat menambahkan produk yang ingin dilakukan perhitungan dengan klik tombol tambah pojok kanan atas atau tombol Add Item.

Produk yang dapat Anda tambahkan hanya produk yang sudah diaktifkan fitur pencatatan stok terlebih dahulu pada pengaturan produk.

Langkah 4

Kemudian, akan muncul halaman baru seperti gambar berikut.

Anda dapat menambahkan produk yang ingin dilakukan perhitungan dengan sangat mudah hanya dengan scan barcode yang sudah tertera pada produk Anda dengan klik tombol kamera.

Handphone Anda akan otomatis membuka kamera, dan setelah itu silahkan scan barcode yang tertera pada produk Anda untuk dilakukan perhitungan stok.

Kolom SKU/Barcode dan Product Name akan terisi otomatis sesuai dengan barcode yang sudah Anda scan dan sudah Anda set informasi stok inventaris pada form product pada web admin iSeller. Jadi Anda hanya perlu mengisi jumlah produk dari gudang yang terhitung pada kolom Quantity.

Langkah 5

Setelah Anda menyimpan beberapa produk yang ingin dilakukan perhitungan stok, Anda juga masih bisa merubah jumlah stok produk dengan memilih salah satu list produk yang ingin di ubah.

Pada halaman ini Anda dapat mengubah jumlah stok produk yang terhitung dan menambahkan jumlah stok produk yang terbuang pada kolom yang sudah kami sediakan seperti gambar di atas.

Produk terhitung adalah produk yang layak jual dan akan menambah stok sistem, sedangkan produk terbuang adalah produk yang tidak ingin jumlahnya ditambahkan pada stok sistem.

Langkah 6

Setelah itu, Anda dapat melakukan pesetujuan perhitungan produk pada web admin iSeller dan status stok opname menjadi Menunggu Persetujuan. Stok opname yang sudah selesai dihitung tidak dapat diubah kuantitas stoknya lagi, jadi pastikan stok sudah sesuai yang diinginkan sebelum selesai menghitung.

Dengan aplikasi ini, Anda sekarang dapat membiarkan staf Anda melakukan penghitungan stok dengan cara yang jauh lebih efisien dan produktif, semua dalam satu aplikasi. Tidak perlu lagi browser atau aplikasi web.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai add-on Stock Controls dan bisnis proses yang sudah kami support, Anda dapat memabaca nya pada artikel Stok Opname.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?