Pada artikel ini, Anda akan mengetahui cara untuk mengatur register atau kasir pada Point of Sale. Dalam pengaturan tersebut, Anda dapat menambah kasir baru ataupun mengatur sistem register shift.

Untuk mengatur register/kasir di POS, silahkan buka Sales Channels lalu pilih Point of Sale. Maka akan ada tampilan pengaturan register/kasir seperti berikut.

Untuk mengubah pengaturan register, silahkan klik logo Pensil pada sebelah kanan Nama Register.

Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan pengaturan register seperti berikut.

  1. Nama Register (Register Name) : Nama bebas yang ingin Anda terapkan di kasir tersebut.

  2. Catatan (Notes) : Catatan bebas yang ingin Anda tambahkan mengenai kasir tersebut.

  3. Gunakan Template Tanda terima Kustom (Use Custom Receipt Template) : Aktifkan jika Anda ingin bukti pembayaran di POS sesuai template yang sudah diatur.

  4. Template Tanda Terima (Receipt Template) : Memilih template bukti pembayaran yang tersedia.

  5. Terakhir Masuk (Last Login) : Informasi lengkap mengenai kapan dan siapa yang terakhir masuk menggunakan Register / Kasir tersebut.

  6. Shift Terakhir (Last Shift): Tampilan jadwal shift terakhir yang tersimpan didalam Register / Kasir tersebut.

  7. Ubah Kebijakan Penggunaan PIN (Change User Require PIN) : Jika Aktif, pengguna harus masukkan PIN sebelum dapat menggunakan Register / Kasir Tersebut.

  8. Status: Ubah status menjadi Aktif agar pengaturan Kasir / Register diterapkan.  

  9. Simpan (Save) : Simpan pengaturan Kasir / Register Anda.

Pengaturan Register

Anda dapat melacak kegiatan penjualan seperti kas masuk, kas keluar dan penyesuaian kas kasir pada satu shift dalam pengaturan Register. Berikut tampilan Pengaturan Register.

Ketika Anda menyalakan tombol Aktifkan Shift Register (Enable Register Shift) menjadi berwarna biru, Anda akan dapat melacak kegiatan penjualan dan kegiatan kasir Anda. Juga setiap kasir Anda close shift, kasir tersebut harus memasukkan jumlah uang yang ada di dalam kasir sesuai dengan jumlah uang yang ada di dalam sistem iSeller. Terdapat 2 pilihan ketika Anda mengaktifkan Shift Register :

  1. Buka Shift Register Otomatis (Automatic Open Register) : diaktifkan jika toko Anda hanya memiliki 1 karyawan per 1 kasir. Sehingga ketika tombol diaktifkan, maka karyawan kasir tidak perlu memilih Open Register Shift setiap kali akan memulai shift kerja.

  2. Sinkronkan Sebelum Tutup Shift (Required Sync Before Close Shift) : Jika diaktifkan, akan berguna ketika ada pesanan di POS yang belum masuk ke web admin sehingga Anda tidak dapat melakukan Close Register untuk mengakhiri shift. Hal ini berguna sebagai pengingat bagi Anda untuk memastikan kembali semua order sudah masuk ke web admin.

Untuk mengatur shift kerja karyawan Anda, baca selengkapnya di artikel Pengaturan Workshift.

Penambahan kasir tambahan akan dikenakan biaya tambahan yang akan dihitung oleh tim iSeller. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut silahkan telefon kita di 0812 1111 8300 atau kunjungi www.iseller.id dan ngobrol dengan kami melalui Live Chat!

Demikian pengaturan awal untuk mesin POS pada toko, Anda sudah dapat berjualan menggunakan iSeller. Untuk melihat langkah transaksi yang dilakukan oleh kasir, silahkan baca artikel Penggunaan Pertama (POS).

Apakah Anda menemukan jawaban?