Instalasi Aplikasi iSeller

Instalasi aplikasi iSeller dapat dilakukan melalui aplikasi Google Playstore. Setiap tipe bisnis (Retail, F&B, dan Express) memiliki aplikasi yang berbeda-beda. Anda harus menginstal aplikasi iSeller POS yang sesuai dengan bisnis Anda. Artikel ini juga menunjukkan betapa mudahnya langkah-langkah menginstal aplikasi iSeller POS sampai melakukan transaksi pertama. 

Untuk menginstal aplikasi iSeller, silahkan cari di Google Playstore Aplikasi iSeller yang ingin Anda gunakan. (Aplikasi POS hanya akan tampil pada device dengan resolusi tablet).

Untuk toko retail silahkan cari dengan kata kunci iSeller POS for Retail lalu silahkan Anda instal aplikasi tersebut. Berikut tampilannya.

Untuk usaha restoran silahkan Anda cari dengan kata kunci iSeller POS for F&B lalu silahkan Anda instal aplikasi tersebut.

Untuk usaha makanan cepat saji silahkan Anda cari dengan menggunakan kata kunci iSeller POS Express

Pengaturan Aplikasi

Setelah Anda menginstal aplikasi iSeller POS, silahkan masuk ke dalam Aplikasi tersebut dan masukan username serta password yang telah Anda buat dan telah diverifikasi. Untuk username dengan lebih dari satu Toko, silahkan masukan nama toko / store name yang ingin Anda gunakan. Berikut tampilannya. 

Setelah Anda masuk ke Toko, silahkan masukkan PIN yang diperlukan sebagai pengaman tambahan. Untuk pengguna awal, PIN Anda adalah 1234.

Pengaturan Hardware

iSeller juga memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengatur penyambungan hardware seperti receipt printer, router, barcode scanner, dan lain-lain. Untuk lebih jelas mengerti cara menghubungkan hardware, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Silahkan buka pengaturan bluetooth dari perangkat Anda lalu temukan perangkat yang ingin Anda hubungkan. Dalam contoh ini kita akan menghubungkan Bluetooth Printer, maka silahkan cari perangkat printer dalam pengaturan bluetooth Anda.

Langkah 2: Setelah Anda menemukan perangkat Anda, silahkan klik perangkat tersebut, maka Anda akan diminta untuk memasukkan Nomor PIN yang ada. PIN default adalah 0000 atau 1234.

Langkah 3: Setelah Anda memasukkan nomor PIN, pastikan bahwa perangkat Anda benar-benar terhubung dengan perangkat Printer yang Anda inginkan. Perangkat yang sudah terhubung akan berada dalam kolom Paired Devices.

Langkah 4: Silahkan buka menu POS Anda lalu pilih Settings 

Langkah 5: Setelah Anda masuk ke dalam menu pengaturan, silahkan klik Add hardware pada menu Hardware.

Langkah 6: Pilih jenis perangkat yang ingin Anda hubungkan dengan POS Anda. Dalam contoh ini kita akan memilih Printer.

Langkah 7: Ketika Anda sudah melakukan pairing pada Langkah 1 dan Langkah 2, Anda akan langsung menemukan perangkat yang sudah terhubung.

Langkah 8: Klik logo centang untuk menghubungkan POS Anda dengan perangkat-perangkat lain (contoh disini adalah perangkat printer dengan model T12 BT Printer).

Langkah 9: Setelah Anda klik tanda centang, Anda akan menemukan daftar perangkat yang sudah terhubung. Pastikan lampu disebelah nama perangkat berwarna hijau agar perangkat sudah dipastikan dapat berjalan dengan lancar.

Melakukan Transaksi Pertama

Setelah masuk ke dalam aplikasi POS Toko Anda, akan muncul tampilan dari produk-produk Anda seperti berikut.

Kemudian, silahkan Anda pilih produk yang dibeli dan Anda akan melihat tampilan pada sebelah kanan akan menunjukan keranjang belanja / Cart, lalu silahkan klik tombol Pay yang dimana Anda juga bisa melihat total belanja dari produk yang Anda beli. Untuk contoh ini kita akan membeli produk Rayban Clubmaster Classic dan Smile River Island Men Ficci Jacket. Berikut tampilan yang akan Anda lihat.

Ketika Anda klik tombol Pay, Anda akan langsung dibawa kedalam tampilan pembayaran seperti berikut.

Dilihat dari gambar di atas, kita bisa melihat bagian quick cash ditandai dengan kotak merah. Quick cash adalah fitur dari iSeller yang memungkinkan Anda secara otomatis memilih jumlah uang yang dibayar oleh pelanggan berdasarkan kelipatan terdekat.

Untuk mengatur pilihan metode pembayaran dan penjelasan lebih lanjut, silahkan buka halaman Pengaturan Pembayaran Umum untuk membayar menggunakan iSeller Pay, silahkan baca halaman Pengaturan Pembayaran dengan iSeller Pay (POS).

iSeller menyediakan berbagai fitur lanjutan yang bisa berguna untuk pengaturan toko dan produk yang lebih kompleks. Silahkan Pelajari Fitur Lanjutan (POS), untuk melihat lebih lanjut.

Apakah Anda menemukan jawaban?