Pengaturan Pengiriman ini dikhususkan bagi Anda yang berjualan pada toko online. Pengaturan pengiriman dibawah mencakup cara mengatur alamat pengiriman, serta cara untuk mengaktifkan layanan pengiriman terintegrasi 

Mengatur Alamat Asal Pengiriman

Hal pertama dalam pengaturan pengiriman adalah mengisi data pengiriman awal atau alamat pickup dimana barang akan diambil. Salah satu keunggulan menggunakan layanan pengiriman, Anda tidak perlu repot-repot mengirim barang ke agen kurir, cukup mengaktifkan fitur pengambilan barang saat melakukan pengiriman dan kurir akan datang ke alamat Anda.

Tampilan pengaturan alamat asal dapat Anda lihat pada gambar di bawah.

Silahkan mengisi Negara, Provinsi, Kota, Kode Pos, Alamat untuk alamat pengambilan produk. Tekan Change map pin object untuk menampilkan peta dengan jarum merah yang menunjukkan posisi pickup. Pin point map ini berfungsi untuk fitur Request pickup yang dimiliki JNE, DHL, dan GO-SEND, jadi diharapkan untuk menempati pin seakurat mungkin.

Pada bagian bawah Anda juga bisa mengatur Rincian Kontak yang bisa dihubungi. Silahkan Anda mengisi Nama Lengkap, No. Telepon, dan Email.

Anda juga bisa mengatur waktu pengambilan barang yang bisa Anda isi di bagian Pickup Setting. Pengaturan akan mengirim jadwal secara otomatis kepada kurir kapan paket akan diambil. Pengaturan ini dipengaruhi pengaturan pada halaman Toko Online pada panel Pengaturan Checkout. Jika Anda ingin memanggil kurir secara manual, dapat dilakukan ketika pemenuhan barang, baca selengkapnya di Penuhi Pesanan / Fulfillment (Online).

Waktu minimum untuk penjemputan kurir adalah jam 12 siang dan waktu maksimum adalah jam 3 sore. Anda dapat mengatur maksimal dua waktu penjemputan, dimana kurir akan datang kelokasi Shipping Origin sebanyak dua kali antara jam 12 siang sampai 3 sore. Jika masih kurang jelas, silahkan hubungi kami melalui live chat.

Menyalakan Layanan Pengiriman Terintegrasi

iSeller sudah bekerja sama dengan berbagai kurir internasional serta kurir lokal. Untuk mengatur pengaturan pengiriman tersebut silahkan Anda mengaktifkan kurir yang ingin Anda gunakan seperti tertera pada gambar di bawah.

Gambar di atas menunjukkan bahwa tidak ada pengiriman yang dapat diaktifkan karena layanan pengiriman terintegrasi hanya bisa digunakan jika pembayaran dilakukan dengan iSeller Pay, baca cara mengaktifkan iSeller Pay untuk informasi lebih lanjut.

Ketika Anda sudah mengaktifkan iSeller Pay, akan muncul tampilan pengaturan yang bisa Anda atur lebih lanjut dari lokasi pengiriman, servis yang ingin Anda pakai, sampai penambahan biaya.

Ketika Anda mengaktifkan Layanan Pengiriman Terintegrasi, Anda dapat mengatur Tipe Pengiriman yang ingin Anda tawarkan kepada pelanggan Anda, setiap kurir pengiriman memiliki servis yang berbeda-beda. Contoh JNE memiliki servis pengiriman REG, CTC, dan YES. 

Biaya pengiriman bisa ditambahkan jika Anda rasa perlu untuk menghindari kerugian. Kami menyediakan penambahan biaya dengan persentase dari biaya kirim asli dan/atau penambahan biaya dengan jumlah pasti. Contoh JNE REG dengan biaya Rp. 9000, penyesuaian biaya diatur menjadi 10% dan ditambah jumlah Rp. 1000, maka biaya akhir yang akan pelanggan bayar adalah Rp. 10.900.

Setelah mengatur kurir pengiriman untuk toko online Anda, selanjutnya Anda dapat melakukan konfigurasi toko online untuk mengatur tampilan website Anda, baca langkah Konfigurasi Toko Online untuk informasi lengkap.

Apakah Anda menemukan jawaban?