Pemilihan Tema

Tema merupakan template yang bisa Anda gunakan sebagai desain website Anda jika Anda belum memiliki website. iSeller sudah menyediakan berbagai tema yang bisa Anda gunakan dan Anda atur sesuai dengan keinginan Anda. Semua tema yang disediakan iSeller tidak memerlukan tambahan biaya dan dapat langsung digunakan secara gratis.

Silahkan masuk ke menu Sales Channel, lalu pilih Toko Online. Anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti di bawah ini.

Pada bagian atas halaman, klik Tema untuk masuk ke pengaturan tema toko online Anda.

Setelah itu halaman untuk pengaturan tema toko online Anda akan terbuka, dan Anda dapat melihat beberapa tema yang sudah disediakan oleh iSeller. Jika Anda belum memilih tema untuk toko online Anda, toko online Anda secara otomatis akan menggunakan tema Palette sebagai pilihan awal.

Jika Anda ingin menggunakan tema lain, silakan scroll ke bawah. Pada bagian Melihat Tema, terdapat berbagai pilihan tema yang dapat Anda gunakan.

Setiap tema memiliki warna dan desain yang berbeda-beda. Silahkan pilih salah satu tema yang cocok dengan konsep toko online Anda. Untuk menggunakannya, Anda bisa klik tanda panah kecil yang berada di setiap pilihan tema untuk memasang tema tersebut.

Setelah Anda klik tombol Pasang, akan keluar menu untuk pemilihan model tema. Anda bisa memilih model tema yang paling sesuai dengan toko online Anda dengan klik tanda panah ke kanan atau ke kiri. Pemilihan model ini adalah kombinasi dari pemilihan menu navigasi, konten, dan informasi footer. Semua model dapat diatur ulang pada Editor Tema.

Setelah Anda menemukan model tema yang Anda sukai, langsung saja klik tombol Pasang di pojok kanan atas.

Setelah itu tema akan terpasang. Untuk menggunakannya, Anda bisa scroll ke atas. Pada bagian Tema Terpasang, Anda bisa meninjau dan menggunakan tema-tema yang sudah Anda pasang sebelumnya.

Pada gambar diatas, tema yang aktif adalah Palette. Untuk menggantinya dengan tema yang sebelumnya sudah Anda pasang, Anda dapat klik tombol Pengaturan di sebelah kanan tema yang ingin Anda gunakan untuk menampilkan menu tambahan.

Lalu pilih Publikasi.

Setelah itu Anda bisa akses kembali toko online Anda dan bisa dilihat bahwa tema yang dipilih telah menjadi tema toko online Anda.

Mengedit Tema

Anda bisa juga mengubah / edit tema sesuai keinginan Anda. Untuk mengedit tema, Anda dapat klik tombol Ubah yang bergambar pensil.

Setelah itu Anda akan masuk ke Editor Tema (Theme Editor). Pada halaman ini, Anda dapat mengubah komponen-komponen tema Anda. Anda dapat mengaturnya pada menu di bagian kanan halaman.

Header adalah bagian paling atas toko online Anda. Pada bagian Header ini, Anda dapat mengganti menu navigasi toko online Anda. Klik Header untuk memodifikasinya.

Di bawah Header, terdapat widget toko online Anda. Sudah terdapat beberapa pengaturan dasar widget yang dapat Anda gunakan. Tetapi Anda bisa juga memodifikasinya dengan cara klik salah satu widget yang ingin Anda ubah. Lalu drop-down menu akan terbuka dan Anda dapat memodifikasinya seperti saat Anda memodifikasi Header.

Selain bisa memodifikasi widget yang sudah ada sesuai pilihan pada Pemasangan Tema (Theme Installer), Anda bisa juga menambahkan widget baru sesuai kebutuhan toko online Anda. Silakan klik Tambah Widget di bagian bawah menu seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu menu akan terbuka dan Anda bisa memilih widget apa yang ingin Anda tambahkan ke toko online Anda.

Setelah Anda mengatur Header dan Widget toko online Anda, maka sekarang Anda tinggal mengatur Footer atau bagian bawah toko online Anda. Cara memodifikasinya sama dengan Header dan Widget. Anda hanya perlu klik menu Footer dan drop-down menu untuk modifikasi akan terbuka.

Anda bisa memasukan informasi mengenai toko online Anda di bagian Footer ini seperti informasi akun media sosial.

Setelah Anda puas dengan tema Anda, Anda bisa klik Publikasi di pojok kanan atas untuk mengaplikasikan perubahan tema Anda.

Tetapi jika Anda hanya ingin menyimpan konsep Anda tanpa menerbitkannya, Anda bisa klik Simpan Konsep.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang cara memodifikasi widget, Anda bisa baca artikel Pengaturan Widget.

Demikian toko online Anda sudah siap dipakai untuk berjualan! Selanjutnya kami akan memperlihatkan cara pelanggan Anda melakukan transaksi pada toko online dari pemilihan barang sampai pembayaran. Baca selengkapnya di artikel Melakukan Transaksi Pertama.

Apakah Anda menemukan jawaban?